Perbedaan E-commerce dan Quick commerce, Teknologi Baru dari Astro

Senin, 15 November 2021 | 20:00
Dok. Astro

Simak apa saja perbedaan antara e-commerce dan quick commerce

CERDASBELANJA.ID – Astro mengumumkan peluncuran resminya pada Senin (15/11), dan resmi beroperasi di seluruh wilayah Jakarta.

Astro adalah platform on-demand pertama dan paling cepat berkembang di Indonesia, untuk penyediaan bahan makanan dan kebutuhan pokok.

Mengusung konsep quick commerce, Astro bisa megantarkan belanjaan ke tangan pembeli hanya dalam waktu 15 menit.

Jika belanjaan tidak sampai dalam waktu 15 menit atau barang rusak saat diterima, maka Astro akan memberikan kompensasi tertentu bagi pengguna.

Co-Founder & CEO Astro Indonesia Vincent Tjendra menjelaskan, ada perbedaan mendasar antara e-commerce dan quick commerce.

Quick commerce sesuai dengan namanya quick, yaitu menekankan fokusnya pelayanan tersebut pada kecepatan pelayanan dan kenyamanannya.

Baca Juga: Bukan Halu, Belanja di Shopee Bisa Ambil di Alfamart Pakai Alfatrex Dapat Cashback 10%, Ini Caranya

“Jika ditanya seberapa cepat, Astro bisa mengirim pesanan dalam waktu 15 menit di beberapa titik di Jakarta yang sudah dilayani,” ujar Vincent dalam diskusi virtual, Senin (15/11).

Selain itu perbedaan e-commerce dan quick commerce selanjutnya, adalah pada layanan.

Menurut Vincent, ada beberapa e-commerce yang menyediakan pengiriman instant dengan waktu 2 jam-6 jam.

Namun, untuk quick commerce waktu yang dibutuhkan bisa lebih cepat lagi, yaitu hanya beberapa menit saja.

“Pelayanan 15 menit ini, cocok untuk waktu-waktu yang sangat dibutuhkan. Misalnya saat sedang memasak, atau ada kebutuhan saat jam-jam tanggung,” ujar Vincent.

Ia juga menjelaskan, ada beberapa faktor yang membedakan Astro dengan e-commerce lainnya.

Baca Juga: Merdeka Finansial! Ini 4 Perbedaan Pasar Modal Konvensional dan Syariah yang Wajib Diketahui Calon Investor

Selain kenyamanan dan kecepatan, Astro menawarkan pilihan barang yang lengkap. Mulai dari kebutuhan anak sampai orang tua tersedia lengkap di Asttro.

Kemudian, adalah harga. Astro memberikan harga kompetitif dari e-commerce lain. Terakhir Astro tersedia selama 24 jam untuk pelanggan di Jakarta dan ke depannya di Indonesia.

Indonesia kini telah memasuki era quick commerce (atau qCommerce). Pandemi Covid-19 telah mengubah keseharian konsumen, menciptakan prioritas, dan juga fokus baru di dalam kehidupan mereka.

Meskipun masih akan ada konsumen yang memilih untuk berbelanja langsung ke toko, atas dasar efisiensi dalam menghemat waktu dan juga keamanan, sebagian besar warga Jakarta masih akan memilih untuk berbelanja online demi kenyamanan.

qCommerce merupakan sebuah perpanjangan dari konsep eCommerce. Seperti namanya, utamanya qCommerce menjanjikan pengantaran barang dalam waktu yang singkat.

Seiring dengan berkembangnya evolusi digital di Indonesia, prospek jangka pendek maupun panjang dari sektor ritel terlihat cerah.

Baca Juga: Fitur Baru, Kenali Apa Saja Perbedaan SPaylater dan SPaylater Lite

Melalui peningkatan urbanisasi, jumlah keluarga kecil dan juga orang yang tinggal mandiri menjadi semakin banyak.

Hal ini, berakibat pada meningkatnya permintaan untuk pengiriman produk dalam jumlah kecil dan menurunnya permintaan untuk pembelian barang grosir, seperti yang banyak didapati di ranah online seperti e-commerce.

Oleh karena itu, Astro hadir dengan menyajikan sebuah konsep yang dapat menyambut perubahan tersebut.

Bisa dibilang, qCommerce merupakan fase selanjutnya dari pengembangan e-commerce.

Pada konsep qCommerce, kecepatan merupakan nilai jual utama. Populasi Indonesia yang cukup padat dan memiliki banyak generasi muda, terlebih dengan kelas menengah yang terus berkembang merupakan pendorong utama ekspansi di bidang ritel dan e-commerce.

E-commerce secara tradisional merevolusi lanskap pengiriman melalui pemesanan online. Di sisi lain, qCommerce membawa sejumlah kecil barang ke konsumen hampir secara instan, kapan pun dan di mana pun mereka membutuhkannya.

Baca Juga: Jangan Tertukar, Kenali Perbedaan Layanan GoSend Instant dan Same Day

Vincent melanjutkan, saat ini kehadiran qCommerce memang sangat dibutuhkan dan hadir di waktu yang sangat tepat.

Melalui hal ini, Astro dapat merespons dengan cepat dan tanggap ketika kebutuhan untuk pengiriman barang di masa pandemi Covid-19 meningkat secara drastis.

Tim Astro tentunya bekerja keras, agar dapat memegang dan melestarikan komitmen pengantaran dalam waktu yang telah dijanjikan melalui manajemen inventaris real time.

“Di waktu yang sama, kami juga terus meningkatkan jangkauan melalui data, serta penetapan harga berbasis teknologi yang memungkinkan kami untuk menawarkan harga terbaik untuk konsumen. Ke depannya kami akan terus mengembangkan dan menyertakan lebih banyak produk di dalam platform kami agar dapat memenuhi kebutuhan konsumen,” tutup Vincent. (*)

Baca Juga: Jangan Tertukar, Kenali Perbedaan Layanan GoSend Instant dan Same Day

Editor : Yunus

Baca Lainnya