Terdampak Covid-19, Mercy Corps Indonesia dan DANA Dukung Pemberdayaan Pengusaha Perempuan

Kamis, 20 Januari 2022 | 21:15
Dok. DANA

Mercy Corps Indonesia dan DANA Dukung Pemberdayaan Pengusaha Perempuan

CERDASBELANJA.ID – Kebangkitan UMKM Jawa Timur di masa pandemi masih membutuhkan dukungan dan perhatian khusus dari berbagai pihak.

Kondisi tersebut tecermin pada tingkat pertumbuhan ekonomi Jawa Timur pada Triwulan III tahun 2020 yang hanya mencapai 3,75%.

Angka ini jauh di bawah rata-rata tingkat pertumbuhan ekonomi pada periode 2019 yang berada di angka 5%.

Padahal, UMKM berkontribusi lebih dari 50% terhadap perekonomian Jawa Timur. Kehadiran Malang Raya yang meliputi Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu sebagai salah satu pusat pendidikan, pariwisata, serta industri, bahkan turut menyumbang besar pada bertumbuhnya jumlah pelaku UMKM.

Melihat potensi UMKM yang begitu besar dalam memajukan Jawa Timur, maka diperlukan penguatan literasi digital lewat sinergi berbagai industri, agar UMKM mampu berkembang dan beradaptasi di masa pandemi.

Melalui dukungan VISA Foundation, Mercy Corps Indonesia (MCI) melalui program CAMELIA (Covid-19 Recovery for Women-led Small Businesses in Greater Malang), menggandeng DANA untuk mengoptimalkan kebutuhan UMKM terhadap pemanfaatan layanan keuangan digital.

Program CAMELIA sendiri, difokuskan pada program pemberdayaan bagi pengusaha perempuan yang terkena dampak Covid-19.

Executive Director Mercy Corps Indonesia Ade Soekadis mengatakan, pengalaman Mercy Corps Indonesia dalam melaksanakan berbagai program kewirausahaan, menunjukkan bahwa adanya wadah pelatihan dan pendampingan sangat dibutuhkan oleh UMKM.

Khususnya, agar UMKM mampu berkembang dalam kondisi saat ini. Oleh sebab itu, Mercy Corps Indonesia mendukung upaya pemerintah, dalam pemulihan ekonomi dari efek pandemi Covid-19.

Baca Juga: Layani Lebih dari 30 Juta Transaksi Pada 2021, DANA Terus Kembangkan Fitur Kirim Uang

Salah satunya adalah dengan menghadirkan program CAMELIA sebagai sarana edukasi, peningkatan keterampilan, dan berjejaring.

“Harapannya dari program–program yang sudah kami lakukan, bisa memberikan kemudahan dan pemberdayaan bagi pelaku usaha, agar dapat beradaptasi dan terus mengembangkan usahanya,” ujar Ade dalam keterangannya, dikutip Kamis (20/1).

Program CAMELIA yang difokuskan pada pemberdayaan pengusaha perempuan, sejalan dengan komitmen DANA yang terus mendukung penuh perempuan Indonesia.

Khususnya dalam memperoleh akses ekonomi digital yang inklusif, termasuk pada sektor UMKM.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan, persentase perempuan yang bekerja di sektor informal, khususnya UMKM, sangat besar hingga mencapai 50%.

Maka dari itu, pemberdayaan perempuan pada sektor UMKM pun menjadi penting mengingat peran perempuan tidak hanya menjadi pahlawan ekonomi keluarga, tetapi juga pahlawan ekonomi nasional.

Chief People & Corporate Strategy Officer DANA Agustina Samara menjelaskan, peningkatan kualitas hidup masyarakat Indonesia, khususnya perempuan melalui pemanfaatan dompet digital terus dilakukan di DANA.

Salah satunya, dengan menciptakan produk digital yang inklusif untuk semua gender, menjangkau pelaku usaha perempuan sebagai roda penggerak ekonomi, dan melakukan edukasi literasi keuangan digital yang berkelanjutan.

Selama masa pandemi, DANA sadar bahwa digitalisasi makin dibutuhkan untuk menopang keberlangsungan UMKM melalui sinergi antar industri, termasuk Mercy Corps Indonesia.

Baca Juga: Cara Cerdas Waspada Penipuan Online Ala DANA, Ikuti 4 Tips Berikut Ini

Antusiasme kerja sama ini, tidak hanya dirasakan DANA sebagai perusahaan, tetapi juga karyawan DANA yang tergabung dalam program sukarela karyawan, DANA Untuk Negeri.

“Para karyawan DANA, akan terjun langsung untuk memberikan pelatihan dan mentransfer ilmu yang dimiliki, agar UMKM Jawa Timur makin mandiri dan berdaya,” kata Agustina.

Rangkaian program edukatif dan informatif, juga telah DANA siapkan untuk para peserta program CAMELIA.

Di antaranya dengan sosialisasi dan pelatihan mengenai dompet digital DANA, khususnya yang berkaitan dengan jenis-jenis fitur yang dapat digunakan, untuk menunjang kegiatan usaha serta mempermudah pencatatan transaksi digital.

Salah satunya, adalah fitur DANA Bisnis yang ditujukan khusus untuk pemilik usaha yang memiliki bisnis online ataupun offline, dan kini telah menjangkau lebih dari 400.000 UMKM yang tersebar di seluruh Indonesia.

Melalui DANA Bisnis, pelaku usaha dapat mengajukan pembayaran dengan nyaman dan aman melalui penggunaan QRIS kepada konsumen.

Selain sosialisasi mengenai fitur, DANA juga memberikan edukasi di bidang inklusi keuangan, literasi keuangan, dan kewirausahaan secara digital.

Program CAMELIA yang dilaksanakan Mercy Corps Indonesia sejak April 2021 hingga bulan Februari 2022 mendatang, ditargetkan akan menjangkau 300 perempuan pengusaha mikro dan kecil di Malang Raya.

Program ini, diwujudkan dengan rangkaian kegiatan pelatihan dan pendampingan usaha, akses ke layanan Lembaga Keuangan Formal dengan produk tabungan usaha dan pinjaman modal, serta peningkatan literasi keuangan dan literasi digital.

Baca Juga: Peduli Lingkungan, DANA Hadirkan Inisiatif Sosial Bertajuk DANA Lestari

Seluruh pelatihan ini, diperlukan untuk memperkuat bisnis mereka, meningkatkan pendapatan, menciptakan lapangan kerja, dan membangun masa depan usaha yang lebih tangguh.

Kerja sama antara Mercy Corps Indonesia dan DANA, diharapkan mampu meningkatkan kapabilitas berbasis gender dan literasi keuangan digital para peserta.

Selain itu, kerja sama ini diharapkan bisa menggerakkan kembali roda perekonomian Jawa Timur di tengah kondisi pandemi Covid-19, sehingga dapat berkontribusi nyata terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. (*)

Tag

Editor : Presi