3 Cara Mempertahankan Eksistensi Bisnis ala Martabak Pecenongan 78, Yuk Belanja Ilmu!

Sabtu, 03 September 2022 | 21:00
Dok. Airasia Food

Belanja ilmu dari bisnis Martabak Pecenongan 78

CERDASBELANJA.id -Sudah eksis sejak 62 tahun yang lalu, kini Martabak Pecenongan 78 sudah merengkuh pasar dan melebarkan sayap hingga ke lebih dari 400 cabang di seluruh Indonesia.

Sebagai salah satu kuliner legendaris kota Jakarta, Martabak Pecenongan 78 bersama airasia food belum lama inimembagikancara mempertahankan eksistensi bisnis.

Caramempertahankan eksistensi bisnis tersebut bisa menjadi pelajaran berharga untuk kita, terutama yang memiliki bisnis kuliner. Lantas apa rahasia bisnis sukses ala Martabak Pecenongan 78? Yuk, belanja ilmu!

Bermula dari sebuah bisnis martabak dengan menggunakan gerobak yang sederhana, Martabak Pecenongan 78 berhasil diterima oleh masyarakat luas.

Walaupun di tengah persaingan bisnis yang kian sengit, usaha turun temurun milik keluarga ini tak lantas nyaman dengan keadaan dan berdiam diri.

Bahkan, di tengah pandemi sekalipun, Martabak Pecenongan 78 telah membuktikan kemenangannya dengan membuka ratusan cabang baru.

Sukses mempertahankan eksistensinya selama 62 tahun, Martabak Pecenongan 78 menerapkan sejumlah strategi praktis seperti yang terangkum berikut ini:

1. Konsistensi adalah kunci utama

Ada kalanya, pemilik bisnis “latah” dengan tren kekinian dan langsung melakukan pivot bisnis untuk menarik perhatian pasar.

Namun, sebaliknya, Rey Christian selaku pemilik dari Martabak Pecenongan 78 tak lantas mengiyakan hal tersebut sebagai strategi yang tepat bagi kebertahanan sebuah bisnis.

Menurutnya, tren hanya bersifat sesaat, sedangkan konsistensi adalah kunci yang membuat sebuah bisnis bisa berusia panjang.

Baca Juga: Shireen Sungkar Bagikan 2 Cara Mempertahankan Bisnis di Tengah Pandemi

Seorang pemilik bisnis haruslah konsisten dengan produk yang mereka jual dan mencari potensi-potensi di sekitar untuk mengembangkannya.

“Dari dulu hingga sekarang, Martabak Pecenongan 78 fokus di menu martabak. Namun, kami mengikuti selera pasar melalui inovasi menu, seperti meluncurkan martabak Sultan yang super besar dan mewah, hingga fleksibel dalam cara kami berkomunikasi dengan targetmarket."

"Jika dahulu hanya mengandalkan pemasaran dari mulut ke mulut, kini kami aktif mengembangkan media sosial, juga mengedepankan layanan pemesanan online, salah satunya dengan airasia food,” jelas Rey.

2. Kepercayaan pelanggan adalah modal yang harus dijaga

Dok. Martabak Pecenongan 78

Martabak Pecenongan 78 pertahankan 62 eksistensi di bisnis kuliner

Ketika sebuah bisnis semakin besar, acap kali kualitas produk tak lagi menjadi prioritas.

Akibatnya, pelanggan merasa kecewa dan berujung pada penurunan performa bisnis secara keseluruhan.

Sebagai generasi penerus bisnis Martabak Pecenongan 78, Rey Christian selalu menomorsatukan kualitas demi menjaga kepercayaan pelanggan.

“Mungkin beberapa orang melihat harga kami di atas rata-rata jika dibandingkan dengan merek martabak lainnya. Namun, kami dapat memastikan bahwa pelanggan mendapatkan kualitas rasa dan bahan baku yang terbaik."

"Ketika situasi mendesak, misalnya harga bahan baku mahal, mungkin pemilik bisnis tergiur untuk mengganti dengan kualitas yang lebih rendah. Tetapi kami sangat menghindari hal tersebut, karena bagi kami kepercayaan pelanggan adalah modal yang harus dijaga,” ungkapnya.

Lebih dari itu, Martabak Pecenongan 78 selalu menanggapi serius setiap kritik dan saran dari pelanggan.

“Martabak Pecenongan 78 memiliki call-center yang akan siap meresponpelanggan jika memiliki keluhan dengan produk kami. Sekian puluh tahun, kami tetap menjaga komitmen agar pelanggan selalu merasakan pengalaman terbaik,” sambung Rey.

Baca Juga: Melati Eks JKT48 Bagikan Tips Memulai Usaha, Sempat Viral Karena Jualan Nasi Bakar

3. Keterbukaan terhadap kolaborasi

Dok.Martabak Pecenongan 78

Salah satu menu di Martabak Pecenongan 78

Di tengah persaingan pasar yang semakin menantang, kolaborasi menjadi sebuah solusi untuk menyatukan kekuatan.

Selain berkolaborasi dengan sejumlah publik figur dan influencer ternama dalam memasarkan produknya, Martabak Pecenongan 78 juga terbuka terhadap kolaborasi bersama layanan pesan-antar makanan online, seperti airasia food.

Rey mengungkapkan brand AirAsia yang telah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia menjadi salah satu nilai tambah yang menarik Martabak Pecenongan 78 untuk bergabung sebagai mitra merchant.

“Walaupun baru berjalan selama empat bulan, namun peran airasia food dalam mendukung bisnis kami sangatlah signifikan, terlihat dari peningkatan transaksi yang terus bergerak vertikal ke atas. Saya juga merasa sangat terbantu dengan tim merchant relations dari airasia food yang sangat komunikatif dan kooperatif dalam membantu kami."

"Contohnya, mereka rutin menawarkan kolaborasi kampanye sebagai stimulus transaksi pelanggan. Saya sangat senang dapat ambil bagian sebagai merchant generasi pionir airasia food dan saling bertumbuh bersama ,” tutup Rey.(*)

Baca Juga: 5 Cara Dapat Ulasan Positif dari Pembeli Tokopedia, Seller Wajib Catat

Artikel ini telah tayang di NOVA dengan judul3 Tips Sukses Berbisnis ala Martabak Pecenongan 78, Tetap Eksis hingga 62 Tahun

Tag

Editor : Presi

Sumber Nova