Memasuki Tahun Baru, Tokopedia Ungkap Kilas Balik Tren Jual-Beli Online Sepanjang 2021

Jumat, 07 Januari 2022 | 21:00
Dok. Tokopedia

Ilustrasi Tokopedia

CERDASBELANJA.ID – Platform teknologi, semakin menjadi andalan masyarakat Indonesia untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, hingga menciptakan peluang bisnis.

Memasuki tahun baru ini, Tokopedia membagikan deretan temuan menarik terkait tren jual-beli online masyarakat sepanjang 2021.

Berikut ini penjabarannya.

1. Kota dengan Penjualan Tertinggi

Medan, Bandung dan Surabaya menjadi beberapa contoh kota dengan penjualan paling tinggi di Tokopedia.

“Ini didorong oleh kehadiran inisiatif Hyperlocal, seperti digitalisasi pasar, Kumpulan Toko Pilihan (KTP) dan lainnya,” ungkap VP of Corporate Affairs Tokopedia, Nuraini Razak.

“Inisiatif Hyperlocal Tokopedia yang terdiri atas berbagai turunan kampanye dan dipersonalisasi berdasarkan kebutuhan setiap daerah ini, ditujukan mendekatkan pembeli dengan penjual setempat."

"Tentunya agar belanja online bisa lebih efisien, dan UMKM di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh,” tambah Nuraini.

Verne Indonesia, UMKM kerajinan kulit dari Surabaya yang menjadikan Tokopedia sebagai jalur utama untuk penjualan, mencatat peningkatan jumlah transaksi hampir 2x lipat dibandingkan tahun sebelumnya.

Baca Juga: Tokopedia Ungkap Tren Belanja Online Akhir Tahun 2021 di Indonesia Bagian Barat

2. Kategori Favorit Masyarakat

Ada beberapa kategori belanja yang menjadi favorit masyarakat sepanjang tahun lalu.

Di antaranya adalah kategori Rumah Tangga, Fesyen, serta Olahraga dan Hobi menjadi yang paling laris di Tokopedia.

Berbagai kampanye yang dihadirkan Tokopedia, telah mendorong melejitnya masing-masing kategori tersebut, seperti Home Living SALEbrations, Festival Fashion Lokal Jawa Barat atau Tokopedia Fashion Week, Sportacular lain-lain.

3. Produk Paling Diburu

Nuraini menjelaskan, ada beberapa produk spesifik yang paling banyak diburu masyarakat selama tahun 2021.

“Masker, kaos dan sepatu sneakers menjadi produk paling populer selama 2021 di Tokopedia,” ujar Nuraini.

Menurut Nuraini, melejitnya penjualan sepatu sneakers didorong oleh berbagai inisiatif yang dilakukan Tokopedia bersama UMKM industri fesyen lokal.

Contohnya, gerakan Bersebelas #MelangkahBareng.

Baca Juga: 5 Ide Seru Tahun Baruan di Rumah, Bisa Semakin Praktis Ditemani Tokopedia

4. Makanan Paling Laris

Tren belanja online tahun 2021, belum lengkap tanpa adanya kategori makanan terlaris yang diburu masyarakat.

“Ngopi dan ngemil di rumah menjadi aktivitas yang digemari masyarakat selama 2021. Hal ini, terlihat dari kopi gayo dan pisang goreng yang menjadi makanan paling digemari di kampanye Tokopedia Nyam sepanjang tahun lalu,” tambah Nuraini.

Kampanye ini, telah membantu masyarakat di berbagai kota, mulai dari Jabodetabek, Bandung, Semarang, Solo, Surabaya, Medan, Makassar dan masih banyak lainnya. Khususnya, dalam mendapatkan produk makanan dan minuman tanpa harus keluar rumah.

5. Animo Donasi Sangat Tinggi

Walau pandemi masih berlangsung, semangat masyarakat dalam berbagi kebaikan masih sangat tinggi.

Hal ini, terlihat dari adanya kebiasaan berdonasi, bersedekah, serta menunaikan ibadah zakat yang meningkat.

Sepanjang 2021, masyarakat Indonesia telah mengumpulkan lebih dari Rp160 miliar lewat fitur Donasi, Zakat, dan Kurban di Tokopedia. (*)

Baca Juga: Jelang Akhir Tahun 2021, Tokopedia Ungkap Tren Belanja Online Konsumen

Tag

Editor : Presi