GoFood Rilis Tren dan Lanskap Kuliner Indonesia, Bisa Jadi Inspirasi

Minggu, 07 Agustus 2022 | 12:00
Dok. GoFood

GoFood rilis tren dan lanskap kuliner Indonesia.

CERDASBELANJA.ID – GoFood baru saja merilis e-book Sajian Cita Rasa GoFood: Tren dan Lanskap Kuliner Indonesia.

E-book Sajian Cita Rasa GoFood: Tren dan Lanskap Kuliner Indonesia, menyajikan ragam cerita makanan dan minuman di Indonesia.

Menyajikan tren di tengah pelanggan GoFood yang tersebar di 74 kota, e-book ini menjadi salah satu persembahan GoFood sebagai pionir online food delivery, untuk mendukung pertumbuhan UMKM.

Khususnya, di bidang kuliner serta untuk terus memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

E-book ini, menjadi semakin menarik dibaca karena di dalam penyusunannya turut melibatkan Pengamat dan Penulis Kuliner kenamaan Indonesia Kevindra Soemantri yang memberikan berbagai pengetahuan mengenai dunia kuliner.

Buku Sajian Cita Rasa GoFood, juga menyajikan paparan mendalam seputar pengaruh faktor sosial dan budaya terhadap transformasi kuliner masyarakat Indonesia.

Direktur/Head of Food and Indonesia Sales & Ops PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk Catherine Hindra Sutjahyo mengatakan, laporan ini menggambarkan pengetahuan mendalam Gojek sebagai pemimpin layanan online food delivery di Indonesia yang sangat memahami seluk beluk lanskap dan tren kuliner tanah air.

“Kami menyusun buku ini, untuk menjadi inspirasi dan #RekomendAsik (rekomendasi asik) bagi pelanggan dalam mengeksplorasi menu kuliner favoritnya. Sementara itu, mitra UMKM kuliner dapat memanfaatkan insights atau data-data dalam laporan ini untuk terus mengembangkan bisnis mereka,” jelas Catherine dalam keterangannya, dikutip Minggu (7/8).

Catherine menambahkan, “Indonesia memiliki cita rasa kuliner yang sangat kaya. Kami berharap, e-book Sajian Cita Rasa GoFood ini dapat menjadi teman bagi seluruh pencinta kuliner untuk dapat mengenal, merasakan, dan semakin mencintai ragam kuliner nusantara.”

Baca Juga: Rekomendasi Makanan Terlaris di GoFood, Cocok Jadi Teman Nyemil

Berdasarkan laporan di dalam Sajian Cita Rasa GoFood: Tren dan Lanskap Kuliner Indonesia, terungkap bahwa kuliner nusantara selalu dicintai masyarakat Indonesia dan diyakini akan terus menjadi favorit pelanggan layanan online food delivery.

Hal ini, bisa dilihat dari calon jawara kuliner yang akan menjadi favorit pelanggan seperti Bolu Lapis Kukus dan Martabak Telor.

Namun, jenis makanan yang tersaji dari hasil kreativitas pengolahan menu, serta pengaruh perkembangan tren kuliner di luar negeri seperti Croffle, juga diprediksi akan terus mengambil hati para pelanggan.

Kevindra menjelaskan, saat kulkas ditemukan, manusia kemudian bisa menyimpan bahan baku segar lebih lama. Hal ini, mendorong munculnya jenis makanan baru.

Kini, dengan lahirnya era layanan pesan-antar makanan seperti GoFood, khazanah kuliner masyarakat, termasuk untuk menu-menu khas Indonesia jadi lebih kaya.

“Siapa sangka, Se’i Sapi dari Nusa Tenggara Timur jadi idola masyarakat ibu kota dan Nasi Ulam Betawi jadi favorit masyarakat di kota-kota lain di Indonesia. Saya percaya ini, akan berdampak positif dalam pelestarian warisan rasa Nusantara,” jelas Kevindra.

Tren dan Lanskap Kuliner Indonesia: Makanan yang memberikan sensasi rasa nyaman dan familier, masih menjadi preferensi masyarakat.

Walaupun referensi kuliner masyarakat berubah menjadi lebih bervariasi, tetapi faktor psikologis yang memengaruhi pilihan tekstur dan rasa akan tetap jadi salah satu pertimbangan utama.

Sejumlah temuan menarik dari Tren dan Lanskap Kuliner Indonesia, Sajian Cita Rasa GoFood, yaitu sebagai berikut.

Baca Juga: Cara Dapat Uang dari GoFood, Cuma Bisnis Kuliner Bisa Cuan Rp77 Juta

GoFood rilis tren dan lanskap kuliner Indonesia.

  • Comfort food yang erat dengan memori masa kecil dan kenyamanan akan tetap jadi pilihan utama
Nasi dengan Olahan Ayam diperkirakan tetap jadi menu paling laris di GoFood.

Di dalam dua tahun terakhir, menu ini tidak bisa digoyahkan posisinya bersamaan dengan minuman Kopi Susu dan jajanan Siomay.

Faktor psikologis di balik comfort food juga membuat Bubur Ayam, Nasi Goreng, Es Jeruk, dan Es Teh tetap jadi idola.

  • Camilan dengan tekstur kenyal serta renyah cocok jadi selingan di jam makan utama
Tempe Mendoan dan Variasi Makaroni Kering, ternyata menjadi camilan favorit di GoFood.

Selain jajanan bertekstur lembut atau kenyal, ternyata masyarakat Indonesia juga menggemari camilan yang renyah karena menawarkan kepuasan tersendiri bagi pancaindra.

Menariknya, waktu antara makan siang ke makan malam (pukul 15.00-16.00), dan setelah makan malam (pukul 22.00-23.00) merupakan waktu populer untuk menikmati camilan.

  • GoFood jadi teman tak terpisahkan di momen spesial dan populer
GoFood selalu jadi andalan saat momen-momen spesial bersama keluarga dan teman, seperti perayaan Natal dan Tahun Baru, Imlek, serta Ramadan.

Berdasarkan data, jumlah pemesanan GoFood di tiga momen tersebut selalu mengalami peningkatan signifikan.

Salah satunya pada 2021, jumlah pemesanan saat perayaan Natal dan Tahun Baru melesat 22% dibandingkan hari biasa.

Baca Juga: Cara Pakai Promo di GoFood, Makan Apa Saja Dijamin Lebih Murah

Hal ini, didorong permintaan pelanggan yang mengandalkan GoFood untuk pesan hampers tanpa ribet dalam bersilaturahmi dengan orang tersayang.

Lebih lanjut, bila ada momen populer, seperti pertandingan olahraga, dan di tengah demam K-drama Squid Games, GoFood juga menjadi andalan para pecinta kuliner Indonesia.

Berdasarkan tingkat pemesanan pelanggan GoFood akhir-akhir ini, diprediksikan ada beberapa menu yang akan tetap, atau menjadi idola baru masyarakat Indonesia ke depannya, yakni sebagai berikut.

  • Cheese Burger, Mie Bucin, dan Nasi Ayam Katsu diprediksi akan menjadi makanan favorit.
  • Minuman berbahan dasar Teh, Latte Gula Aren, dan Es Cokelat akan terus jadi yang paling sering dipesan masyarakat.
  • Bolu Lapis Kukus, Croffle, dan Martabak Telor kembali menjadi camilan favorit.
Catherine menjelaskan, GoFood memahami bagaimana setiap individu memiliki preferensi unik dalam menikmati kuliner.

Oleh karena itu, menggunakan teknologi dan personalisasi data, GoFood akan terus berinovasi untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut.

Ini tecermin dalam beberapa inovasi yang telah dihadirkan GoFood seperti fitur Pickup, Resto Terlaris (Best Seller), Resto Terdekat (Near Me), Ulasan Pelanggan (Review), serta Ongkos Parkir.

Baca Juga: Promo GoFood X BTS Terbaru, Beli Makanan Dapat Diskon 25% Setiap Hari

“Tidak ketinggalan, fitur Koleksi Promo dan Mode Hemat yang semakin memudahkan pelanggan menikmati jutaan menu dengan harga yang lebih terjangkau. Layaknya efek bola salju, kami percaya kepuasan pelanggan juga akan memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan bisnis UMKM kuliner di tanah air,” tutup Catherine.

Menurut riset Tenggara Strategics, GoFood dinobatkan sebagai platform dengan nilai transaksi tertinggi dibandingkan pemain online food delivery (OFD) lainnya di Tanah Air, dengan estimasi nilai transaksi sebesar Rp30,65 triliun sepanjang tahun 2021.

Sementara itu, laporan Survei Jakpat menyatakan bahwa GoFood merupakan layanan OFD paling populer (61%) dan paling banyak digunakan (39%).

Hal senada juga diungkap oleh hasil riset Sucor Sekuritas, yang mana GoFood mendapatkan predikat sebagai OFD yang paling banyak digunakan oleh responden (34%).

Lalu, mayoritas merchant kuliner (64%) menyatakan bahwa penjualan terbesar didapatkan dari GoFood, dibanding layanan pesan-antar makanan lainnya. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya