Cara Pinjam Uang di Shopee, Coba Pakai Fitur Baru Shopee Pinjam!

Selasa, 21 September 2021 | 17:00
help.shopee.co.id

Catat bagaimana cara mengajukan Shopee Pinjam

CERDASBELANJA.ID – Menuju akhir bulan, mulai banyak orang yang mencari cara pinjam uang online.

Namun, kini kita tidak perlu bingung karena Shopee punya solusinya, yaitu lewat fitur Shopee Pinjam. Shopee Pinjam adalah produk pinjaman tunai yang ditawarkan untuk pengguna Shopee.

Artinya, pinjaman yang diajukan bisa dicairkan ke rekening pengguna. Shopee Pinjam difasilitasi dengan fitur pengajuan yang mudah, bunga rendah, dan cicilan bulanan.

Baca Juga: Berbeda dengan SPayLater, Kenali Apa Itu Fitur Shopee Pinjam

Cara pinjam uang di Shopee pun mudah karena semua bisa dilakukan secara online. Jadi, kita bisa lebih aman karena tidak perlu ke luar rumah.

Produk Shopee Pinjam disediakan oleh PT Lentera Dana Nusantara sebagai pihak penyelenggara pinjaman berbasis teknologi, atau P2P lending. PT Lentera Dana Nusantara juga telah diawasi langsung oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Kehadiran SPinjam memang bertujuan untuk memberikan pinjaman tunai, serta menjadi layanan pinjam uang online yang mudah diakses oleh pengguna.

Untuk itu, fitur ini hanya dapat diaktifkan oleh pengguna terpilih saja. Artinya tidak semua orang bisa pinjam uang di Shopee.

Shopee Pinjam juga tidak beroperasi di seluruh wilayah, terkait dengan aturan regulasi untuk pinjaman konvensional.

Jika berniat mengajukan pinjam uang online, berikut adalah beberapa cara pinjam uang di Shopee Pinjam.

Baca Juga: Cara Cepat Ajukan Shopee Pinjam, Hanya dengan 6 Langkah Mudah

1. Masuk ke aplikasi Shopee dan isi informasi login dengan benar.

2. Klik tab Saya, lalu pilih layanan SPinjam.

3. Klik Ajukan.

4. Pilih Jumlah Pinjaman dengan menggeser tombol sesuai dengan nominal yang akan diajukan, lalu pilih Durasi Pinjaman.

5. Untuk saat ini, Shopee Pinjam hanya menyediakan tenor pinjaman selama 2 bulan dan 3 bulan saja.

6. Pilih Rekening Bank yang akan digunakan untuk menerima pinjaman tunai, atau Tambahkan Rekening Bank yang akan kita gunakan jika belum menyimpan informasi rekening.

Baca Juga: Panduan Lengkap Shopee Pinjam: Keuntungan, Cara Aktivasi, dan Simulasi

7. Pastikan nama di rekening bank yang kita gunakan, sesuai dengan nama di KTP. Kita juga bisa menambahkan lebih dari 1 nomor rekening bank (BCA, BNI, BRI, dan Mandiri untuk melakukan pinjaman).

8. Jika sudah, pilih voucher diskon (jika ada) dan klik Lanjutkan.

9. Klik Ajukan Sekarang.

10. Pengajuan Shopee Pinjam dapat diajukan melalui aplikasi Shopee, jika kita tidak memiliki keterlambatan pembayaran tagihan untuk fitur SPayLater dan/atau SPinjam.

11. Masukkan Pin ShopeePay.

12. Jika belum mengaktifkan ShopeePay, kita akan mendapatkan kode verifikasi berupa kode OTP. Mohon tidak memberikan kode OTP kepada siapa pun termasuk ke tim Shopee.

Baca Juga: Pelonggaran PPKM, Ini Daftar Bioskop CGV yang Mulai Buka Bertahap

Jika pengajuan Shopee Pinjam disetujui, kita akan menerima notifikasi bahwa pengajuan SPinjam berhasil dilakukan dan uang akan ditransfer ke rekening bank kita.

Jika sudah melakukan verifikasi rekening bank, maka dana pinjaman akan dikirimkan secara instan (untuk pengguna Bank BCA, BRI, dan Mandiri), atau maksimal 2 hari kerja (Bank BNI).

Namun, jika belum verifikasi, maka dana pinjaman akan masuk ke rekening maksimal 2 hari kerja. Apabila baru pertama kali mengajukan atau menambahkan rekening bank baru, maka pengajuan akan melalui proses validasi sehingga dapat memakan waktu lebih lama.

Silakan lakukan pembayaran tagihan Shopee Pinjam, paling lambat tanggal 5 pada bulan berikutnya.

Melalui Shopee Pinjam, kita bisa mengajukan pinjaman dengan nominal minimal Rp200.000 dan maksimal Rp3.000.000.

Kita juga bisa terus melakukan pinjaman, selama semua pinjaman sudah berhasil diproses dan ditransfer ke rekening, masih memiliki sisa limit pinjaman, serta tidak ada tagihan yang melewati jatuh tempo.

Baca Juga: PPKM Diperpanjang Sampai 4 Oktober, Mal Mulai Dibuka untuk Anak-anak

Di dalam mengajukan pinjaman pada Shopee Pinjam, nantinya kita akan dikenakan suku bunga terkecil 2,45% per bulannya.

Namun, SPinjam juga menetapkan biaya penanganan sampai dengan 3% per transaksi pinjaman. Apabila kita terlambat melakukan pembayaran, kita juga akan dikenakan denda sebesar 5% dari total pinjaman. (*)

Editor : Presi

Baca Lainnya