5 Peluang Usaha Sampingan ala Tokopedia, Cocok untuk Mahasiswa

Senin, 05 Juli 2021 | 20:30
DOK. iStock

Tokopedia membagikan sejumlah peluang bisnis sampingan dengan modal minim.

CERDASBELANJA.ID – Pada masa pandemi ini, kita harus pintar mencari peluang untuk mendapatkan usaha sampingan.

Di era digital ini, menemukan usaha sampingan akan sedikit mudah. Apalagi, kita bisa dibantu dengan berbagai teknologi yang tersedia.

Usaha sampingan ini bisa dilakukan siapa saja, bahkan mahasiswa sekalipun. Apalagi, jika sudah memiliki keterampilan dasar di usaha sampingan tersebut.

Baca Juga: PPKM Darurat, Tokopedia Perpanjang Batas Waktu Konfirmasi Pengiriman

Ada banyak peluang usaha sampingan yang bisa ditekuni. Peluang usaha sampingan ini pun bisa dikerjakan malam hari setelah aktivitas utama kita selesai.

Jangan khawatir, peluang usaha sampingan ini tidak membutuhkan modal yang terlalu besar.

Mengutip dari Tokopedia, berikut adalah sejumlah peluang usaha sampingan ala Tokopedia yang bisa kita coba.

1. Youtuber

Peluang usaha sampingan yang pertama, adalah sebagai Youtuber. Profesi sebagai Youtuber sekarang sedang banyak digandrungi para generasi milenial, bisnis ini pun sangat menjanjikan.

Konten video sendiri terus bertumbuh dari tahun ke tahun. Jika kita memang suka membuat konten video, maka peluang bisnis ini cocok kita coba.

Jika ditekuni dan banyak yang mendukung, kita bisa mendapatkan omzet sampai jutaan rupiah. Sudah banyak Youtuber berpenghasilan tinggi, bahkan di usia yang tergolong masih sangat muda.

Baca Juga: 6 Cara Bangun Bisnis Online ala Tokopedia, Harus Banyak Bersiap

2. Bisnis Online Artwork

Peluang usaha sampingan yang kedua, adalah bisnis online artwork. Menjual artwork secara online, bisa dibilang masih minim kompetitor.

Meski sudah cukup banyak orang yang melakukan peluang bisnis tersebut, tetapi kita masih bisa mencari celah tertentu. Kita bisa mencoba menjual karya seni yang unik, atau punya ciri khas tertentu.

Beberapa pekerjaan seni seperti lukisan, ataupun sketsa bisa menjadi produk bagi pebisnis online. Karya-karya menarik bisa kita jual luas di internet, tidak hanya secara nasional bahkan bisa sampai internasional.

3. Bisnis Copywriter

Peluang usaha sampingan yang ketiga, adalah jasa copywriter. Copywriter memiliki peran penting untuk penjualan karena berperan untuk mengajak dan mempengaruhi seseorang membeli produk tersebut.

Seorang copywriter, bisa menuliskan teks iklan dengan bahasa menarik serta tersegmentasi dan tepat sasaran. Dengan demikian, kita bisa berpeluang meningkatkan brand awareness dan penjualan produk.

Kita bisa menawarkan jasa copywriter di berbagai platform online. Jika terlalu sulit, kita bisa mempromosikannya dulu melalui media sosial.

Baca Juga: 3 Cara Membuat Deskripsi Produk Jualan di Tokopedia, Dijamin Memikat!

4. Bisnis Translator

Peluang usaha sampingan yang keempat, adalah bisnis translator. Translator atau penerjemah bisa menjadi peluang bisnis sampingan.

Jika, kita memiliki kemampuan dalam berbahasa, maka kita bisa mencoba bisnis translator ini. Jangan lupa sertakan portofolio, serta sertifikat bahasa yang masih berlaku untuk meyakinkan calon pelanggan.

Banyak perusahaan serta lembaga membutuhkan penerjemah untuk kebutuhan perusahaan. Di sinilah, penerjemah sangat dibutuhkan dan kita bisa memasarkan jasa lewat online.

5. Bisnis Desain Grafis

Peluang usaha sampingan yang kelima, adalah jasa desain grafis. Untuk mengembangkan bisnis dan programnya, perusahaan, lembaga, ataupun instansi memerlukan tenaga desain grafis.

Baca Juga: 5 Cara Jalin Komunikasi dengan Pembeli ala Tokopedia, Khusus Seller

Dengan demikian, hal ini bisa menjadi peluang bisnis yang bagus untuk kita. Jangan lupa untuk memamerkan hasil karya secara berkala, agar bisa dilirik oleh klien yang membutuhkan.

Tentunya, kita butuh penghubung untuk menghubungkan dengan klien. Untuk itu, kita bisa memasarkan jasa secara online lewat situs web atau media sosial. (*)

Editor : Yunus

Sumber : Tokopedia

Baca Lainnya