Cara Meningkatkan Omzet Bisnis ala Dekayu, Harus Kreatif Melihat Peluang

Kamis, 05 Mei 2022 | 19:00
Dok. Tokopedia

Produk bisnis Dekayu

CERDASBELANJA.ID – Salah satu bisnis lokal yang berhasil bertahan dari pandemi, adalah Dekayu yang berdomisili di Yogyakarta.

Founder dan Marketing Director Dekayu Yaniar Fernanda menjelaskan, pihaknya memanfaatkan platform digital seperti Tokopedia untuk mengembangkan bisnisnya.

Hasilnya, bisnis Dekayu mulai berkembang dan dikenal masyarakat luas, sampai meraup omzet berkali lipat.

Menurut Nia, ada beberapa hal yang ia lakukan agar omzet bisnisnya bisa berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir.

Cara meningkatkan omzet bisnis ini, bisa ditiru juga oleh UMKM lokal lain yang baru mengembangkan bisnisnya.

Sebagai referensi, berikut adalah beberapa cara meningkatkan omzet bisnis ala UMKM lokal Dekayu yang bisa ditiru.

1. Persiapkan Jauh-jauh Hari

Hal pertama yang harus dilakukan, adalah melakukan persiapan dari jauh-jauh hari. Sebagai contoh, dalam menyambut Ramadan dan Lebaran ini Dekayu sudah membuat perencanaan dan membaca tren.

Menurut Nia, kita harus menyiapkan dari jauh-jauh hari mulai dari tren yang ingin diikuti, program yang ingin dibuat, strategi pemasaran, sampai kampanye Tokopedia yang ingin diikuti Dekayu.

“Bagi seller, bisa mengunjungi Pusat Edukasi Seller Tokopedia karena di sana ada panduan bagaimana agar bisa berjualan secara optimal,” ujar Nia dalam diskusi virtual beberapa waktu lalu.

Baca Juga: 3 Cara Mengembangkan Bisnis ala Kartini Masa Kini, Dijamin Bisa Sukses

2. Buat Paket Spesial

Hal kedua yang harus dilakukan, adalah membuat paket spesial yang berhubungan dengan hari besar.

Sebagai contoh, menjelang momen Ramadan, Lebaran, Natal, atau tahun baru, Dekayu membuat produk hampers dengan harga bervariasi.

Jadi, konsumen bisa bebas memilih produk yang sesuai budget, untuk diberikan sebagai hadiah kepada kerabatnya.

3. Kreatif dalam Menciptakan Produk Baru

Tidak hanya membuat hampers, Nia juga mengimbau agar pemilik bisnis online bisa lebih kreatif dalam menciptakan dan mengombinasikan hampers dengan tema baru.

Semakin unik hampers yang dihadirkan, maka akan semakin banyak konsumen yang penasaran dan mengunjungi toko online kita.

Gunakan hiasan atau aksesori dengan tema yang relevan, agar pembeli bisa punya lebih banyak pilihan.

4. Buat Strategi Penjualan

Cara meningkatkan omzet bisnis yang keempat, adalah buat strategi penjualan bisnis. Misalnya seperti menghadirkan harga early bird dengan stok terbatas.

Hal ini, bisa memancing pembeli lainnya untuk berpartisipasi dan menunggu produk lain dihadirkan di toko kita. Gunakan juga fitur yang ada di Tokopedia seperti Top Ads, Bebas Ongkir, dan sebagainya. Berbagai fitur ini, bisa membantu kita menjangkau konsumen baru.

“Jangan lupa untuk sering mendekor toko. Hal ini penting karena konsumen bisa mendapatkan first impression dari halaman muka toko kita. Jika mereka lihat kita punya produk dan dekorasi toko yang menarik, maka kita bisa menarik konsumen baru. Jadi, kita perlu kreatif,” ungkap Nia.

Baca Juga: Bisnis Lokal Dekayu, Manfaatkan Platform Digital untuk Kenalkan Produk Kerajinan dari Kayu

5. Hadirkan Produk Andalan atau Best Seller

Cara meningkatkan omzet bisnis yang terakhir, adalah menghadirkan kembali produk andalan atau best seller yang sangat laku dibeli konsumen.

Kita juga bisa menyiasatinya dengan menggabungkan produk tersebut dalam paket hampers. Tentunya konsumen yang belum kebagian produk best seller ini, akan antusias menunggu produknya hadir kembali.

“Kemudian, jangan lupa untuk mengintegrasikan media sosial juga. Jadi, promo yang ada di Tokopedia kami ceritakan juga di sosial media. Hal ini berhasil menarik banyak konsumen untuk belanja online,” tutup Nia. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya