Fakta Menarik Kampus UMKM Shopee, Rumah Bagi Pengusaha Lokal

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 18:00
DOK. Shopee

Fakta menarik Kampus UMKM Shopee

CERDASBELANJA.ID – Kampus UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Shopee merupakan salah satu program Shopee.

Shopee menghadirkan Kampus UMKM Shopee ini dengan tujuan untuk merangkul pengusaha lokal.

Kampus UMKM Shopee menjadi rumah bagi pengusaha lokal yang sudah ada sejak Mei 2021 lalu.

Setiap pembukaan Kampus UMKM Shopee dan diresmikan langsung oleh pemerintah kota/provinsi.

Kini Kampus UMKM Shopee telah hadir di 9 kota di Indonesia, di mana 2 Kampus UMKM Shopee Ekspor hadir terdapat di Kota Solo dan Bandung.

Sementara Kampus UMKM Shopee lainnya hadir di Jakarta, Yogyakarta, Medan, Samarinda, Balikpapan, Malang, dan Makassar.

Kampus UMKM Shopee dan Kampus UMKM Shopee Ekspor memberikan pelatihan bisnis digital dan pendampingan untuk UMKM lokal.

Sesi pelatihan dibawakan oleh trainer Shopee yang telah tersertifikasi, meliputi edukasi, pemasaran, transaksi, penyediaan sistem inventori dan pengiriman.

Selain itu, peserta juga dapat menggunakan fasilitas pendukung seperti Ruang Foto, Studio Live Streaming, Simulasi Gudang dan Ruang Pertemuan secara gratis.

Setelah lebih dari 1 tahun hadir, ini beberapa fakta menarik Kampus UMKM Shopee yang telah menjadi rumah bagi pengusaha lokal.

Dalam 1 tahun terakhir, total durasi pelatihan Kampus UMKM Shopee melebihi waktu tempuh dari Bumi menuju planet Mars dengan menggunakan roket.

Baca Juga: Kampus UMKM Shopee Hadir di Makassar, Siap Bantu Jutaan UMKM Naik Kelas Cara Bisnis dengan Digitalisasi Khusus di Sulawesi Selatan

Jam pelatihan ini tentunya menjadi sangat penting bagi UMKM untuk mendapatkan pengetahuan keterampilan digital dan juga bertanya pada pelatih terdedikasi.

Kampus UMKM Shopee juga memiliki fasilitas Ruang Foto untuk UMKM membuat foto produk untuk tujuan promosi.

Ruang Foto Kampus Shopee telah digunakan untuk memotret banyak produk milik UMKM lokal di 9 kota di Indonesia dalam satu tahun terakhir.

Sejumlah UMKM yang telah bergabung di Kampus UMKM Shopee di antaranya penjual dari Solo, Jawa Tengah, dan Bandung, Jawa Barat.

Peserta Kampus UMKM Shopee Solo, Natalia Dewi Puspita Sari, mengikuti pelatihan di Kampus UMKM Shopee untuk semakin memaksimalkan strategi bisnis digital.

Di kampus, pemilik brand Gallery Fashion 123 itu mempelajari cara meningkatkan performa toko dan cara mengoptimalkan fitur-fitur promosi.

Tak hanya Natalia, Peserta Kampus UMKM Shopee Ekspor Bandung, Agus Ardian, juga merasakan dampak positif.

Pemilik brand Gudang Barang Bandung itu mengikuti pelatihan untuk memahami strategi ekspor agar dapat mengoptimalkan Program Ekspor Shopee.

Kini, telah lebih dari 300 ribu produk tas kanvasnya terjual ke seluruh Indonesia bahkan ke beberapa negara Asia, seperti Malaysia, Singapura, Filipina dan Thailand.

Karena kesuksesannya mengekspor, kini Agus telah memiliki lebih dari 15 karyawan.(*)

Tag

Editor : Yunus