Kenali Apa Itu Garansi Shopee, Antisipasi Pesanan Tidak Sesuai Ekspektasi

Selasa, 28 Desember 2021 | 21:00
help.shopee.co.id

Garansi Shopee

CERDASBELANJA.ID – Sobat Shopee sudah tahu belum, ada fitur yang bernama Garansi Shopee?

Garansi Shopee biasanya ditemukan pada perincian pengiriman barang, saat kita belanja online di Shopee.

Bagi Sobat Shopee yang belum tahu, Garansi Shopee adalah fitur yang mana pembayaran kepada penjual (seller) akan ditahan sementara oleh Shopee, selama masa Garansi Shopee.

Nantinya, dana akan diteruskan ke penjual ketika pesanan telah diterima dengan baik, dan sampai di lokasi pengiriman.

Melalui Garansi Shopee, kita pun bisa leluasa mengecek barang saat sudah sampai ke tangan. Untuk itu, saat pesanan sudah diterima, jangan buru-buru mengeklik “Pesanan Diterima” di aplikasi Shopee.

Kita perlu mengecek dulu kelengkapan produk dan kesesuaian dengan deskripsi. Jika ditemukan kerusakan pada barang, kita bisa memanfaatkan Garansi Shopee untuk mengajukan pengembalian ke penjual.

Baca Juga: Mulai dari Jual Jamu Keliling, Mitra Shopee Sukses Tambah Penghasilan dengan Jual Pulsa

Adapun periode Garansi Shopee ini, dihitung berdasarkan Hari Pengiriman Penjual dan Perkiraan Waktu Pengiriman yang dimulai dari tanggal konfirmasi pembayaran.

Berikut adalah cara menghitung waktu Garansi Shopee.

2 (Hari Pengiriman¹) + 7 (Perkiraan Waktu Pengiriman²) + 2 (Waktu Konfirmasi Pembeli³) = 12 hari.

- Hari Pengiriman: Jumlah hari yang dibutuhkan oleh Penjual untuk mempersiapkan pengiriman.

- Perkiraan Waktu Pengiriman: Waktu pengiriman rata-rata oleh mitra logistik.

- Waktu Konfirmasi Pembeli: Jumlah hari yang dibutuhkan oleh Pembeli untuk mengonfirmasi penerimaan setelah pengiriman.

Baca Juga: Cara Gunakan Layanan Gosend di JD.ID Mirip dengan Shopee, Belanja Online Jadi Lebih Cepat Sampai

1. Untuk Pesanan yang Belum Dikirim

Penjual perlu memastikan, bahwa mereka telah mengirimkan pesanan dalam periode Garansi Shopee Jika tidak, pembayaran akan dikembalikan secara otomatis kepada pembeli saat periode Garansi Shopee berakhir.

Pembeli diperbolehkan untuk memperpanjang masa Garansi Shopee sebanyak 1x (3 hari), jika penjual belum mengirimkan pesanan. Untuk melakukannya, pilih Perpanjang Garansi Shopee di halaman Detail Pesanan.

2. Untuk Pesanan yang Sudah Dikirim

Konfirmasi penerimaan pesanan atau pengajuan pengembalian barang/dana, hanya dapat dilakukan dalam masa Garansi Shopee.

Jika tidak, pembayaran akan secara otomatis diteruskan kepada Penjual saat masa Garansi Shopee berakhir.

Pembeli diperbolehkan untuk memperpanjang masa Garansi Shopee sebanyak 1x (3 hari), jika kita belum menerima pesanan yang telah dikirimkan.

Jika kita masih belum menerima pesanan di hari terakhir masa Garansi Shopee, ajukan permintaan pengembalian dana sebelum periode perpanjangan Garansi Shopee (3 hari) berakhir.

Meski fitur Garansi Shopee ini memudahkan, tetapi harap gunakan fitur ini dengan bijak, ya! (*)

Baca Juga: Cara Cerdas Batalkan Pesanan di Shopee, Belanja Online Jadi Lebih Tenang

Editor : Yunus

Baca Lainnya