UMKM Go International, Tokopedia dan KBRI Dorong Jewel Rocks Ramaikan Paris Fashion Week 2022

Selasa, 08 Maret 2022 | 12:00
Dok. Tokopedia

Produk Jewel Rocks

CERDASBELANJA.ID – Tokopedia bersinergi dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Perancis, untuk mendukung UMKM lokal go international.

Tokopedia dan KBRI di Perancis, mendukung Jewel Rocks, UMKM asal Bali ke kancah global dan ikut ramaikan Paris Fashion Week 2022.

Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia Astri Wahyuni mengatakan, Tokopedia berkomitmen untuk memberikan panggung seluas-luasnya untuk para pelaku UMKM lokal Indonesia.

“Hal ini, dilakukan agar mereka bisa terus berkembang khususnya di masa pandemi, bahkan sampai ke kancah global,” ujar Astri dalam keterangannya, Senin (7/3).

Duta Besar RI Paris Mohamad Oemar menyampaikan, Perancis sebagai salah satu kiblat mode dunia, dapat dimanfaatkan sebagai akses bagi para desainer Indonesia merambah pasar internasional.

“Dukungan bagi UMKM Indonesia, merupakan bagian dari upaya pemerintah RI mendorong kemajuan ekonomi kreatif Indonesia,” katanya.

Jewel Rocks, adalah pegiat usaha perhiasan buatan tangan yang menggunakan berbagai material unik.

Jewel Rocks terpilih menjadi salah satu UMKM lokal yang memamerkan koleksi autumn/winter 2022 di Paris Fashion Week Showroom, dalam program Indonesian Designers in Paris by L'Adresse Paris Agency.

Adapun gelaran showroom ini, berlangsung pada 4-7 Maret 2022 di Palais Brongniart, Paris.

Baca Juga: 5 Cara Jaga Berat Badan Ideal ala Tokopedia, Waspada Masalah Kesehatan

Dok. Tokopedia
Dok. Tokopedia

Produk Jewel Rocks

Memulai bisnis sejak 2006, pemilik usaha Jewel Rocks Imelda Widjaja, mengaku terinspirasi dari hobi mengumpulkan perhiasan sebagai cendera mata, setiap kali sedang bepergian.

“Saya akhirnya mendapatkan ide, untuk membuat perhiasan modern yang bisa menjadi memori atau oleh-oleh tanpa meninggalkan unsur tradisi, mulai dari teknik ataupun tema,” kata Imelda.

Di dalam menjalankan usahanya, Imelda berkolaborasi dengan sejumlah pengrajin perak, resin, manik kaca, dan pembuat warna natural yang tersebar di Bali, Jawa Timur, dan Bandung.

Berbekal modal awal Rp500 ribu, kini Jewel Rocks telah memiliki 10 karyawan yang sebagian besar adalah ibu rumah tangga.

“Selama pandemi, platform digital seperti Tokopedia sangat membantu bisnis kami. Di dalam sebulan, kami bisa mendapatkan hingga 150 pesanan dari Sabang sampai Merauke, bahkan omzet kami pada 2021 meningkat 3x lipat dibandingkan 2020,” jelas Imelda.

Untuk perhelatan Paris Fashion Week, Imelda telah menyiapkan 10 desain baru yang belum diluncurkan di Indonesia, serta memamerkan koleksi favorit pelanggan dari Jewel Rocks.

“Harapannya, saya bisa membawa nama Indonesia melalui ajang ini, sehingga pembeli di kancah internasional bisa melirik potensi usaha lokal yang semakin banyak dan berkualitas,” tutup Imelda. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya