CERDASBELANJA.ID – Dompet digital DANA, mendukung dan siap menjadi pionir dalam pengimplementasian Standar Nasional Open API Pembayaran (SNAP) yang dicanangkan Bank Indonesia, melalui Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025.
DANA memandang SNAP bukan saja menciptakan sistem pembayaran yang efisien, efektif, dan aman bagi masyarakat. Namun juga, membuka peluang kolaborasi yang lebih luas bagi industri guna meningkatkan inklusi keuangan.
CEO dan Co-Founder DANA Vince Iswara menjelaskan, DANA menjadi salah satu anggota dalam Working Group Nasional Open API.
DANA terlibat aktif dalam perumusan pedoman teknis dan tata kelola Open API. Oleh karena itu, DANA merupakan first mover yang akan menerapkan SNAP, bersama dengan first movers lainnya pada Juni 2022.
Ini adalah bentuk dukungan kami untuk menciptakan sistem pembayaran yang efisien, efektif, aman, dan andal sebagaimana digariskan BI lewat peluncuran SNAP.
“Sebelumnya, DANA juga sudah mengimplementasikan fitur QRIS baik untuk MPM (merchant presented mode), CPM (customer presented mode), TTM (tanpa tatap muka), TTS (transfer, tarik, setor) dan Cross Border,” kata Vince dalam keterangannya, dikutip Jumat (24/12).
Baca Juga: Promo DANA Terbaru, Beli Tiket Bioskop di TIX ID Hemat Rp12 Ribu
Vince menambahkan, DANA telah menyusun strategi dan timeline integrasi dengan sejumlah pihak untuk implementasi SNAP di 2022.
Di antaranya dengan BRI, BCA dan Bukalapak dengan menerapkan standar keamanan praktik layanan Open API yang telah merata, serta sistem yang lebih andal.
“Secara jangka panjang, DANA turut memberikan dampak dalam memperluas akses layanan keuangan, mengintegrasikan berbagai layanan perbankan, memudahkan pengelolaan keuangan, dan meningkatkan keamanan nasabah,” ujar Vince, dikutip Jumat (24/12).
SNAP diluncurkan BI sebagai standar nasional untuk menyeragamkan bahasa, protokol, instruksi dan lain sebagainya.
SNAP diluncurkan untuk memfasilitasi interkoneksi antar aplikasi, sehingga mampu mendorong percepatan pelaku sistem pembayaran dalam melakukan kerja sama digital, dan mampu menekan biaya transaksi konsumen.
SNAP akan mendorong integrasi, interkoneksi, dan interoperabilitas, sehingga meningkatkan efisiensi sekaligus interlinkage antara penyedia jasa pembayaran (PJP) bank dan PJP non-bank, maupun pelaku ekonomi digital lainnya.
Baca Juga: Cara Aktifkan Reminder atau Subcription di Aplikasi DANA, Bayar Tagihan Anti Lupa!
Di sisi lain, Deputi Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia (BI) Novyanto, mengatakan, kerangka kebijakan sistem pembayaran BI dibangun atas tiga pilar.
Pertama, kebijakan harus mengarahkan pada industri sistem pembayaran yang sehat, kompetitif, dan inovatif. Kedua, harus berlandaskan praktik pasar yang sehat, efisien, dan wajar dalam penyelenggaraan jasa sistem pembayaran.
Ketiga, harus menjamin adanya integrasi, interkoneksi, dan interoperabilitas secara aman dan andal dalam konteks penyelenggaraan infrastuktur. Open API (application programming interface) Pembayaran, menjadi bagian penting dalam mewujudkan tiga pilar sistem pembayaran tersebut.
Menurut Novyanto, implementasi SNAP dapat mengurangi fragmentasi industri dan mendorong akselerasi digitalisasi ekonomi dan keuangan, mendorong interlinkage antara PJP bank, PJP non-bank, dan non PJP, serta meningkatkan efisiensi sistem pembayaran.
“Dari sisi konsumen, implementasi SNAP memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi, meningkatkan opsi produk layanan berbasis customer experience, dan membuat biaya transaksi menjadi lebih terjangkau,” kata Novyanto.
Head of Product and Technology Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) Tata Martadinata mengatakan, Open API bukan sesuatu yang baru di Indonesia dan sudah diimplementasikan oleh banyak pihak, baik bank maupun non-bank.
Baca Juga: Transaksi Gaming Meningkat, DANA Dukung eSports dan Hadirkan Kompetisi PUBG Mobile
Namun, belum ada standardisasi Open API mengingat fitur transaksi selalu berkembang mengikuti kebutuhan industri sistem pembayaran.
Tantangan berikutnya dalam implementasi SNAP, adalah penggunaan standar keamanan yang beragam dan belum merata antar penyedia jasa pembayaran. Selain itu, perlu juga disiapkan mitigasi kejahatan siber terkait dengan penerapan Open API.
Jika dari sisi perlindungan konsumen, diperlukan pengelolaan data yang baik karena model kerja sama bisnis yang terus berkembang melibatkan banyak pihak, yakni penyedia API dan end user.
Tata menjelaskan, standardisasi Open API dikelompokkan menjadi 22 fitur yang mana terdiri atas 5 fitur dasar. Meliputi registrasi, informasi saldo, riwayat transaksi, transfer kredit, dan transfer debit.
Terlepas dari tantangan yang dihadapi, standardisasi open API sangat diperlukan karena akan mendorong interkoneksi, interoperabilitas, dan kompatibilitas penyelenggara open API pembayaran, sehingga meningkatkan efisiensi.
Implementasi SNAP juga memperluas kesempatan pelaku industri, untuk bekerja sama dan mendorong potensi inovasi produk serta layanan yang consumer centric.
“Sementara bagi konsumen, bisa menjadi alternatif sarana pembayaran yang cepat, mudah, murah, aman dan andal sesuai preferensi konsumen terhadap layanan keuangan digital,” tutup Tata. (*)
Baca Juga: Cara Tarik Saldo DANA Terbaru, Makin Mudah Bisa Ambil Uang di Alfamart