Agar Persalinan Nyaman Keuangan Keluarga Aman, Begini Cara Rencanakan Kelahiran si Kecil

Rabu, 22 Desember 2021 | 22:08

Webinar mengenai pentingnya pengelolaan keuangan keluarga, Allianz Peduli X NOVA, Rabu (22/12).

CERDASBELANJA.ID -Menanti kelahiran si kecil merupakan suatu momen penting bagi semua ibu.

Untuk itu, perlu direncanakan dengan matang, apalagi saat persalinan juga dibutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Agar persalinan bisa berjalan lancar, perencanaan keuangan yang baik sangat dibutuhkan.

Nah, bertepatan dengan hari ibu,Allianz IndonesiamelaluiAllianzPeduli bekerja sama dengan NOVA mengadakan webinar edukasi keuangan keluarga, khusus bagi kita yang tengah menyambut kehadiran buah hati.

Program webinar ini merupakan bagian dari program kegiatan literasi keuangan Allianz tahun 2021 yang bertajuk CerdAz Literasi Keuangan.

BertemaPersalinan Nyaman, Keuangan Keluarga Aman, webinar inimenghadirkan pembicara Bidan Novelita Damanik, dan Bianto Surodjo, Chief Partnership Distribution dari Allianz Indonesia.

Baca Juga: Allianz Hadir di KidZania Jakarta, Kenalkan Gaya Hidup Sehat pada Anak di Gymnastic Center

Persiapan Sebelum Lahiran

Menurut Bidan Novelita Demanik, setidaknya ada 3 hal yang harus disiapkan untuk menyambut kehadiran si kecil.

Yakni mental, fisik, dan finansial. Pastikan secara mental kita sudah siap menjadi seorang ibu, sehingga penting sebagai perempuan mencari pasangan yang bisa diajak bekerja sama, serta bisa memberikan dukungan secara emosi saat akan bersalin.

Persiapan kedua adalah fisik. Jadi seorang ibu sudah tentu tidak mudah, dari proses kehamilan hingga melahirkan dibutuhkan fisik yang prima, karena berpengaruh terhadap kesehatan janin.

Terakhir, yang terkadang kurang diperhatikan adalah persiapan finansial.

“Jika sudah ada persiapan yang baik dari segi fisik, mental, dan finansial, otomatis dalam persiapan persalinan yang nyaman terpenuhi,” ujar Novelita, Rabu dalam webinar Persalinan Nyaman Keuangan Keluarga Aman, Rabu sore (22/12).

Bukan tanpa alasan, menurutnya dengan kondisi finansial yang baik, perempuan yang akan melahirkan akan lebih leluasa memilih di mana dan dengan metode apa dia akan bersalin.

Baca Juga: Allianz Indonesia Bagi Tips Rawat Kendaraan, Ternyata Ini Pentingnya Asuransi Kendaraan Saat Pandemi

Terlebih proses melahirkan ini erat kaitannya dengan kondisi psikologis dari ibu yang akan melahirkan, sehingga secara tidak langsung kondisi finansial akan berpengaruh terhadap kelancaran saat melahirkan.

“Tentunya keuangan (berpengaruh, red.), agar ibu bisa lebih bebas memilih dengan siapa dan dengan cara apa dia akan bersalin. Dalam persalinan, psikologis sangat penting, karena berhubungan dengan hormon,” tuturnya.

Di luar itu, kesiapan finansial juga penting karena dalam proses kehamilan perlu banyak uang, mulai dari pemeriksaan kehamilan USG, hingga asupan multivitamin yang dibutuhkan.

Membuat Perencanaan Keuangan Keluarga

Untuk itu agar momen kelahiran berjalan lancar tanpa adanya drama soal uang, penting untuk kita membuat perencanaan keluarga.

Menurut Bianto Surodjo, Chief Partnership Distribution dari Allianz Indonesia, perencanaan keuangan diperlukan, karena gaya hidup kita seperti sebuah siklus di mana tingkat pemasukan dan pengelolaan kita bisa berubah kapan saja.

“Misalnya orang yang masihsinglekebutuhannya lebih kecil jika dibandingkan dengan orang yang sudah berkeluarga. Yang sudah berkeluarga pun berbeda dari yang belum memiliki anak, hingga memiliki anak,” jelasnya.

Baca Juga: Menabung Saja Tak Cukup! Ini 5 Produk Asuransi Jiwa dari Allianz Indonesia, Bisa Pilih Sesuai Kebutuhan

Selain itu, dengan membuat perencanaan keuangan, kita dapat mengantisipasi hal-hal yang terjadi di luar kendali kita, seperti yang terjadi saat inidengan pandemi Covid-19, di mana banyak orang yang tiba-tiba harus berkurang atau kehilangan penghasilannya.

“Itulah mengapa perencanaan keuangan itu diperlukan, bahkan sebelum berkeluarga, dan sampai nantinya pensiun pun diperlukan,” ujar Bianto.

Kita enggak perlu khawatir, dan bingung harus memulai dari mana, berikut ini tips sederhana untuk mulai mengatur rencana keuangan keluarga.

1. Ketahui Tujuan Keuangan

Pertama ketahui tujuan rencana keuangan kita, dalam hal ini Bianto mengingatkan agar kita jangan pernah berpikir pendek.

Sebaiknya kita buat tujuan keuangan jangka panjang, tidak hanya memikirkan hari ini saja, tapi juga harus harus memikirkan masa yang akan datang juga.

Lalu kita juga harus menyadari bahwa pendapatan dan pengeluaran itu sifatnya fluktuatif, mengikuti siklus hidup kita, seperti pandemi yang tiba-tiba datang, atau pun musibah lain yang mungkin saja bisa terjadi, sehingga, penting untuk kita menabung dana darurat, hingga asuransi.

Baca Juga: Cara Hidup Sehat Berdampingan dengan Covid-19 di Era Normal yang Baru Ala Allianz Indonesia

“Menyisihkan dana, menabung, berinvestasi, mengatur keuangan, membeli asuransi baik asuransi kesehatan maupun pendidikan, dapat membantu kita menghadapi siklus tersebut dengan baik, juga untuk mengantisipasi bila hal yang tidak terduga itu datang,” jelas Bianto.

2. Berutang dengan Bijak

Kedua, yang kadang banyak orang lupa dan sering disepelekan adalah tidak mengelola utang dengan baik.

Terlebih sekarang ini kita semakin mudah untuk berutang, pastikan hanya berutang untuk hal-hal yang sifatnya produktif, dengan tetap memperhitungkan kemampuan yang kita miliki.

3. Mencatat Keuangan

Terakhir, hal klasik namun masih sangat berguna untuk dilakukan adalah mencatat pemasukan dan pengeluaran.

Dengan mencatat pemasukan dan pengeluaran secara rutin, kita bisa lebih mudah mengatur keuangan dan lebih sadar saat mengeluarkan uang, sehingga membantu kita mengelola uang. (*)

Editor : Yunus

Sumber : Nova.ID

Baca Lainnya