3 Alasan Pentingnya Dana Darurat, Bisa Selamatkan Keuangan Pribadi

Jumat, 11 Februari 2022 | 19:00
iStockphoto

Pentingnya dana darurat.

CERDASBELANJA.ID – Dana darurat adalah dana yang disimpan untuk mengantisipasi saat keadaan darurat terjadi.

Jadi, dana darurat memang sedikit berbeda dengan tabungan biasa. Pasalnya, dana darurat hanya boleh digunakan saat ada keadaan yang benar-benar darurat, sampai memaksa kita menggunakan uang tersebut.

Adapun beberapa kondisi darurat yang perlu diantisipasi melalui dana darurat, adalah kehilangan ponsel atau kendaraan, ponsle rusak, sakit, kecelakaan, renovasi atau kerusakan pada rumah, Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), bencana alam dan sebagainya.

Itulah mengapa dana darurat juga penting dimiliki, selain punya tabungan pribadi.

Tidak hanya itu, masih ada beberapa alasan lainnya yang menjelaskan mengapa kita perlu menyisihkan dana darurat.

Secara terperinci, berikut adalah beberapa alasan pentingnya dana darurat di masa pandemi.

1. Menghindari Utang

Alasan pentingnya dana darurat yang pertama, adalah menghindari utang saat terjadi kejadian tidak terduga.

Salah satu contohnya, adalah ketika kita dan keluarga ternyata dinyatakan positif Covid-19. Saat terpapar Covid-19, tentunya ada banyak biaya yang harus ditanggung. Mulai dari tes PCR untuk satu keluarga, membeli vitamin, obat, tabung oksigen, desinfektan dan biaya lainnya untuk isolasi mandiri di rumah.

Namun, jika kita tidak punya dana darurat, maka kita terpaksa harus mencari pinjaman dulu. Padahal, kita juga punya kebutuhan atau bahkan cicilan lain yang perlu ditanggung. Dengan demikian, tanggungan kita akan semakin menumpuk.

Baca Juga: Tips Keuangan untuk Calon Orang Tua Baru, Siapkan Dana Darurat dan Asuransi

2. Tidak Perlu Mencairkan Investasi

Alasan pentingnya dana darurat yang kedua, adalah menghindari jual rugi aset investasi saat sedang butuh dana cepat.

Sebagai contoh, jika laptop kerja rusak dan tidak bisa digunakan lagi untuk bekerja. Jika kita tidak punya dana darurat karena alokasi dana kita banyak ditempatkan di instrumen investasi, akhirnya kita terpaksa ambil uang dari alokasi investasi.

Padahal, uang yang diinvestasikan belum memberikan banyak imbal hasil, atau bahkan dialokasikan untuk kebutuhan lain di masa depan. Dengan demikian, kita pun bisa merugi karena alokasi investasi semakin berkurang.

3. Bisa Lebih Tenang

Alasan pentingnya dana darurat yang ketiga, adalah agar kita bisa lebih tenang saat mengalami keadaan genting.

Pasalnya, tidak jarang orang-orang jadi merasa tertekan dan stres saat mengalami keadaan genting. Apalagi, mereka tidak memiliki dana darurat untuk menghadapi situasi yang terjadi.

Untuk itu, dana darurat dibutuhkan untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan ini. Melalui dana darurat yang cukup, maka hidup bisa jadi jauh lebih tenang. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya