3 Strategi Bersaing dengan Penjual Lain di Tokopedia, Pasti Manjur!

Selasa, 13 Juli 2021 | 21:00
seller.tokopedia.com

Gunakan strategi bersaing dengan penjual lain, untuk meningkatkan penjualan.

CERDASBELANJA.ID – Jika kita punya toko online di Tokopedia, tentu kita tidak asing lagi dengan persaingan bisnis toko online.

Di Tokopedia, hampir semua penjual adalah pemilik UMKM lokal yang tersebar di berbagai wilayah.

Untuk memastikan bisnis tetap berjalan dan terus berkembang, maka kita harus bersaing dengan penjual lain di Tokopedia.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Toko Olahan Cokelat di Tokopedia, Produksi UMKM!

Untuk bisa bersaing dengan penjual teratas di Tokopedia, kita butuh strategi bersaing yang tepat.

Pasalnya, jika salah langkah pasti akan merugikan toko online kita sendiri. Demi membantu kita, Tokopedia membagikan strategi bersaing dengan penjual lain.

Mengutip dari Tokopedia, berikut adalah sejumlah strategi bersaing dengan penjual lain di Tokopedia.

1. Perbanyak Variasi dengan Produk yang Sedang Laris

Strategi bersaing dengan penjual lain yang pertama, adalah perbanyak variasi produk dengan barang lain yang sedang laris. Kita bisa memantau produk apa yang sedang diminati pembeli dalam fitur Wawasan Pasar.

Kemudian, kita bisa mencoba untuk menjual produk tersebut di toko kita. Sejalan dengan tren pasar yang selalu berubah, pastikan kita selalu up-to-date dengan menggunakan fitur Wawasan Pasar. Selain memperbanyak variasi produk di kategori produk saat ini, jangan takut untuk menjual jenis produk yang berbeda dari produk yang kita jual saat ini.

Sebagai contoh, jika kita berjualan produk pakaian maka tidak ada salahnya untuk mencoba menjual aksesori ponsel dan elektronik. Sebagai bocoran, kategori elektronik dan aksesorinya merupakan salah satu kategori yang banyak dicari pembeli Tokopedia.

Baca Juga: Ikut Festival Foodpreneur Tokopedia Nyam, Dapat Hadiah Puluhan Juta

2. Kenali Toko Lebih Dalam

Strategi bersaing dengan penjual lain yang kedua, adalah mengenali toko dengan lebih dalam. Kita perlu memperhatikan setiap detail di toko online kita.

Mulai dari berapa banyak pembeli yang mengunjungi toko tapi tidak jadi berbelanja? Apakah foto produk kurang jelas? Atau mungkin penjualan cukup tinggi, tapi pendapatan rendah? Kita bisa memantau seluruh data penjualan untuk menyusun strategi berikutnya, dengan menggunakan fitur Statistik.

Fitur Statistik bukan sekadar memberikan data penjualan. Melalui data tersebut, kita bisa mengolahnya menjadi strategi penjualan khusus untuk toko online kita.

3. Jangkau Pembelimu

Strategi bersaing dengan penjual lain yang ketiga, adalah jangkau seluruh pembeli potensial.

Sebelum pembeli mengunjungi toko online kita, maka kita bisa menjangkau mereka terlebih dahulu. Berikan promo khusus dari toko kita dan sebarkan ke calon pembeli.

Baca Juga: 5 Cara Gaet Pelanggan ke Toko Online ala Tokopedia, Pasti Laris!

Kita bisa menyebarkan promo tersebut melalui sosial media seperti Twitter, Facebook, Instagram dan sebagainya.

Jangan lupa untuk tawarkan promo toko, kepada calon pembeli yang sempat bertanya melalui Chat tetapi belum membeli produk. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya