Perkuat Literasi Keuangan, PermataBank Hadirkan Program PermataME

Kamis, 02 September 2021 | 21:00
Dok. PermataBank

PermataBank hadirkan PermataME Campus Ambassador Program

CERDASBELANJA.ID – Di dalam upaya menebar semangat bagi generasi muda untuk lebih melek finansial, PermataBank menghadirkan PermataME Campus Ambassador Program.

Untuk menjalankan program ini, PermataBank menjalin kerja sama dengan berbagai universitas terkemuka.

Di antaranya seperti Universitas Indonesia, Universitas Prasetiya Mulya, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Indonesia Banking School, Universitas MH. Thamrin, Universitas Surabaya, Universitas Multimedia Nusantara, Perbanas Institute, dan Sampoerna University.

Baca Juga: Bukan Halu, Ternyata Ini 5 Keuntungan Menabung di Bank Digital

Kerja sama ini, dilakukan untuk membagikan ilmu seputar keuangan dan investasi kepada mahasiswa, serta membuka kesempatan bagi mahasiswa terpilih untuk menjadi bagian dari PermataBank melalui program magang.

Melansir Hasil Sensus Penduduk 2020 dari Badan Pusat Statistik (BPS), Indonesia tengah mengalami bonus demografi dengan proporsi penduduk usia produktif (15-64 tahun) mencapai 70,72%.

Berdasarkan data tersebut, dilaporkan pula bahwa anak-anak muda dari kelompok gen Z dan milenial mendominasi penduduk Indonesia dengan proporsi masing-masing mencapai 27,94% dan 25,87%.

Data dari BPS juga mengungkapkan, jumlah anak muda usia 20-24 tahun di Indonesia mencapai lebih dari 22 juta jiwa pada tahun 2020 .

Di tengah bonus demografi ini, pemahaman mengenai finansial dan investasi pada kelompok ini masih perlu digalakkan.

Menurut hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan 2019 oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), tingkat literasi keuangan pada anak muda masih tergolong rendah. Fakta tersebut menegaskan perlunya campur tangan berbagai pihak, untuk lebih gencar mendengungkan literasi keuangan di generasi kunci ini.

Baca Juga: Permudah Belanja Online, Permata Bank Hadirkan Permata Shopping Card

Direktur Retail Banking PermataBank Djumariah Tenteram mengungkapkan, PermataME Campus Ambassador Program merupakan langkah nyata PermataBank untuk meningkatkan literasi keuangan, khususnya di segmen generasi muda.

Terlebih saat ini, demografi penduduk Indonesia tengah didominasi oleh anak muda. Ia berharap, program ini akan menjadi awal yang baik bagi mahasiswa untuk memperoleh pengetahuan mendalam terkait keuangan dan investasi.

“Hasilnya, mereka juga dapat membagikan ilmu tersebut ke lingkungan kampusnya dan orang di sekitar mereka,” ujar Djumariah dalam keterangannya, Kamis (2/9).

PermataME Campus Ambassador Program terbagi atas 3 tahapan kegiatan, yaitu In-Class Program, Ambassador Program, dan Internship Program.

Pada tahapan In-Class Program, para peserta PermataME Campus Ambassador akan mengikuti serangkaian pelatihan dan seminar. Mulai dari pengetahuan terkait industri keuangan dan perbankan, kepemimpinan, hingga budaya kerja di PermataBank.

Memasuki tahapan Ambassador, para mahasiswa yang terpilih menjalankan tugasnya sebagai duta kampus. Mereka akan membangkitkan kesadaran generasi muda di sekelilingnya, untuk lebih melek finansial sekaligus berperan mempromosikan kampanye PermataME #CANTSTOPME kepada teman-temannya di kampus.

Baca Juga: Waspada Pembobolan Bank, Jenius Imbau Pengguna Rahasiakan Kode OTP

Di dalam tahapan ini, Campus Ambassador mendapatkan kesempatan untuk bekerja sama dengan PermataBank, dalam pelaksanaan acara webinar dari segi promosi dan mendapatkan narasumber yang ahli di bidangnya dari PermataBank.

Setelah selesai menjalankan tugasnya sebagai Campus Ambassador, para mahasiswa berkesempatan menjalani program magang selama 3 bulan, serta merasakan secara langsung pengalaman bekerja di PermataBank.

Di dalam Internship Program ini, mahasiswa akan dibimbing langsung oleh para ahli, serta akan ditempatkan di berbagai departemen kerja PermataBank.

PermataME menawarkan berbagai produk perbankan, bagi generasi muda yang dengan mudah dapat diakses melalui mobile banking super app PermataBank dan PermataMobile X.

Tidak hanya meningkatkan literasi finansial generasi muda melalui program PermataME Campus Ambassador, PermataBank juga fokus mendorong generasi muda untuk berani memulai investasi.

Baca Juga: 5 Cara Lindungi Akun Jenius BPTN Kita, Waspada Terjebak Penipuan!

Sebelumnya, PermataBank sudah menghadirkan fitur e-Registration untuk pembuatan Single Investor ID (SID) secara online, melalui PermataMobile X maupun PermataNet.

Melalui produk PermataME Wealth Management, PermataBank bahkan memberikan kemudahan kepada generasi muda untuk bisa berinvestasi dengan uang saku mereka mulai dari Rp100 ribu. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya