3 Rekomendasi Aktivitas Seru untuk Isi Liburan Anak, Bisa Main Sambil Belajar

Rabu, 22 Juni 2022 | 19:00
Dok. Shopee

Ilustrasi melukis untuk isi waktu liburan anak.

CERDASBELANJA.ID – Jadwal libur sekolah sudah semakin dekat, momen berkumpul bersama keluarga pun menjadi sebuah kegiatan yang paling dinanti setiap tahunnya.

Liburan kenaikan kelas kali ini akan terasa sangat spesial karena setelah pembatasan aktivitas selama dua tahun terakhir.

Pasalnya, tahun ini setiap keluarga memiliki lebih banyak opsi perencanaan yang dapat dilakukan bersama.

Orang tua memiliki peran penting dalam menciptakan momen liburan berkesan melalui kegiatan produktif dan bermanfaat bagi anak-anak.

Maka dari itu, Shopee bersama Mom Influencer Caca Tengker dan Owner of Ganara Art Tita Djumaryo, berbagi tips dan inspirasi dalam mempersiapkan kegiatan seru untuk menyambut liburan sekolah.

Head of Marketing Growth Shopee Indonesia Monica Vionna menuturkan, liburan adalah waktu terbaik untuk menikmati quality time dan mempererat keharmonisan antara orang tua dan anak.

Perlu disadari, mengisi liburan dengan agenda-agenda seru dapat menjadi ruang edukasi yang baik dalam menstimulus kemampuan pada anak, seperti belajar bereksplorasi, bersosialisasi, menggunakan imajinasi, dan mengekspresikan diri.

Untuk menstimulus hal tersebut, orang tua perlu memiliki pengetahuan dan memiliki persiapan yang matang demi menciptakan momen berkualitas.

Caca Tengker menyampaikan, saat ini dirinya juga sedang sibuk mempersiapkan agenda liburan bersama anak-anaknya, Ansara dan Aruni.

Baca Juga: Bisa Dicoba, Ini Rekomendasi Itenerary Liburan 3 Hari 2 Malam di Bali

Caca mengaku, ingin sekali membuat daftar kegiatan yang akan dilakukan agar lebih terencana dan pastinya melibatkan anak-anak di dalamnya.

Apalagi sebagai ibu yang bekerja, Caca sangat terbantu dengan kehadiran Shopee yang mampu memenuhi kebutuhan anak-anak melalui berbagai kategori dan produk-produk khusus anak.

“Kebutuhan menjelang liburan dapat terpenuhi dengan mudah dan saya dapat berbelanja dengan aman, praktis, dan mudah melalui Shopee. Saya harap, ke depannya Shopee dapat senantiasa menjadi sahabat yang dapat diandalkan, untuk menciptakan momen-momen yang berkesan bagi seluruh keluarga di Indonesia,” ujar Caca dalam diskusi virtual beberapa waktu lalu.

Untuk mengisi waktu liburan anak, Caca Tengker dan Ganara Art memberikan beberapa rekomendasi aktivitas seru dan bermanfaat untuk tumbuh kembang dan kreativitas anak.

1. Buat Agenda Liburan dengan Aktivitas Bermain Sambil Belajar

Liburan yang menyenangkan, adalah liburan yang dapat dinikmati oleh seluruh anggota keluarga.

Membuat agenda atau to-do-list bersama, dapat menjadi cara untuk meningkatkan hubungan anak dengan orang tua.

Selain itu, orang tua juga dapat menjelaskan hal apa yang dapat didapat atau dibangun dari aktivitas ini kepada anak.

2. Aktivitas Seni yang dapat Mendorong Kemampuan Sensorik dan Motorik

Jangan sampai si kecil hanya menghabiskan waktu liburannya untuk bermain gadget, atau hanya bermalas-malasan saja. Orang tua dapat memberikan aktivitas yang melibatkan seni di dalamnya. Aktivitas ini, sangat cocok bagi anak-anak yang memiliki ketertarikan atau bakat dalam bidang seni.

Seperti halnya anak Caca Tengker, yakni Ansara yang gemar menata rias diri/make up. Hal ini, dapat didukung oleh orang tua untuk memfasilitasi anak agar dapat mengisi waktu liburan dengan melakukan aktivitas yang disukai dengan bimbingan orang tua. Nyatanya, aktivitas menata rias diri juga dapat melatih kreativitas anak-anak.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Tempat Liburan Lokal Super Prioritas, Cocok Buat Healing

Hal serupa, didukung oleh Ganara Art yang memiliki beragam aktivitas seni yang juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara dan bersosial anak.

Aktivitas seperti seni lukis, seni kerajinan tangan, seni menari, dan bernyanyi dapat menjadi aktivitas seni yang mudah dilakukan oleh siapa dan di mana pun berada. Orang tua dapat berkreasi untuk memadukan aktivitas agar lebih menarik, seperti melukis di kanvas atau mug, melakukan stamping di tas kanvas polos.

3. Ciptakan Suasana Hati Anak agar Tetap Bergembira

Tidak dapat dimungkiri, suasana hati dan mood anak terkadang memang sulit untuk ditebak. Maka itu, Caca Tengker dan Ganara Art sepakat untuk mengomunikasikan dengan tenang dengan jelas, aktivitas seru apa saja yang akan dilakukan hari ini kepada mereka agar anak antusias.

Sebelum memulai aktivitas, orang tua juga dapat mengawalinya dengan storytelling. Hal ini, dapat menciptakan imajinasi anak, keterampilan berkomunikasi dan membuat mereka menjadi lebih antusias dan tertarik saat kegiatan di mulai. Selain storytelling, mendengarkan cerita anak dengan pertanyaan “bagaimana hari ini?” juga dapat menjadi pembuka yang tepat dan baik.

Jika anak sudah mulai menunjukkan tidak fokus, orang tua dapat menyelipkan aktivitas bernyanyi bersama atau senam kecil demi menambah keceriaan. Jangan lupa juga untuk selalu mengapresiasi segala proses dan hasil anak.

Walaupun nanti hasil dari anak tidak sesuai dengan ekspektasi orang tua, tetap berikan apresiasi dengan kalimat afirmasi dan dapat juga memberikan hadiah seperti makanan kesukaannya. (*)

Editor : Presi

Baca Lainnya