Amazfit Ungkap Cara Bugar Saat Puasa dan Waktu yang Tepat Berolahraga

Senin, 25 April 2022 | 15:00
DOK. AMAZFIT

Amzfit.

CERDASBELANJA.ID – Bulan puasa bukan berarti berhenti berolahraga.

Karena kita tahu, olahraga merupakan bagian dari gaya hidup sehat.

Begitu pun dengan puasa, yang dilihat dari sudut pandang kesehatan juga banyak manfaatnya.

Manfaat puasa seperti meningkatkan metabolisme tubuh, menurunkan risiko penyakit jantung, menjaga kadar gula darah, hingga menurunkan kadar hormon stres.

Tentu perlu didukung juga dengan gaya hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi seimbang, istirahat yang cukup, rutin berolahraga, mengurangi stres selama berpuasa.

Sebagai teman setia dalam mendukung hidup sehat dan aktif, jam tangan Amazfit berbagi cara tetap bugar dan fit saat puasa.

Amazfit mengungkapkan itu dalam sebuah diskusi santai virtual bersama para pakar dan pegiat gaya hidup sehat pada Rabu (20/4).

Menurut dr. Andhika Raspati, Spesialis Kedokteran Olahraga, menjelaskan betapa pentingnya menerapkan gaya hidup sehat & aktif selama bulan puasa.

“Ada tiga hal utama yang harus kita perhatiin dalam melakukan aktivitas olahraga saat sedang berpuasa. Pertama, asupan makanan juga penting banget,” kata Andhika.

Baca Juga: Harga Jam Tangan Member BTS Seharga Rumah di Indonesia, Mulai Patek Philippe Hingga Rolex

Andhika menyebut, saat berbuka puasa kita harus tetap memastikan menu makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

Gunanya untuk memenuhi kebutuhan zat gizi yang diperlukan tubuh.

Kedua, waktu olahraga antara sore menjelang berbuka atau setelah berbuka puasa, tentu dengan menyesuaikan waktu ibadah. Hindari melakukan olahraga di siang hari.

Lalu yang ketiga yang harus diperhatikan, kata Andhika, “Jenis olahraga yang bisa dilakukan adalah dengan intensitas rendah hingga sedang, seperti berjalan, joging atau yoga dengan durasi waktu 30-60 menit aja.”

Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi saat berbuka puasa untuk memaksimalkan cadangan glikogen otot.

Juga konsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi saat sahur untuk memperlambat pencernaan sehingga perut tidak cepat kosong.

Kiat tambahan agar tetap bugar saat puasa, menurut Andhika adalah perhatikan waktu tidur. Orang dewasa memerlukan waktu tidur sekitar 7-9 jam per hari.

Waktu tidur yang kurang dapat mempengaruhi kinerja tubuh. Tidur siang mungkin kadang diperlukan untuk mempertahankan kondisi tubuh tetap sehat.

Sementara itu, pegiat olahraga yang juga seorang dokter, Fala Adinda, berbagi cara memilih makanan untuk dikonsumsi selama berpuasa di bulan Ramadhan.

Baca Juga: Rekomendasi Kado Akhir Tahun dari D1 Milano, Hadirkan Jam Tangan dari Cokelat!

“Olahraga sebaiknya tidak dilakukan saat perut dalam keadaan kosong,” kata Fala.

Waktu terbaik untuk melakukan olahraga di bulan Ramadan adalah pada saat sebelum atau sesudah berbuka.

Alasannya, karena tubuh mendapatkan energinya kembali dari makanan dan minuman saat berbuka.

“Kalo Aku biasanya olahraga sesaat sebelum waktu berbuka dengan durasi sekitar 30 - 45 menit. Supaya olahraga lebih aman dan nyaman selama puasa,” ungkap Fala.

Fala biasa memonitor tanda vital tubuh secara berkala dengan perangkat smartwatch Amazfit GTS 2 mini.

Asal tahu saja, Amazfit GTS 2 mini tampil dengan desain yang stylish, ringan dan tipis.

Jam tangan pintar ini menawarkan berbagai fitur kesehatan yang mudah dioperasikan untuk mendukung gaya hidup sehat & aktif melalui fitur-fitur mutakhir.

Di antaranya monitor detak jantung, kadar oksigen dalam darah, sleep monitoring, stress level monitoring hingga jadwal menstruasi perempuan.

Lebih dari itu, Amazfit GTS 2 mini juga memiliki lebih dari 70 mode olahraga, yang bisa dipilih sesuai dengan kegiatan olahraga yang sedang dijalani saat selama Ramadhan.

Baca Juga: Rekomendasi Kado Natal dari Olivia Burton, Hadirkan Koleksi Jam Tangan Baru Lebih Mewah

Pentingnya memantau kondisi vital tubuh selama menjalankan ibadah puasa juga disampaikan Andhika.

“Salah satu kebiasaan baik lain yang penting dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran adalah rutin melakukan pengecekan tanda-tanda vital seperti detak jantung dan tingkat saturasi oksigen dalam darah, mengelola stres dan memonitor kualitas tidur,” jelas Andhika.

Fala menyebut, paka GTS 2 mini itu mudah memantau tanda vital kesehatan tubuh yang hasilnya ditampilkan secara menarik dan mudah dipahami.

Juga saat memonitor progress dan pencapaian, seperti detak jantung, kalori, waktu, kecepatan, dan lain sebagainya.

“Ini jam pintar yang memiliki semua hal yang aku butuhin untuk mendukung gaya hidup sehat dan aktif yang aku jalani,” tambah Fala.

Sepanjang bulan Ramadhan tahun Amazfit memberikan penawaran spesial berupa diskon hingga 55% atau hemat hingga Rp1.350.000 di Tokopedia ataupun Shopee.

Penawaran spesial ini bisa untuk kamu sendiri atau bisa juga dijadikan sebagai kado spesial di Hari Raya Idul Fitri untuk teman, pasangan ataupun keluarga. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya