Pencapaian 2021, Kopi Kenangan Jadi Perusahaan New Retail F&B Unicorn Pertama di Asia Tenggara

Kamis, 17 Februari 2022 | 21:00
DOK. Kopi Kenangan

Kopi Kenangan, Cerita Roti, Chigo, dan Kenagan Manis tergabung dalam group Kenangan Brands

CERDASBELANJA.ID – Memulai bisnis pada 2017, Kopi Kenangan telah berkembang menjadi perusahaan New Retail F&B dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia.

Seiring pertumbuhan ini, dari tahun ke tahun perusahaan juga terus berinovasi dengan produk-produk unggulan lain.

Ada Cerita Roti, Chigo, Kenangan Heritage, Kenangan Manis, bahkan kini dengan meluncurkan inovasi ready to drink terbaru, Kopi Kenangan Hanya Untukmu.

Menurut Edward Tirtanata, CEO dan Co-Founder Kenangan Brands, perusahaan akan terus berkomitmen untuk menghadirkan produk yang dapat dinikmati oleh konsumen di seluruh Indonesia.

“Sejak pertama kali hadir dengan Kopi Kenangan hingga kini, prioritas kami adalah terus berinovasi dan memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh konsumen.” ujar Edward.

Pada tahun 2021, Kopi Kenangan resmi mengumumkan pendanaan seri C dan status perusahaan sebagai New Retail F&B Unicorn pertama di Asia Tenggara.

Nah berikut 6 pencapaian Kopi Kenangan di 2021 hingga menjadi perusahaan New Retail F&B Unicorn pertama di Asia Tenggara.

1. Kopi Kenangan Raih Brand of The Year

Melalui sekian banyak inovasi dalam pengembangan layanan dan produk, membawa Kopi Kenangan memperoleh penghargaan.

Baca Juga: Kopi Kenangan Hanya Untukmu Diluncurkan, Bisa Dibeli di Minimarket

Kopi Kenangan mendapat penghargaan Brand of The Year dari World Branding Awards International Forum di kategori Cafe Chain 2021-2022.

Selain itu, ada juga Sertifikasi CHSE (Clean, Healthy, Safety and Environmental) dari Kemenparekraf pada Januari 2021.

Hal ini tentu memotivasi Kopi Kenangan untuk terus memberikan kualitas dan pelayanan terbaik demi meningkatkan loyalitas customer.

2. Inovasi Cerita Roti Sebagai Camilan Pertama yang Menemani Kopi Kenangan

Meski baru diluncurkan awal 2021 lalu, Cerita Roti saat ini telah berkembang pesat dengan menjual 6,4 juta roti selama setahun.

Peningkatan penjualan Cerita Roti meningkat 330% di enam bulan terakhir 2021.

Kini, Cerita Roti memiliki 1 Central Kitchen di Jakarta, dan 4 Mini Central Kitchen di Bogor, Bandung, Semarang, dan Medan.

3. Terus Berkembang, Chigo Tarik Perhatian Konsumen

Baca Juga: Dapat Suntikan Dana Rp1,3 Triliun, Kopi Kenangan Resmi Jadi Unicorn Baru di Indonesia

Chigo telah tersebar di 40 outlet di Jabodetabek dengan peningkatan penjualan hingga 232% pada enam bulan terakhir di tahun 2021.

Chigo berencana untuk melakukan ekspansi ke lebih dari 100 outlet di Indonesia pada 2022.

Di tahun 2022 Chigo juga akan mulai mengeluarkan menu minuman, side dish and add ons menu, serta memperkenalkan varian terbaru Chigo.

4. Perluas Segmentasi Pangsa Pasar, Hadirlah Kenangan Heritage

Selain menghadirkan produk, Kenangan Brands juga memperluas jangkauannya dengan membuka Kenangan Heritage pada Oktober 2021 lalu.

Kenangan Heritage menawarkan menu Cerita Roti dan Kenangan Manis sebagai makanan pendamping bagi konsumen.

5. Kenangan Manis Jadi Brand Baru

Kenangan Brands juga telah meluncurkan sea salt soft baked cookies pada 25 Oktober 2021 yang diberi label Kenangan Manis.

Terbuat dari bahan-bahan premium yang fresh dan handmade, salah satu keunikan Kenangan Manis adalah kombinasi sea salt premium.

Baca Juga: Cara Bayar Pakai Shopeepay di Aplikasi Mobile Merchant Shopee dengan 6 Langkah Mudah Ini, Ada Kopi Kenangan Hingga Pizza Hut

Ada 6 varian rasa seperti, Berry Funfetti, Friend-Chip, Red Velvet Madness, Biscoff Crunch, N’tella and Chill dan Join The Dark Side.

Kenangan Manis yang saat ini tersedia di 25 gerai telah menjual lebih dari 20 ribu cookies dalam kurun waktu 1 bulan saja.

6. Sasar Target Pasar Baru dengan Kopi Kenangan Hanya Untukmu

Kenangan Brands juga baru saja meluncurkan inovasi terbaru dalam produk kopi kemasan siap minum atau ready to drink coffee, Kopi Kenangan Hanya Untukmu.

Diluncurkan pada 17 Januari 2022, Kopi Kenangan Hanya Untukmu menempatkan Kopi Kenangan sebagai coffee chain pertama dari Indonesia yang mengeluarkan produk kopi ready to drink.

Dibuat dengan bahan berkualitas, yaitu 100% biji kopi asli Indonesia, 100% susu segar, dan 100% gula aren murni sebagai kandungan utamanya.

Kopi Kenangan Hanya Untukmu hadir dengan 3 varian, yaitu Black Aren, Mantancino, dan Avocuddle dengan harga terjangkau, yaitu sebesar Rp9.500 per botol.(*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya