5 Cara Gaet Pelanggan ke Toko Online ala Tokopedia, Pasti Laris!

Sabtu, 10 Juli 2021 | 21:00
E+

Selamatkan bisnis di tengah pandemi.

CERDASBELANJA.ID – Jika kita baru membuka toko online baru, tentu akan kebingungan bagaimana cara gaet pelanggan ke toko online kita.

Apalagi di tengah pandemi ini, menemukan pelanggan baru tentunya punya tantangan tersendiri.

Untuk membantu kita, berikut Tokopedia membagikan beberapa cara gaet pelanggan ke toko online kita.

Baca Juga: Hari Cokelat Sedunia, Tokopedia Ungkap Tren Penjualan Naik 3x Lipat

1. Kenali Target Pembeli

Cara gaet pelanggan ke toko online kita yang pertama, adalah mengenali target pembeli lebih dalam.

Mendapatkan pembeli baru akan lebih mudah, jika kita tahu target pasar yang tepat untuk produk yang kita jual. Misalnya, jika kita berjualan jersey atau baju bola, maka kemungkinan target pasar terbesar kita adalah pria dengan segmentasi usianya remaja hingga dewasa.

Jika sudah mengetahui target pasar, maka kita dapat memfokuskan upaya promosi dan branding dengan efektif dan efisien.

2. Manfaatkan Media Sosial

Cara gaet pelanggan ke toko online kita yang kedua, adalah memanfaatkan media sosial dengan maksimal.

Kenalkan produk yang kita jualan di Tokopedia, beserta kelebihannya melalui media sosial. Ada banyak media sosial yang bisa digunakan, seperti Instagram, Facebook, WhatsApp, Twitter ataupun media sosial lainnya.

Tentunya, pengenalan produk ini harus sesuai dengan keberadaan calon pembeli yang paling potensial ya.

Baca Juga: Siap Bersaing, Ini 3 Skill Penting bagi Talenta Digital ala Tokopedia

3. Berikan Promo Spesial

Cara gaet pelanggan ke toko online kita yang ketiga, adalah memberikan promo spesial kepada pelanggan baru.

Siapa yang tidak suka dengan promo? Ada beragam tipe-tipe promo yang bisa kita gunakan sesuai kemampuan dan kebutuhan toko kita. Jika kita baru pertama berjualan, maka kita bisa melakukan promo ke orang-orang terdekat.

Kemudian, agar produk kita bisa dibeli lagi oleh pelanggan, kita juga bisa mengirimkan kartu nama, catatan terima kasih, ataupun memberikan bonus lain seperti suvenir gantungan kunci.

4. Berikan Nama, Foto, dan Deskripsi Produk dengan Jelas

Cara gaet pelanggan ke toko online kita yang keempat, adalah jelaskan informasi produk secara terperinci. Kejelasan informasi adalah hal paling penting untuk pembeli melanjutkan transaksi di toko kita.

Kita bisa menyertakan foto terbaik dan lengkapi deskripsinya secara terperinci. Kita juga dapat menyertakan kebijakan lainnya, apabila terjadi sesuatu di kemudian hari. Selain itu kita bisa membuat nama toko yang baik, sehingga lebih mudah dimengerti oleh calon pembeli. Cantumkan nama barang, merek, tipe, serta keunggulan produk kita.

Mencantumkan identitas yang benar, juga akan membuat calon pembeli merasa lebih aman berbelanja di toko kita. Jika kita memiliki toko fisik, kita dapat mencantumkan alamat toko fisik tersebut sebagai informasi yang dapat membuat pembeli lebih yakin untuk berbelanja di toko kita.

Baca Juga: Buka Peluang Baru, Ini 4 Keuntungan Jualan Online di Tokopedia

5. Respons Pesanan dengan Cepat

Cara gaet pelanggan ke toko online kita yang kelima, adalah merespons pesanan pembeli dengan cepat. Hal ini, bisa membangun kepercayaan calon pembeli.

Untuk itu, kita perlu memberikan pelayanan prima, dimulai dengan membalas chat, atau diskusi secara cepat dan menggunakan bahasa yang baik. Jangan lupa untuk segera memproses dan mengirim pesanan, sesuai dengan jasa pengiriman yang diminta oleh pembeli. Mereka juga akan senang apabila packing barang rapi dan aman.

Jangan sampai calon pembeli kabur karena kita lama membalas chat, diskusi, atau memproses pesanan mereka. Jadi, tingkatkan terus pelayanan agar semakin banyak pelanggan yang berbelanja di toko kita. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya