6 Cara Promosi Budget Minim ala Tokopedia, Khusus Pebisnis Online

Senin, 05 Juli 2021 | 15:30
seller.tokopedia.com

Tokopedia membagikan cara promosi dengan budget minim.

CERDASBELANJA.ID – Salah satu cara jitu untuk menarik pembeli ke toko online kita, adalah dengan melakukan promosi.

Namun, untuk melakukan promosi terkadang diperlukan biaya yang bervariasi, bahkan tidak jarang membutuhkan biaya yang sangat besar.

Secara umum, semakin banyak biaya promosi, maka hasilnya juga akan semakin baik.

Baca Juga: Tingkatkan Imunitas, Tokopedia Bagikan Tips MPASI Perdana untuk Anak

Meski demikian, ada beberapa cara promosi dengan budget minim yang juga cukup ampuh untuk meningkatkan penjualan toko online kita.

Walaupun promosi ini hanya perlu budget minim, tetapi hal ini juga bisa ampuh untuk meningkatkan penjualan.

Mengutip dari Tokopedia, berikut adalah berbagai cara promosi budget minim ala Tokopedia yang bisa kita terapkan untuk dongkrak penjualan toko online.

1. Maksimalkan Media Sosial

Cara promosi budget minim yang pertama, adalah memaksimalkan media sosial. Kini, media sosial sudah menjadi bagian dari keseharian masyarakat. Memanfaatkan media sosial sebagai platform promosi produk, adalah salah satu cara promosi murah yang paling mudah.

Kita bisa mempromosikan produk secara langsung, atau membagikan ulasan mengenai produk dan juga pendapat dari konsumen. Hal ini, akan mempermudah konsumen lain dalam menemukan produk hingga berbelanja di toko online milik kita.

Jika diperlukan, mintalah sahabat dan teman terdekat kita untuk mempromosikan produk toko online kita melalui media sosial yang mereka miliki.

Baca Juga: 6 Cara Bangun Bisnis Online ala Tokopedia, Harus Banyak Bersiap

2. Berikan Sampel

Cara promosi budget minim yang kedua, adalah membagikan sampel produk kita secara gratis. Untuk toko online dengan produk tertentu, membagikan sampel bisa dilakukan sebagai bentuk promosi budget minim yang efektif.

Kita bisa memberikan contoh produk secara acak kepada beberapa orang untuk mencobanya. Kepuasan terhadap produk, juga bisa menjadikan mereka berpotensi menjadi konsumen kita. Pilihlah orang-orang yang cukup aktif di media sosial, sehingga kita mungkin bisa mendapatkan promosi gratis dari produk sampel yang dibagikan.

Selain itu, kita juga bisa meminta pendapat sekaligus mengumpulkan kritik dan saran untuk mengembangkan produk yang kita miliki.

3. Buat Promosi Produk yang Unik dan Kreatif

Cara promosi budget minim yang ketiga, adalah membuat promosi produk yang unik dan kreatif, agar bisa memberikan daya tarik lebih dari produk yang kita miliki.

Salah satu cara yang bisa dilakukan, adalah dengan memanfaatkan promosi-promosi kreatif seperti beli 1 gratis 1. Kita juga bisa memberikan harga khusus, hingga memanfaatkan fitur promo cashback pada Tokopedia untuk pembelian paket produk khusus.

Untuk cara promosi murah satu ini, kita bisa berkreasi se-kreatif mungkin untuk membuat produk-produk yang dipasarkan memiliki keunikan dan menonjol di pasaran.

Baca Juga: 3 Cara Membuat Deskripsi Produk Jualan di Tokopedia, Dijamin Memikat!

4. Manfaatkan Platform Blog

Cara promosi budget minim yang keempat, adalah memanfaatkan blog. Meski blogging bukanlah aktivitas baru, tetapi belum banyak toko online yang memanfaatkan blog sebagai media promosi.

Padahal, blog bisa menjadi salah satu strategi promosi minim budget yang cukup jitu. Ada banyak sekali pilihan platform blogging yang gratis dan mudah digunakan. Melalui penggunaan blog, kita bisa menjelaskan lebih dalam mengenai produk hingga membagikan konten kreatif lain. Misalnya seperti tutorial penggunaan produk, ataupun tips dan trik dalam menggunakan produk.

Konten-konten kreatif pada blog kita tidak hanya menambah tingkat kepercayaan konsumen akan produk, tetapi juga bisa menambah saluran promosi kita. Selain blog pribadi, kita juga bisa menulis konten di forum-forum gratis, khususnya forum komunitas yang memiliki relasi dengan produk yang Anda jual. Jangan lupa, selalu berikan sisipkan tautan dari tulisan ke produk yang kita jual di Tokopedia.

5. Fitur TopAds Tokopedia

Cara promosi budget minim yang kelima, adalah memanfaatkan fitur TopAds di Tokopedia.

Selain mudah dan praktis, salah satu keuntungan lain dari berjualan online di Tokopedia adalah tersedianya fitur promosi murah biaya, yaitu TopAds.

Melalui fitur TopAds, kita bisa memastikan berbagai produk yang ada di toko online milik kita mampu menjadi yang teratas dalam pencarian. Dengan demikian, jangkauan pasar kita bisa menjadi lebih luas.

Baca Juga: 5 Cara Jalin Komunikasi dengan Pembeli ala Tokopedia, Khusus Seller

6. Fitur Feed Tokopedia

Cara promosi budget minim yang keenam, adalah menggunakan fitur feed di Tokopedia.

Aplikasi Tokopedia sendiri kini telah dilengkapi fitur Feed, untuk mempermudah pembeli mendapatkan informasi terbaru dari akun dan juga toko yang mereka favoritkan. Fitur ini juga bisa kita manfaatkan sebagai salah satu media promosi tanpa biaya tambahan.

Jika kita sudah mengajak pembeli untuk menjadikan toko kita sebagai toko favorit, maka kita bisa berbagi update seputar produk dan lainnya. Setelah berhasil meningkatkan jumlah pembeli yang memfavoritkan toko, jangan lupa untuk selalu update produk yang kita miliki. (*)

Editor : Yunus

Sumber : Tokopedia

Baca Lainnya