CERDASBELANJA.ID – Belakangan ini, industri minuman kekinian di Indonesia terkenal dengan menawarkan jenis minuman berbahan dasar kopi atau teh.
Menolak mengikuti arus, Dhony Pratama (27 tahun) memutuskan mengembangkan minuman kekinian berbahan susu pasteurisasi dengan brand Susu Mbok Darmi.
Berawal hanya dari satu gerai di kantin kampus, kini susu Mbok Darmi berkembang pesat menjadi 36 gerai dan punya total 130 karyawan.
Baca Juga: Intip Bisnis Kuliner Baru Gisel Kolaborasi Bareng Wijin, Ada Giveaway!
CEO & Founder Susu Mbok Darmi, Dhony Pratama, membagikan kisah suksesnya dalam membangun bisnis susu kekinian ini.
Sebelum viral, kisah sukses Susu Mbok Darmi berawal dari ide sederhana Dhony untuk menambah uang jajan saat kuliah.
Dhony yang kala itu berstatus sebagai mahasiswa Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor (IPB), melihat peluang bisnis susu dari ilmu peternakan yang dipelajarinya.
“Saat pertama memulai, saya ingin produk yang kami tawarkan bisa menjangkau pasar dengan cepat. Oleh karena itu, kami memilih pasar yang sudah jadi, seperti kantin kampus di mana target pasarnya sudah terbentuk, yaitu mahasiswa,” kata Dhony dikutip dalam keterangannya, Senin (5/7).
Saat banyak merek memilih nama kebarat-baratan, Dhony memilih jalan berbeda dengan pilih lokal aja. Ia memilih nama “Mbok Darmi” sebagai mereknya.
Nama tersebut, dipilih karena terdengar sederhana dan khas dengan Indonesia. Tidak berhenti di situ, Susu Mbok Darmi juga tampil dengan slogan yang nyeleneh.
Baca Juga: Nagita Slavina Hasilkan Omzet Rp10 M, Ini Bisnis yang Dilakukan
Kombinasi dua hal tersebut, berkontribusi pada pesatnya kenaikan popularitas Susu Mbok Darmi di awal kemunculannya.
Kemudian pada awal kemunculannya, layanan pembayaran digital belum sepopuler sekarang.
Namun, seiring meningginya adopsi layanan digital oleh masyarakat Indonesia, Susu Mbok Darmi juga melakukan digitalisasi bisnis.
Sejak Januari 2020, Susu Mbok Darmi pun bisa dibeli menggunakan layanan pembayaran digital Shopeepay.
Melalui segi marketing, Susu Mbok Darmi secara jeli memanfaatkan kampanye tanggal cantik dari pembayaran digital Shopeepay.
“Penjualan kami bisa meroket hingga 36% saat mengikuti kampanye tanggal cantik dari Shopeepay,” ungkap Dhony.
Baca Juga: Intip 7 Rahasia Bisnis Ayam Keprabon, Dulang Sukses Secara Perlahan
Pasalnya, konsumen yang umumnya membeli satu minuman jadi membeli lebih banyak, berkat promo tanggal cantik yang diberikan ShopeePay dan juga paket bundling yang ditawarkan.
Kemudian, saat nama Susu Mbok Darmi sudah banyak dikenal, maka tugas selanjutnya adalah bagaimana mempertahankan kualitas produk dan pelayanan prima.
Untuk itu, kualitas Susu Mbok Darmi dijaga ketat dengan quality control berlapis yang dilakukan setiap harinya.
Dhony juga memperlakukan karyawannya seperti keluarga, sehingga mereka pun bisa berlaku ramah terhadap konsumen.
Untuk mengembangkan bisnis, bulan Juli 2021 ini Susu Mbok Darmi kembali berpartisipasi pada kampanye tanggal cantik Shopeepay 7.7 Juli Cashback Meriah.
Baca Juga: Nycta Gina Punya Bisnis Muslim Wear, Yuk Intip Produk Serta Harganya
Pada kampanye tersebut, produk Susu Mbok Darmi dan ratusan merchant lainnya bisa didapatkan dengan lebih hemat berkat adanya beragam promo.
Misalnya seperti Voucher Cashback 100% seharga Rp100 dan Flash Sale Rp7. Pada promo puncak yang berlangsung 7 Juli, Voucher Cashback bahkan dapat dibeli hanya dengan Rp1. (*)