Curhat Wanda Hamidah Merasa Ditipu Asuransi, Ini Penjelasan Prudential

Rabu, 13 Oktober 2021 | 09:00
Situs Prudential Indonesia

Prudential

CERDASBELANJA.ID – Salah satu produk perlindungan yang wajib dimiliki oleh masyarakat, adalah asuransi.

Melalui asuransi, kita bisa melakukan pengajuan klaim apabila sedang sakit dan butuh biaya untuk pengobatan.

Namun, tentunya kita perlu teliti saat memilih produk asuransi. Mulai biaya klaim, penyakit yang ditanggung, serta hal lainnya yang ada di dalam polis asuransi.

Baca Juga: Ini Cara Aktifkan Gopay Jadi Opsi Pembayaran Utama di Tokopedia

Sebuah pengalaman menggunakan asuransi yang kurang menyenangan, dialami oleh aktris dan politikus Wanda Hamidah.

Beberapa waktu lalu, Wanda membagikan pengalaman kurang menyenangkan saat melakukan klaim produk asuransi Prudential Indonesia.

Di dalam akun Instagram @wanda_hamidah miliknya, ia bercerita bahwa dirinya merasa ditipu oleh pihak Prudential.

Wanda menjelaskan, ia telah menggunakan asuransi Prudential sejak tahun 2009 silam, dengan kartu asuransi berwarna merah.

Berdasarkan produk yang dipilih, Wanda dan ketiga anaknya pun harus membayar premi sebesar masing-masing Rp500 ribu per bulan.

“Setelah Malakai lahir, tambah lagi 1 anak saya asuransikan (kesehatan). Total 5 anggota keluarga. Tahun lalu/ 2020 semua saya upgrade ke kartu hitam, naik iuranmya ke Rp750rb dan Rp1 jt sekian,” jelas Wanda dalam akun Instagram-nya, dikutip Selasa (12/10).

Baca Juga: Perbedaan BSI KUR Mikro dan BSI KUR Kecil, Solusi Pinjam Uang Berbasis Syariah Khusus UMKM

Setelah itu, Wanda mengeklaim selama 12 tahun membayar premi asuransi ia tidak pernah menggunakan asuransi tersebut.

“Sampai Minggu lalu anak saya yang atlet basket, harus operasi lutut karena 2 tahun ini cedera dan tidak boleh berolahraga (untuk seorang atlet, ini adalah pukulan yang berat),” lanjutnya.

Setelah dokter menyatakan untuk melakukan operasi agar segera plih, Wanda pun merasa percaya diri dan aman karena telah memiliki asuransi kesehatan.

Wanda merasa aman karena mengira, biaya operasi akan ditanggung sepenuhnya oleh asuransi yang sudah ia bayarkan sejak tahun 2009.

“Bahkan kadang telat bayar sekolah krn mendahulukan kesehatan anak-anak, sebagai orang tua tunggal saya khawatir terus terang kalau anak-anak kenapa kenapa yg berhubungan dng nyawa/ kesehatan mereka,” tuturnya.

Setelah berkonsultasi dengan dokter, Wanda mengatakan operasi anaknya diperkirakan akan memakan biaya kurang lebih Rp50 juta sampai Rp60 juta.

Baca Juga: Tips Menyiapkan Keuangan Pasca Pandemi, Apa Saja yang Diperlukan?

“Anda tau berapa yg mau dicover @id_prudential? Rp10 juta saja saudara-saudara.. kalau 10 aja yg dicover ga perlu asuransi deh.. huhuhu.. gw ngerasa di scam! Ditipu abis-abisan.. sedih dan sakit hati bercampur menjadi satu sama asuransi @id_prudential. Apa semua asuransi gini? Manis pas ditawarinnya aja ya.. I feel like closing down all my insurance...,” tutup Wanda.

Mengutip dari Kompas.com, menanggapi hal tersebut Manajemen PT Prudential Life Assurance mengaku, di hari yang sama pihaknya telah menangani langsung terkait dengan keluhan yang disampaikan oleh salah satu nasabahnya.

Manajemen mengaku, mereka memberikan penjelasan terkait dengan klaim rawat inap dan manfaat pembedahan, atas polis yang dimiliki nasabah tersebut.

"Sehubungan dengan salah satu post di media sosial pada tanggal 10 Oktober 2021 mengenai keluhan seorang nasabah Prudential Indonesia, perlu kami sampaikan bahwa kami telah menghubungi beliau di hari yang sama yaitu 10 Oktober 2021 untuk memberikan penjelasan dan jawaban atas keluhan tentang klaim rawat inap dan manfaat pembedahan atas polis yang dimiliki beliau," jelas Luskito Hambali, Chief Marketing and Communications Officer Prudential Indonesia dikutip dari Kontan.

Selain itu, Luskito menyebut, perusahaan juga memastikan bahwa, besaran biaya yang di-cover dari manfaat klaim rawat inap dan manfaat pembedahan, diberikan sesuai dengan plan yang dimiliki nasabah dan ketentuan polis.

Menurutnya, Prudential Indonesia senantiasa melaksanakan komitmennya untuk selalu mendengarkan nasabah, serta berupaya semaksimal mungkin untuk menyelesaikan keluhan yang disampaikan secara langsung.

Baca Juga: Utamakan Nasabah, Astra Life Tambah Manfaat untuk Isolasi Mandiri

Baik melalui Customer Care Centre di kantor Prudential Indonesia, customer line di nomor telepon 1500085, ataupun email di customer.idn@prudential.co.id.

Ia mengungkapkan, sebagai perusahaan asuransi jiwa terkemuka yang telah hadir selama lebih dari 25 tahun di Indonesia, Prudential Indonesia selalu menjalankan bisnis dengan penuh integritas, sesuai dengan tata kelola perusahaan yang baik.

Prudential juga mematuhi, serta melaksanakan apa yang menjadi hak-hak dari nasabah sesuai polis asuransi yang telah mereka beli, dan semua hal itu dilakukan oleh Prudential Indonesia sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, khususnya Peraturan Otoritas Jasa keuangan.

Kata Luskito, dengan begitu, Prudential Indonesia senantiasa mampu mewujudkan perlindungan bagi nasabah-nasabahnya yang sampai saat ini melindungi lebih dari 2,6 juta tertanggung.

Perwujudan perlindungan bagi nasabah, telah dibuktikan melalui pembayaran klaim dan manfaat polis asuransi yang telah dilakukan oleh Prudential Indonesia yang jumlah keseluruhan sudah mencapai sebesar Rp8,1 triliun selama bulan Januari, sampai dengan bulan Juni 2021.

Baca Juga: Astra Life dan PermataBank Kerja sama, Hadirkan Produk Asuransi Jiwa

"Komitmen ini, sejalan dengan upaya Prudential Indonesia, untuk dapat berperan aktif dalam mewujudkan masyarakat Indonesia yang lebih sehat dan sejahtera melalui produk-produk asuransi yang ditawarkan serta beragam inisiatif yang dihadirkan," imbuh Luskito.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kronologi Wanda Hamidah Merasa Ditipu dan Penjelasan Prudential" (*)

Tag

Editor : Yunus

Sumber Kompas.com