Cek 4 Hal Ini Saat Belanja Online, Hindari Dapat Produk Palsu

Senin, 28 Februari 2022 | 09:00
iStockphoto

Ilustrasi penipuan,

CERDASBELANJA.ID – Di era digital ini, kita perlu lebih teliti dan cerdas saat belanja online lewat marketplace.

Selain rawan akan penipuan, belanja online juga tidak lepas dari risiko penjualan produk palsu atau tiruan.

Untuk itu, kita perlu memperhatikan beberapa hal pada toko online sebelum mulai melakukan belanja online di marketplace seperti Tokopedia

External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya menjelaskan, Tokopedia terus melakukan berbagai upaya dalam melindungi pengguna ketika bertransaksi melalui platform-nya.

Ekhel juga menjelaskan, Tokopedia senantiasa menindak tegas segala bentuk penyalahgunaan platform Tokopedia dan/atau pelanggaran hukum yang berlaku di Indonesia.

Untuk membantu pengguna memiliki pengalaman belanja terbaik, Tokopedia membagikan beberapa hal yang perlu diperhatikan saat belanja online.

Hal pertama yang perlu diperhatikan saat belanja online, adalah deskripsi produk. Menurut Ekhel, kita perlu mematikan deskripsi produk yang akan dibeli sudah lengkap dan sesuai keinginan.

“Kami terus mengimbau masyarakat untuk memperhatikan deskripsi produk,” ujar Ekhel kepada Cerdas Belanja, Jumat (25/7).

Hal lain yang perlu diperhatikan saat belanja online, adalah reputasi toko penjual, serta ulasan produk dari pembeli sebelumnya.

Baca Juga: Masuk Daftar Pengawasan AS, Begini Tanggapan Tokopedia Terhadap Penjualan Barang Palsu

Melalui informasi reputasi toko dan ulasan produk, kita pun bisa melihat langsung performa toko, serta pengalaman dari pembeli sebelumnya.

Jika produk dirasa tidak cocok atau reputasi penjual tidak bagus, maka kita bisa mencari penjual lain yang menjual produk serupa.

“Hal terakhir yang perlu diperhatikan saat belanja online, adalah bandingkan harga produk yang sama dengan beberapa toko sekaligus, untuk mengetahui harga pasar,” kata Ekhel.

Di sisi lain, jika ada pihak yang terbukti melanggar, baik syarat dan ketentuan platform maupun hukum yang berlaku, maka Tokopedia mengimbau masyarakat untuk segera melaporkannya melalui Tokopedia Care.

Tokopedia Care yang tersedia 24/7, siap membantu kita jika mengalami kendala saat berbelanja, termasuk jika mendapatkan produk palsu.

Untuk mempermudah, kita bisa mengakses Tokopedia Care pada tautan berikut https://www.tokopedia.com/help.

“Tokopedia berhak menindak tegas dengan melakukan pemeriksaan, penundaan atau penurunan konten, banned toko atau akun, serta tindakan lain sesuai prosedur,” tutup Ekhel. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya