4 Alasan Pentingnya Punya Dana Darurat ala MAKMUR, Siap Saat Pandemi

Kamis, 12 Agustus 2021 | 22:00
Dok. MAKMUR

Aplikasi MAKMUR

CERDASBELANJA.ID – Pandemi Covid-19 masih belum berakhir dan belum dapat dipastikan kapan akan berakhir.

Ketidakpastian ini, membuat perencanaan keuangan menjadi semakin penting, termasuk untuk mempersiapkan dana darurat.

Sesuai dengan namanya, dana darurat hanya digunakan untuk keperluan penting dalam situasi mendesak.

Baca Juga: 4 Hal yang Boleh dan Tidak Dilakukan Saat Simpan Dana Darurat

Oleh karena itu, sebaiknya dana darurat disimpan di tempat yang berbeda dengan rekening tabungan yang digunakan untuk keperluan sehari-hari.

Founder dan CEO MAKMUR Sander Parawira mengatakan, selagi memiliki penghasilan maka jangan lupa untuk selalu menyisihkan sebagian untuk dana darurat.

Besaran ideal dana darurat yang harus disiapkan, perlu menyesuaikan dengan tanggungan pribadi.

Jika belum punya tanggungan, minimal memiliki dana darurat sebesar 6x penghasilan bulanan.

“Namun jika sudah punya tanggungan, sebaiknya siapkan dana darurat sebesar 12x penghasilan bulanan atau lebih,” ujar Sander dikutip dalam keterangannya, Rabu (11/8).

Sander melanjutkan, ada beberapa hal lain yang membuat dana darurat menjadi penting. Berikut adalah beberapa alasan pentingnya punya dana darurat di tengah pandemi.

Baca Juga: Harus Tahu, Ini Pentingnya Dana Darurat di Saat Pandemi

1. Menjadi Penolong di Saat Sakit

Alasan pertama, jika kita atau keluarga ada yang sakit secara mendadak, maka dana darurat dapat digunakan untuk membantu membayar biaya pengobatan.

Apalagi, mengingat biaya pengobatan yang semakin tinggi tentu dibutuhkan dana yang tidak sedikit.

Jika kita dan keluarga juga tidak memiliki jaminan kesehatan tambahan, tentunya satu-satunya hal yang bisa dimanfaatkan adalah dana darurat.

2. Menjadi Penolong Saat Kehilangan Pekerjaan

Alasan kedua, adalah bisa jadi penolong saat kita kehilangan pekerjaan sebagai dampak pandemi Covid-19.

Tentunya, kita perlu harus menyiapkan diri untuk menghadapi situasi yang tidak dapat diantisipasi seperti itu.

Jika punya dana darurat, maka uang tersebut dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup, sembari mencari sumber penghasilan baru jika kita sampai terkena PHK.

Baca Juga: Jangan Bingung, Ini Cara Kumpulkan Dana Darurat dalam Waktu Singkat

3. Menghindari Utang atau Pinjaman Online

Alasan ketiga, adalah bisa menghindarkan kita dari pinjaman online berbunga besar. Tidak hanya itu, dana darurat juga dapat digunakan saat ada pengeluaran tidak terduga yang cukup besar.

Misalnya, seperti memperbaiki kendaraan yang rusak atau membeli pengganti HP yang rusak. Jangan sampai kita terpaksa berutang atau mengambil pinjaman online dengan bunga tinggi.

Jika memiliki dana darurat, maka kita bisa menutupi pengeluaran tidak terduga tersebut tanpa harus berutang.

4. Merasa Aman di Tengah Musibah

Alasan keempat, bisa menimbulkan perasaan aman di tengah musibah. Perasaan aman, merupakan perasaan yang tidak ternilai harganya untuk dimiliki saat ada musibah.

Melalui kepemilikan dana darurat, kita bisa fokus untuk mengurus dan menyelesaikan masalah tanpa perlu khawatir dengan masalah finansial.

Untuk menambah keuntungan, kita bisa menyimpan dana darurat dalam bentuk investasi agar nilainya tidak tergerus inflasi.

Baca Juga: Siapkan Dana Darurat, Idealnya Berapa Rupiah yang Harus Disimpan?

Meski demikian, kita perlu hati-hati dalam memilih instrumen investasi yang tepat. Dana darurat, sebaiknya disimpan pada instrumen yang mudah dicairkan, aman, dan tentunya berisiko rendah, seperti Reksa dana Pasar Uang (RDPU)

Adapun salah satu platform RDPU yang bisa dicoba, adalah MAKMUR. Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang telah memiliki izin Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ini, menawarkan kemudahan dan kenyamanan dalam membeli reksa dana.

Melalui aplikasi MAKMUR, proses pembukaan rekening sangat mudah dan cepat. Pasalnya, kita dibantu dengan teknologi OCR (Optical Character Recognition) dan Face Recognition.

Teknologi ini, memungkinkan calon nasabah untuk menyelesaikan proses pembukaan rekening hanya dalam waktu 5 menit saja.

Modal yang dibutuhkan untuk membeli reksa dana pun hanya Rp10.000. Untuk memudahkan proses pembayaran, MAKMUR juga bekerja sama dengan Shopeepay.

“Di bulan kemerdekaan ini, MAKMUR bekerja sama dengan Shopeepay untuk menyediakan voucher cashback hingga 100% untuk pembelian reksa dana di aplikasi MAKMUR,” tutup Sander.

Baca Juga: Catat, Ini 3 Rekomendasi Instrumen untuk Menyimpan Dana Darurat

Promo cashback Shopeepay ini, bisa didapatkan selama periode kampanye Shopeepay 17.8 Semangat UMKM Lokal pada tanggal 9 - 17 Agustus 2021.

Untuk mendapatkan promo cashback Shopeepay, gunakan fitur Deals Sekitarmu di aplikasi Shopee dan gunakan Shopeepay sebagai metode pembayaran. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya