Ulang Tahun ke-12, Tokopedia Bagikan Tren Transaksi Belanja Online

Kamis, 19 Agustus 2021 | 10:00
Dok. Tokopedia

Melewati hari kemerdekaan, Tokopedia bagikan tren transaksi belanja online

CERDASBELANJA.ID – Tokopedia baru saja merayakan ulang tahun ke-12 pada Selasa (17/8), bertepatan dengan HUT Ke-76 RI.

Untuk memeriahkan ulang tahun ke-12, Tokopedia mengadakan Waktu Indonesia Belanja (WIB) TV Show Spesial Traktiran Ulang Tahun, di beberapa stasiun televisi dan kanal video streaming Tokopedia Play.

Acara WIB TV Show ini, disambut masyarakat dengan antusiasme yang sangat luar biasa.

Baca Juga: Promo Cashback Tokopedia, Beli Makanan Lebih Hemat Rp15 Ribu

"Acara ini bahkan sempat menempati peringkat pertama trending topic di Indonesia maupun dunia,” jelas External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya dalam keterangannya, Rabu (18/8).

Selama berlangsung, WIB TV Show Spesial Traktiran Ulang Tahun Tokopedia meraih 1,5 juta views di Tokopedia Play.

Di sisi lain, Tokopedia juga membocorkan beberapa tren transaksi selama seminggu menjelang dan saat puncak 17 Agustus 2021.

1. Bendera Merah Putih Laku Keras

Tren transaksi yang pertama, adalah penjualan bendera merah putih. Kondisi pandemi, ternyata tidak menyurutkan semangat masyarakat dalam merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia walaupun dari rumah.

Hal ini, terbukti dari jumlah transaksi produk bendera merah putih dan dekorasi 17an.

“Masing-masing meningkat lebih dari 2x lipat jika dibandingkan dengan periode yang sama pada 2020,” ungkap Ekhel.

Baca Juga: Cara Dapat PC BTS Eksklusif di Tokopedia, Catat Kalender Membernya!

2. Kaos Bergambar Indonesia Sangat Diminati

Tren transaksi yang kedua, adalah penjualan kaos bergambar. Menurut Ekhel, penjualan kaos dengan desain nasionalis juga meningkat drastis.

Tokopedia mencatat jumlah transaksi kaos bergambar Indonesia melonjak hampir 3x lipat.

3. Lomba Makan Kerupuk di Rumah

Tren transaksi yang ketiga, adalah penjualan kerupuk di Tokopedia yang meningkat.

“Di tengah pandemi, mengadakan lomba 17-an di rumah bersama keluarga tercinta ternyata menjadi alternatif merayakan HUT 76 Indonesia,” tambah Ekhel.

Jumlah transaksi kerupuk di Tokopedia meningkat lebih dari 2,5x lipat, selama seminggu menjelang dan saat puncak 17 Agustus 2021. Data ini, meningkat jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Baca Juga: Promo Cashback Tokopedia, Belanja di Tokopedia NOW Cashback Rp50 Ribu

4. Tumpeng Laris Manis

Tren transaksi yang keempat, adalah penjualan tumpeng. Selain kerupuk, nasi tumpeng juga diburu masyarakat belakangan ini.

Menurut data internal Tokopedia, jumlah transaksi nasi tumpeng meningkat hampir 2x lipat jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

5. Makanan Lokal Jadi Favorit

Tren transaksi yang kelima, adalah minat belanja makanan lokal di Tokopdia.

Semakin banyak masyarakat yang berbelanja produk makanan dan minuman, khususnya melalui Tokopedia Nyam.

“Kami mencatat camilan lokal, seperti pisang goreng madu, bakmi, cokelat serta kacang menjadi beberapa camilan favorit masyarakat selama seminggu menjelang dan saat puncak 17 Agustus 2021,” jelas Ekhel.

Baca Juga: Kampanye Tokopedia WIB Mulai Hari Ini, Kejar Diskon Produk Rp12 RIbu

Ekhel menjelaskan, pihaknya sangat mengapresiasi masyarakat yang sudah berbelanja di toko lokal lewat Tokopedia.

Upaya ini, kata Ekhel, bisa membuat kita bangkit bersama dan memulihkan ekonomi yang terdampak pandemi.

“Mengingat penjual di Tokopedia yang kini berjumlah lebih dari 11 juta merupakan hampir 100%nya UMKM lokal dan penopang signifikan pendapatan negara adalah UMKM lokal,” tutup Ekhel. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya