Hari Kartini, Intip Inisiatif Tokopedia dan UMKM dalam Memberdayakan Perempuan

Jumat, 22 April 2022 | 12:00
Dok. Tokopedia

Tokopedia dan sejumlah UMKM menghadirkan inovasi untuk memberdayakan perempuan.

CERDASBELANJA.ID – Merayakan Hari Kartini 21 April 2022, Tokopedia terus mengedepankan inklusivitas di dalam ekosistemnya.

Hal ini, dilakukan demi memberikan kesempatan yang setara kepada masyarakat untuk mencapai lebih, sekaligus mendorong pemulihan ekonomi negeri.

VP of Seller Experience Tokopedia Puput Hidayat menjelaskan, siapa pun talenta digital terbaik, baik perempuan, laki-laki, orang tua, difabel maupun lainnya, punya kesempatan yang sama untuk berkarya bagi Indonesia lewat Tokopedia.

“Kini ada, lebih dari 6.000 Nakama (sebutan karyawan Tokopedia) yang bergabung di Tokopedia dan berasal dari berbagai profil,” ujar Puput dalam diskusi virtual, Kamis (21/4).

Infrastruktur gedung Tokopedia Care juga sangat ramah difabel. Mulai dari jalur pejalan kaki khusus, lift platform vertikal, pegangan tangan, hingga kamar kecil dan ruang salat dirancang untuk difabel.

Kantor Tokopedia pun memiliki fasilitas penunjang bagi ibu berkarier, seperti ruang menyusui hingga ruang bermain untuk anak.

Ada pula benefit cuti hamil, atau maternity leave bagi perempuan dan paternity leave bagi laki-laki agar Nakama.

Melalui benefit ini, baik yang merupakan seorang ibu maupun ayah, sama-sama bisa menikmati perannya sebagai orang tua.

“Tokopedia juga kini fokus menjalankan inisiatif Hyperlocal yang mengusung teknologi geo-tagging untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat, sehingga UMKM lokal di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh,” kata Puput.

Baca Juga: 3 Cara Mengembangkan Bisnis ala Kartini Masa Kini, Dijamin Bisa Sukses

Menurut data internal, jumlah perempuan pegiat UMKM di Tokopedia naik 2,5 kali lipat di 2021 dibandingkan 2020.

Pekanbaru, Palembang, Pekalongan, Denpasar, dan Balikpapan menjadi beberapa kota dengan peningkatan jumlah perempuan pegiat UMKM paling tinggi di 2021.

Pemilik Dekayu dan Diet Special Needs adalah contoh Kartini pegiat UMKM lokal di Tokopedia.

Pemilik Dekayu, Yaniar Fernanda (Nia) asal Yogyakarta, memberdayakan sejumlah perajin kayu sekaligus ibu rumah tangga di Dusun Gemawang, Desa Putat, Gunungkidul.

Nia menghasilkan berbagai peralatan makan, serta dekorasi rumah khusus dari kayu jati dan serat alam lainnya.

Nia mengaku, di Ramadan 2021 lalu, transaksi Dekayu lewat Tokopedia melonjak lebih dari empat kali lipat.

“Di Ramadan tahun ini, untuk memaksimalkan penjualan, kami sudah menyiapkan stok produk dan mengikuti berbagai program Tokopedia, seperti Home Living SALEbrations dan Parsel Ramadan,” jelas Nia.

Di sisi lain, Difansa Rachmani selaku Pemilik Diet Special Needs, memulai usaha karena memiliki Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).

Ia kemudian melihat peluang, untuk memberikan kesempatan yang sama bagi ABK dan masyarakat lain untuk mendapatkan opsi makanan yang sesuai kebutuhan.

Baca Juga: Rekomendasi Makanan dan Minuman Terlaris di Tokopedia, Cocok Jadi Menu Buka Puasa

Difa menjelaskan, bahan makanan Diet Special Needs diproses secara khusus tanpa terigu, gula pasir, susu dan turunannya, seafood dan bahan alergen lainnya.

Menurut Difa, makanan ini dibuat khusus agar bisa dikonsumsi oleh ABK, serta masyarakat dengan diabetes, hipertensi, autoimun, asam lambung, kanker, alzheimer, kulit sensitif atau alergi lainnya.

“Kunjungan toko Diet Special Needs meningkat hingga sepuluh kali lipat karena memanfaatkan TopAds, fitur beriklan dari Tokopedia,” tutup Difa.

Itulah beberapa upaya dan inisiatif yang dihadirkan kartini masa kini, agar bisa bermanfaat bagi orang lain. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya