Gabung Mitra Shopee, Hanna Berhasil Buka Peluang Usaha Lebih Luas

Kamis, 04 November 2021 | 15:00
Dok. Shopee

Fitri Hanna, Mitra Shopee yang sukses buka peluang usaha

CERDASBELANJA.ID – Melalui perkembangan teknologi yang semakin pesat, generasi muda dituntut untuk lebih aktif, cakap digital, mampu bersaing dan berjiwa kreatif.

Hal tersebut dilakukan, agar anak muda mampu menangkap segala peluang yang ada guna mengembangkan diri, khususnya di tengah masa sulit pandemi ini.

Seperti yang dilakukan oleh Fitri Hanna, mahasiswa muda asal Jakarta Selatan. Selama masa pandemi, Hanna aktif mencari peluang usaha sebagai Mitra Shopee untuk mengisi waktu luang, sembari berkuliah daring dari rumah.

Berkat bergabung menjadi Mitra Shopee, ia berhasil memiliki pemasukan tambahan untuk menabung atau membeli barang.

Mitra Shopee, adalah sebuah aplikasi digital bagi pelaku UMKM yang membantu masyarakat dalam mendapatkan penghasilan tambahan. Caranya, adalah dengan menjual berbagai produk digital termasuk pulsa, paket data, token PLN, voucher game, dan berbagai tagihan.

Aplikasi ini, dimanfaatkan oleh Hanna untuk menyalurkan semangat wirausahanya yang tinggi dan rasa pantang menyerah. Sejak dulu, Hanna sangat aktif mencari peluang bisnis dan sempat berjualan produk kecantikan secara online dengan kakaknya, tetapi bisnis tersebut ternyata bukan jalan rezeki Hanna.

Baca Juga: Cara Mudah Daftar Jadi Mitra Shopee, Ini Langkah dan Syaratnya

Melalui situasi yang mengharuskan banyak hal dilakukan secara daring, Hanna menyadari bahwa pulsa dan kuota internet merupakan kebutuhan masyarakat yang semakin dibutuhkan.

Berbekal pengalaman berjualan pulsa yang sebelumnya pernah ditekuni saat masih sekolah, ia mulai mencari informasi keagenan, untuk berjualan pulsa dan produk digital dan menemukan layanan Mitra Shopee di awal tahun 2020.

Hanna bercerita, awalnya ia sempat takut dengan pendapat teman-teman saat akan memulai usaha berjualan produk digital. Namun, Hanna berpegang teguh pada komitmen untuk menekan rasa gengsi dan fokus pada target, untuk punya usaha dan menabung.

Hanna terdorong untuk bergabung sebagai Mitra Shopee karena melihat peluang bisnis yang mudah dan bagus, serta harga berbagai produk yang lebih murah.

Sebagai pengguna aktif Shopee yang sering berbelanja menggunakan Shopeepay, Hanna sudah merasakan sendiri betapa mudahnya menggunakan layanan tersebut.

“Saat itu aku yakin, aplikasi Mitra Shopee menawarkan kemudahan yang sama untuk berbisnis,” ujar Hanna.

Baca Juga: Berencana Bisnis Online? Jadi Mitra Shopee Bisa Dapat Banyak Untung

Setelah bergabung sebagai Mitra Shopee, Hanna juga mengintegrasikan layanannya dan memasang banner di toko kelontong milik orang tuanya. Dengan demikian, ia bisa mempermudah tetangga yang ingin membeli produk digital di tokonya, sembari tetap melayani pelanggan dari lingkaran pertemanannya.

Hanna menuturkan, semakin lama semakin banyak tetangga dan kenalannya yang memilih untuk bertransaksi di toko atau langsung melalui WhatsApp karena respons yang cepat dan harga yang terjangkau.

Kini, Hanna masih setia hanya menggunakan aplikasi Mitra Shopee dan menyebutkan bahwa di waktu ramai, ia bisa menjual pulsa hingga ke 50 pelanggan dalam sehari dan mendapat omzet yang cukup besar dalam sebulan. Untuk membantu menginspirasi kawula muda lainnya, berikut adalah beberapa tips yang diberikan Hanna agar lebih kreatif dan berani memulai usahanya sendiri.

1. Singkirkan Gengsi dan Bangkit dengan Inovasi

Untuk anak muda, saat ini juga bukan lagi waktunya untuk mengedepankan rasa gengsi. Jangan pernah takut untuk memulai usaha dan berinovasi.

Proses awal dalam membangun usaha pasti akan sangat menantang, untuk itu kegigihan harus selalu ditanamkan di dalam diri kita. Hanna merasakan banyak tantangan, di awal mula berjualan sebagai Mitra Shopee.

Namun, ia aktif bergabung dengan komunitas Mitra Shopee di kanal media sosial Facebook untuk mendapat inspirasi cara menarik lebih banyak pelanggan, serta bisnisnya mulai berkembang sejak itu.

Baca Juga: Jadi Ide Bisnis Sampingan Saat PPKM, Ini Keuntungan Join Mitra Shopee

2. Pintar Cari Peluang Usaha

Di era yang serba digital saat ini, banyak peluang usaha bisa dilakukan dengan modal minim dan hanya dari rumah.

Langkah yang harus dilakukan, adalah melihat kebutuhan dari tetangga atau masyarakat di sekitar dan perhatikan juga tren yang sedang ada. Setelah itu, bisa pilih mana yang paling sesuai untuk dilakukan.

Adopsi pembayaran digital dan penggunaan platform digital, juga menjadi kunci untuk menyasar masyarakat yang juga semakin familier dengan transaksi digital.

3. Aktif dalam Promosi

Untuk memperluas jangkauan usaha, salah satu yang harus dilakukan adalah aktif dalam mempromosikan produk atau layanan yang kita sediakan, kepada target konsumen.

Promosi bisa dilakukan lewat banyak kanal seperti media sosial. Melalui cara ini, kita bisa terus mengembangkan bisnis yang kita miliki menjadi semakin besar.

Selain fokus dalam menjalankan usaha sebagai Mitra Shopee, Hanna juga sering berbagi informasi tentang kemudahan dan keuntungan sebagai Mitra Shopee.

Baca Juga: Terkena PHK, UMKM Mitra Shopee Bagikan Tips Berjualan Produk Digital

Tidak hanya itu, bahkan banyak saudara dan teman yang juga bergabung menjadi Mitra Shopee setelah mendengar cerita darinya.

Hanna percaya bahwa sebagai generasi muda, ia mempunyai kekuatan untuk membawa kontribusi positif bagi sekitarnya dan ingin mengajak semakin banyak orang untuk melakukan hal yang sama. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya