6 Cara agar Live Streaming Banyak Ditonton Followers, Dijamin Viral!

Jumat, 03 Juni 2022 | 20:00
DOK. Kompas.com

ilustrasi Snack Video

CERDASBELANJA.ID – Sebanyak 191 juta orang di Indonesia, mengakses media sosial untuk berinteraksi dengan dunia luas (We Are Social, Januari 2022).

Mulai dari menikmati momen kebudayaan, mengikuti pertemuan, melihat berita terbaru, hingga menjalankan acara komunitas.

Salah satu fitur dari media sosial yang mendukung semua orang menikmati rangkaian kegiatan tersebut, adalah live stream.

Live stream merupakan siaran langsung di media sosial yang menjadi sarana komunikasi real-time, hingga membentuk komunitas sosial baru.

Melalui fitur ini, para kreator tidak perlu melakukan editing pada hasil kontennya, melainkan bisa langsung menyajikannya dan berinteraksi dengan penonton.

Live streaming bersifat interaktif yang mana penonton bisa memberikan komentar hingga mengajukan pertanyaan.

Kreator dapat merespons komentar dan pertanyaan seiring acara live berjalan. Di dalam melakukan live streaming pun ada banyak kegiatan yang bisa ditunjukkan, seperti memasak, berjalan-jalan, aktivitas sehari-hari, hobi, pekerjaan, bisnis, dan beragam hal lainnya.

Live streaming melalui SnackVideo menjadi cara baru, mudah, dan terjangkau bagi kreator untuk menggaet penonton dan membentuk komunitasnya.

Para kreator dapat melakukan live streaming di SnackVideo di mana dan kapan saja, hanya dengan bermodalkan smartphone.

Baca Juga: Snack Video Bagikan 4 Alasan Mengapa Harus Coba Aplikasi Video Pendek, Bisa Auto Viral

Hal ini, tentu menjadi sebuah kemudahan bagi para kreator pemula yang hanya baru memiliki 100 followers. Kreator SnackVideo Chelsea Vasan, sering memanfaatkan fitur live streaming di SnackVideo untuk meningkatkan interaksi dengan pengguna lainnya.

Chelsea juga berhasil masuk ke daftar hourly ranking, dalam program Host Bintang Mingguan di SnackVideo.

Sebagai panduan, Chelsea membagikan beberapa cara agar live streaming menjadi seru dan menarik dan bisa ditonton banyak orang.

1. Siapkan Topik atau Tema

Untuk membuat live streaming kita semakin menarik dan disukai penonton, kita perlu mempersiapkan topik atau tema yang akan dibahas saat live streaming tersebut.

Tujuan menyiapkan topik dan tema ini, agar konten kita dapat tersaji dengan apik tanpa kesalahan.

Ingatlah bahwa hal ini juga merupakan aspek penting untuk menggaet minat para penonton nantinya.

2. Buat Poin Pembicaraan

Selanjutnya, siapkan rancangan berisi poin-poin pembicaraan yang akan disampaikan selama live streaming.

Hal ini, dapat membantu kita untuk berlatih sebelum mulai live streaming. Selain itu, poin pembicaraan ini juga bisa mencegah pembicaraan yang tidak perlu.

Nantinya, saat live streaming sudah dimulai, kita tak akan kebingungan serta bisa dengan leluasa berkreasi dan membuat konten.

Baca Juga: Cara Pakai Voucher GoPlay, Bisa Akses Konten Video Secara Gratis!

3. Hadirkan Interaksi dengan Penonton

Live streaming merupakan kesempatan kita untuk berinteraksi langsung dengan penonton.

Untuk itu, coba libatkan penonton dalam topik pembicaraan dalam live streaming, serta jawablah komentar atau pertanyaan yang diajukan agar penonton tidak merasa bosan.

Interaksi dengan penonton juga penting agar penonton tidak merasa diabaikan. Kita juga bisa menambah banyak topik pembicaraan selama live streaming.

4. Manfaatkan Fitur Khusus

Melakukan live streaming melalui SnackVideo sangat mudah. Kita juga tidak perlu menggunakan alat ataupun properti pendukung yang berlebihan.

Kita cukup memanfaatkan fitur khusus yang ada dalam aplikasi, seperti beautify ataupun beragam filter yang bisa membuat tampilan kita lebih fresh. Selain itu, sebelum melakukan live streaming kita bisa menambahkan judul untuk menarik lebih banyak penonton.

Pastikan judul yang dibuat dapat memicu rasa penasaran pengguna SnackVideo lainnya untuk mampir menonton live streaming kita.

5. Lakukan Secara Konsisten dan Teratur

Kreator konten video pendek yang mulai aktif melakukan live streaming, juga perlu melakukannya secara konsisten dan teratur.

Selain untuk membuat konten kita semakin dikenal penonton, hal ini juga akan membantu kita untuk melatih kepercayaan diri dan meningkatkan kemampuan public speaking.

Tidak hanya itu, melakukan live streaming dengan teratur juga bisa mempertahankan followers dan menggaet pendengar setia.

Baca Juga: Hadirkan Fitur Live Games, GoPlay dan Storms Permudah Penonton untuk Bermain

6. Ajak Followers atau Pengguna Lainnya Untuk Menonton

Terakhir, pastikan juga kita menerapkan trik sederhana untuk menggaet lebih banyak penonton. Cobalah untuk memberi spoiler dengan membuat konten video pendek terlebih dahulu.

Nantinya, video pendek tersebut akan dibuat menggantung agar penonton penasaran. Kita juga bisa memberikan hashtag yang sedang trending pada konten video pendek tersebut, supaya semakin ramai ditonton oleh pengguna SnackVideo lainnya.

Kita bisa menggunakan contoh seperti ini, “Penasaran dengan kelanjutannya? Kalau mau tahu jawabannya, tonton live aku besok jam 17.00 WIB yaa.”

Itulah beberapa cara agar live streaming banyak ditonton followers, berdasarkan pengalaman kreator SnackVideo yang wajib kita terapkan sebelum melakukan live streaming di platform video pendek.

Selain untuk menghasilkan konten berkualitas, tips tersebut juga akan membantu kita semakin eksis di media sosial. Selamat mencoba! (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya