5 Cara Nabung dan Investasi Menguntungkan ala Tokopedia, Gampang!

Senin, 23 Agustus 2021 | 20:00
Dok. Tokopedia

Kini kita bisa nabung emas dan reksa dana mudah di Tokopedia.

CERDASBELANJA.ID – Pandemi Covid-19 mendorong masyarakat untuk lebih cermat dalam mengatur keuangan.

Investasi daring pun semakin menjadi andalan masyarakat. Selama tiga tahun terakhir, jumlah pengguna Tokopedia Reksa dana secara keseluruhan meningkat lebih dari 68x lipat.

Sementara itu, transaksi jual-beli emas lewat Tokopedia Emas bertumbuh hampir 27x lipat selama lebih dari dua tahun ke belakang.

Baca Juga: Produk Terbatas, Catat Kalender Promo WIB Tokopedia Setiap Hari

Head of Investment and Insurance Tokopedia Marissa Dewi mengatakan, hal ini membuat Tokopedia berupaya #SelaluAdaSelaluBisa mempermudah masyarakat.

“Khususnya dalam berinvestasi serta berharap dapat meningkatkan inklusi keuangan dan perekonomian digital di Indonesia,” kata Marissa dalam keterangannya, Minggu (22/8).

Bertepatan dengan Hari Indonesia Menabung, Tokopedia membagikan cara menabung dan berinvestasi bagi generasi milenial.

1. Pilih Investasi Sesuai Kebutuhan

Cara menabung dan berinvestasi yang menguntungkan pertama, adalah selalu pilih investasi sesuai dengan kebutuhan.

Misalnya, masyarakat yang mencari pilihan investasi jangka pendek atau sekitar 1-2 tahun, dapat memanfaatkan fitur Tokopedia Reksa Dana.

Sementara itu, untuk investasi jangka panjang dapat memanfaatkan fitur Tokopedia Emas di aplikasi Tokopedia.

Baca Juga: Kenali Fitur Proteksi Produk Shopee Buat Belanja Online Jadi Makin Aman

2. Pastikan Produk Investasi yang Aman

Cara menabung dan berinvestasi yang menguntungkan kedua, adalah pastikan tempat dan produk investasi sudah terbukti aman.

Sangat penting untuk memilih produk investasi yang telah memperoleh izin, serta menyajikan portofolio laporan investasi secara transparan.

“Tokopedia bekerja sama dengan berbagai mitra strategis terpercaya yang diawasi oleh OJK dalam menawarkan pilihan investasi daring yang aman, mudah, dan terjangkau untuk seluruh masyarakat,” tambah Marissa.

3. Tentukan Tujuan Berinvestasi

Cara menabung dan berinvestasi yang menguntungkan ketiga, adalah tentukan tujuan sebelum mulai berinvestasi.

Generasi milenial dapat merencanakan investasi untuk menikah, liburan atau tujuan lain melalui fitur Dana Impian di Tokopedia Reksa dana.

Fitur Dana Impian di Tokopedia Reksa dana, bisa memudahkan pengguna menabung untuk tujuan tertentu.

Baca Juga: Cara Dapat PC BTS Eksklusif di Tokopedia, Catat Kalender Membernya!

4. Mulai dari Nominal Kecil

Cara menabung dan berinvestasi yang menguntungkan keempat, adalah mulai berinvestasi dari nominal kecil dulu.

Menyisihkan sebagian kecil dari penghasilan, dapat menjadi permulaan yang baik bagi generasi milenial untuk mulai belajar investasi secara bertahap. Di Tokopedia Reksa dana, siapa pun bisa mulai berinvestasi dengan sangat mudah mulai Rp10.000.

Pendaftaran juga dapat dilakukan dengan sangat cepat melalui ponsel. Selain itu, lewat fitur Pembulatan Emas di Tokopedia, masyarakat juga dapat menabung sejumlah emas dengan membulatkan tagihan saat berbelanja.

5. Buat Jadwal Menabung

Cara menabung dan berinvestasi yang menguntungkan kelima, adalah buat jadwal menabung rutin agar hasil semakin maksimal.

“Manfaatkan fitur Langganan di Tokopedia Emas, agar investasi bisa rutin dilakukan sesuai jadwal yang ditentukan, bisa per minggu atau per bulan,” saran Marissa.

Selain itu, di Tokopedia Emas kita juga bisa mulai menabung dengan nominal yang sangat terjangkau, yaitu mulai dari Rp5.000.

Baca Juga: Bukan Halu Untungnya, Mitra Tokopedia Kini Bisa Terima Bayar Pajak

Sementara itu, di Tokopedia Reksa dana, fitur “Langganan” memungkinkan pengguna mencapai target investasi dengan menentukan nominal dan jadwal investasi sesuai kebutuhan.

Nantinya, dana secara otomatis akan disalurkan ke saldo reksa dana dan pengguna dapat mengubah pengaturannya kapan saja.

“Tokopedia akan konsisten berinovasi dengan harapan dapat terus memberikan solusi investasi yang inklusif di Indonesia, sehingga investasi bisa menjadi suatu kebiasaan bagi lebih banyak masyarakat, khususnya generasi milenial,” tutup Marissa. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya