Momen Libur Panjang, KAI Catat Ada 469 Ribu Orang Gunakan Kereta Api

Rabu, 02 Maret 2022 | 12:00
kai.id

Ilustrasi kereta api

CERDASBELANJA.ID – Pada periode long weekend peringatan Isra Mikraj mulai 25 sampai 28 Februari 2022, pelanggan PT Kereta Api Indonesia (Persero) melonjak.

Secara terperinci, KAI melayani 469.491 pelanggan kereta api, atau rata-rata 117.373 pelanggan per hari.

Perinciannya, adalah 220.093 KA Jarak Jauh dan 249.398 KA Lokal. Jumlah pelanggan tersebut, meningkat 36% dibanding pekan lalu, yaitu 18 sampai 21 Februari 2022 yang mana KAI melayani 345.367 pelanggan.

Untuk mengakomodasi meningkatnya volume pelanggan tersebut, total perjalanan KA Jarak Jauh dan Lokal yang dioperasikan, adalah sebanyak 1.627 perjalanan KA atau rata-rata 382 perjalanan KA per hari.

Jumlah ini, naik 1% dibanding pekan sebelumnya, yaitu sebanyak 1.514 perjalanan KA atau rata-rata 379 perjalanan KA per hari.

“Kenaikan jumlah pelanggan pada libur long weekend Isra Mikraj ini, kami sertai dengan pelayanan yang berjalan dengan baik. Kami juga tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat,” ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangannya, Selasa (1/3).

KAI konsisten menjalankan protokol kesehatan, guna mencegah penyebaran Covid-19 melalui transportasi kereta api.

KAI memastikan, hanya pelanggan yang benar-benar memenuhi ketentuan yang boleh berangkat naik KA pada libur long weekend Isra Mikraj, sesuai dengan regulasi pemerintah.

Puncak volume pelanggan pada periode long weekend Isra Mikraj terjadi pada Senin (28/2) yang mana terdapat 134.121 pelanggan.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Meningkat, Ini Aturan Prokes yang Berlaku di Kereta

Adapun kereta api yang menjadi favorit masyarakat pada periode long weekend Isra Mikraj, adalah KA Airlangga (Pasarsenen-Surabaya Pasarturi PP), KA Sri Tanjung (Lempuyangan-Ketapang PP), KA Wijayakusuma (Cilacap-Ketapang PP), dan lainnya.

Di sisi lain, total pelanggan yang ditolak berangkat pada periode 25 sampai 28 Februari 2022 ada sebanyak 1.411 pelanggan.

Perinciannya, yaitu belum vaksin 45 pelanggan, sakit 3 pelanggan, dan reaktif/positif sebanyak 1.363 pelanggan.

“Terima kasih kami sampaikan kepada para pelanggan KAI, atas pilihannya menggunakan transportasi kereta api selama libur long weekend Isra Mikraj dan telah mematuhi protokol kesehatan,” tutup Joni. (*)

Tag

Editor : Yunus