5 Cara Meningkatkan Pola Asuh Anak, Sambut Hari Anak Nasional 2022

Jumat, 22 Juli 2022 | 20:00
Dok. Tokopedia

Simak bagaimana cara meningkatkan pola asuh anak

CERDASBELANJA.ID – Di dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional pada 23 Juli 2022, Tokopedia membagikan beberapa cara meningkatkan pola asuh anak.

Bersama dengan Dokter Anak, dr. Citra Amelinda, Sp.A, M.Kes, IBCLC, Tokopedia menyajikan data dan memberikan cara meningkatkan pola asuh anak sebagai panduan para orang tua. Tidak hanya memberikan cara meningkatkan pola asuh anak, Tokopedia juga membagikan tren belanja selama semester I-2022.

Head of Category Development Tokopedia Ramadhan Niendraputra menjelaskan, selama semester I-2022 kategori Ibu dan Anak masih menjadi salah satu kategori paling populer di Tokopedia.

“Sejumlah produk seperti tas ransel, kaos, ASI booster, susu untuk ibu hamil, dan mainan montessori menjadi beberapa produk paling laris,” ujar Ramadhan dalam diskusi virtual, Jumat (22/7).

Adapun beberapa daerah dengan peningkatan jumlah transaksi paling tinggi di kategori Ibu dan Anak selama semester I 2022, yaitu Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Demak dan Jayawijaya.

Tren ini, didorong berbagai inisiatif termasuk Tokopedia Parents, ekosistem khusus yang membantu keluarga Indonesia mendapat informasi relevan, serta belanja produk kebutuhan anak dan keluarga dengan lebih aman.

Menyambut Hari Anak Nasional 23 Juli 2022, berikut adalah cara meningkatkan pola asuh anak ala Tokopedia dan dokter anak, dr. Citra Amelinda, Sp.A, M.Kes, IBCLC.

1. Terlibat di Kegiatan Anak

dr. Citra menjelaskan, periode emas anak dimulai pada 1.000 hari pertama. Terhitung dari sejak anak berada dalam kandungan sampai usia 2 tahun.

“Disebut periode emas karena pada masa ini tumbuh kembang anak berlangsung sangat pesat, sehingga akan menjadi fondasi dasar kelak saat anak beranjak dewasa,” kata Citra.

Baca Juga: 5 Cara Mengetahui Penipuan Lowongan Kerja yang Mengatasnamakan Tokopedia

2. Terapkan Pola Asuh Responsif

“Di dalam pola asuh responsif, orang tua diharapkan memaksimalkan anak untuk berkembang sesuai potensi terbaiknya. Orang tua sebaiknya tidak memaksakan kehendak atau bersikap otoriter, maupun terlalu cuek,” jelas Citra.

Respons langsung dan perhatian orang tua terhadap anak juga sangat penting. Saat anak mengajak berbicara atau bertanya, misalnya, jawablah dengan bahasa yang mudah dipahami dan berikan kesempatan agar anak merespons kembali.

“Jika anak masih bayi, perhatikan tatapan mata dan ocehan yang juga merupakan bentuk komunikasi anak kepada orang tuanya,” ujarnya.

3. Dampingi Anak Saat Hadapi Masalah

dr. Citra menyarakan, orang tua perlu mendampingi anak ketika stres menghadapi masalah sambil membimbing mereka, dengan brainstorming berbagai ide untuk memecahkan masalahnya.

“Pengalaman berharga ini, dapat membangun kepercayaan diri dan kemampuan problem solving sesuai usia sejak dini,” saran Citra.

4. Ajarkan Disiplin Sejak Dini

Menurut dr. Citra, anak butuh rutinitas yang teratur karena hal ini penting dalam membentuk kebiasaan baik, sehingga menimbulkan perasaan aman dan nyaman bagi anak.

“Orang tua dapat menerapkan jadwal yang teratur dan konsisten untuk tidur, makan, hingga bermain sesuai dengan kebutuhan yang berbeda tiap usia,” jelas Citra.

5. Pastikan Asupan Anak Berimbang

Di sisi lain, pola asah, asih, dan asuh juga meliputi asupan nutrisi yang baik sejak lahir. Untuk itu, orang tua perlu memberikan ASI dan MPASI yang bergizi dan adekuat untuk menunjang tumbuh kembang anak.

“Pastikan orang tua memberikan berbagai variasi makanan bergizi lengkap yang terdiri atas protein, karbohidrat, serat, dan lemak dalam jumlah dan proporsi yang disesuaikan dengan usia,” tambah Citra.

Baca Juga: Cara Belanja Murah di Tokopedia Play, Catat Tips dari Ahlinya!

Salah satu pegiat UMKM lokal di Tokopedia yang menyediakan aneka makanan segar, bergizi, halal, serta tanpa MSG dan pengawet yang aman bagi anak, adalah Resep Roemah.

Pemilik Resep Roemah Steven Hadi Gunawan berkata, Resep Roemah hadir sebagai upaya menjawab kebutuhan keluarga akan produk makanan sehat untuk anak, terutama selama pandemi.

“Kami memproduksi lebih dari 70 pilihan lauk, makanan berkuah serta bumbu masak. Cara penyajiannya hanya perlu dikukus, direbus, atau digoreng saja selama kurang dari 20 menit saja untuk seluruh menu,” tutur Steven.

Kehadiran Tokopedia membantu Steven menjangkau lebih banyak pembeli, bahkan hingga Makassar.

“Lebih dari 60% pemesanan Resep Roemah berasal dari Tokopedia. Omzet kami meningkat menjadi ratusan juta rupiah selama 3 bulan belakangan,” tutup Steven. (*)

Editor : Presi

Baca Lainnya