Antisipasi Libur Natal dan Tahun Baru, PT KAI Pastikan Tiket Kereta Api Masih Tersedia

Minggu, 26 Desember 2021 | 10:00
kai.id

Ilustrasi stasiun kereta

CERDASBELANJA.ID – PT Kereta Api Indonesia (Persero) melihat, pergerakan masyarakat pengguna kereta api masih relatif stabil, atau belum ada peningkatan yang sangat signifikan.

Berdasarkan pantauan, tiket kereta api yang terjual pada momen libur akhir pekan dan libur Natal, yaitu 24-26 Desember 2021.

Jumlah tersebut mencapai 32.053 pelanggan per hari, atau 40% dari kapasitas tempat duduk yang KAI sediakan.

KA yang menjadi favorit masyarakat pada periode tersebut, adalah KA Airlangga (Pasar Senen - Surabaya Pasar Turi pp), KA Bengawan (Pasar Senen - Purwosari pp), KA Kahuripan (Kiaracondong - Blitar pp), KA Jayabaya (Pasar Senen - Malang pp), KA Malabar (Bandung - Malang pp), dan lainnya.

VP Public Relations KAI Joni Martinus menjelaskan, jumlah tersebut masih dapat terus bergerak karena penjualan tiket masih berlangsung hingga saat ini.

Tiket Kereta Api pada masa Natal dan Tahun Baru 2022, dapat dipesan oleh masyarakat melalui aplikasi KAI Access, website KAI, dan seluruh channel resmi penjualan tiket KAI lainnya.

Baca Juga: Mau ke Luar Kota? Catat Daftar Stasiun KAI yang Layani Rapid Test Antigen

"Menghadapi masa libur Natal dan menjelang Tahun baru, tiket kereta masih cukup tersedia untuk dapat dinikmati oleh pelanggan. KAI melihat pelanggan masih mengamati perkembangan kasus Covid-19, sebelum melakukan perjalanan pada musim libur ini," ujar Joni dalam keterangannya, Sabtu (25/12).

Pada masa Nataru, KAI tetap konsisten menerapkan protokol kesehatan secara ketat, guna mencegah penyebaran Covid-19 melalui transportasi kereta api.

Untuk menciptakan physical distancing, KAI juga disiplin menerapkan pembatasan kapasitas tempat duduk yang dijual, yaitu hanya sebanyak 80% dari kapasitas tempat duduk yang tersedia, sesuai SE Kemenhub No 112 Tahun 2021.

Pada periode 17-23 Desember 2021, rata-rata KAI melayani 54.333 pelanggan KA Jarak Jauh per hari.

Jumlah tersebut, meningkat 27% dibanding periode November 2021 sebanyak 42.670 pelanggan per hari.

Berdasarkan pantauan sampai dengan saat ini, puncak keberangkatan pelanggan KA Jarak Jauh terjadi pada 19 Desember 2021 yang mana KAI melayani 70.470 pelanggan KA Jarak jauh.

Baca Juga: Makin Mudah, PT KAI Sediakan Tes PCR di Stasiun Seharga Rp195.000

Rute yang menjadi favorit pada periode tersebut di antaranya Jakarta - Cirebon pp, Jakarta - Purwokerto pp, Purwokerto - Yogyakarta pp, Bandung - Jakarta pp, dan Madiun - Surabaya pp.

Joni mengatakan, jumlah tersebut masih di bawah jumlah rata-rata pelanggan KA Jarak Jauh pada masa normal. Pada periode yang sama sebelum pandemi, KAI melayani rata-rata 167.024 pelanggan KA Jarak Jauh per hari.

"Perhatikan kembali syarat-syarat terbaru naik kereta api sesuai aturan yang telah ditetapkan pemerintah khususnya pada periode Libur Nataru yaitu 24 Desember-2 Januari 2021. KAI berharap, agar para pelanggan dapat disiplin menerapkan protokol kesehatan demi menciptakan layanan kereta api yang aman, nyaman, selamat, dan sehat," tutup Joni. (*)

Baca Juga: Jelang Akhir Tahun, Catat Syarat Perjalanan Naik Kereta pada Masa Nataru 2022

Editor : Yunus

Baca Lainnya