4 Cara Hidup Hemat di Tengah Pandemi, Dijamin Bisa Menabung!

Senin, 28 Juni 2021 | 15:00
iStockphoto

Ilustrasi hemat uang.

CERDASBELANJA.ID – Di tengah kondisi pandemi yang semakin memanas ini, kita perlu banyak menabung.

Apalagi, untuk menghadapi berbagai hal tidak terduga. Untuk memudahkan, ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk bisa hidup hemat di tengah pandemi.

Cara hidup hemat di tengah pandemi ini, bisa kita terapkan sehari-hari untuk menekan pengeluaran bulanan dan jadi lebih hemat.

Baca Juga: Dijamin Tanpa Antre! Ini Cara Mudah Beli Tiket Bioskop Pakai M-Tix

Jika pengeluaran kita berkurang, maka kita bisa menabung dengan lebih banyak dan bersiap untuk hal tidak terduga.

Namun perlu diingat, cara hidup hemat di tengah pandemi dan tips menabung ini juga perlu dibarengi dengan konsistensi dan ketekunan.

Secara terperinci, berikut adalah sejumlah cara hidup hemat di tengah pandemi yang bisa diterapkan.

1. Hidup Ramah Lingkungan

Cara hidup hemat di tengah pandemi yang pertama, adalah menerapkan gaya hidup ramah lingkungan dan minimalis.

Gaya hidup ramah lingkungan ini, bisa dimulai dengan cara menghemat pemakaian air, listrik, bahan bakar dan sebagainya. sementara gaya hidup minimalis, akan membantu kita untuk berhemat dan menghindari belanja barang yang tidak dibutuhkan.

Dengan demikian, kita bisa jadi lebih hemat karena pengeluaran berkurang drastis dan tagihan rutin juga bisa ditekan. Ini akan membantu kita dalam menghemat dan menabung uang.

Baca Juga: Cara Bayar Investasi Reksa Dana Online Bareksa Pakai LinkAja, Mudah!

2. Memasak Sendiri di Rumah

Cara hidup hemat di tengah pandemi yang kedua, adalah memasak sendiri lauk di rumah dan kurangi beli makanan secara online.

Jika tidak punya banyak waktu belanja, kita bisa membeli bahan makanan dari platform online. Untuk mempermudah, kita bisa belanja banyak untuk dijadikan stok selama beberapa hari atau minggu ke depan.

Selain bisa menghemat, memasak sendiri di rumah memungkinkan kita untuk bisa bebas berinovasi dalam menyajikan makanan enak di rumah.

3. Hindari Berutang

Cara hidup hemat di tengah pandemi yang ketiga, adalah hindari berutang. Baik menggunakan kartu kredit, paylater, ataupun berutang langsung kepada orang lain.

Jika kita menggunakan layanan tersebut, secara tidak sadar kita akan menjadi lebih konsumtif dalam berbelanja. Untuk itu, saat berbelanja usahakan gunakan uang cash, atau menggunakan debit atau dompet digital.

Selain lebih hemat, kita juga bisa mendapat keuntungan apabila layanan tersebut sedang memberikan diskon khusus. Apa pun metode pembayarannya, usahakan untuk menghindari belanja dengan berutang.

Baca Juga: 4 Faktor Pentingnya Nabung Dana Pendidikan Anak, Simpan di OVO Invest

4. Bijak Saat Belanja

Cara hidup hemat di tengah pandemi yang keempat, adalah bijak dalam berbelanja kebutuhan bulanan. Untuk mempermudah, kita bisa menulis daftar belanja agar lebih teratur.

Kemudian, usahakan untuk memanfaatkan berbagai penawaran seperti promo atau diskon spesial, kita juga bisa menggunakan kupon voucher jika tersedia. Pilihlah barang dengan harga termurah untuk dibeli.

Selain itu, pastikan untuk mematuhi daftar belanja agar tidak melebihi budget yang sudah ditentukan. Pastikan juga hanya membeli barang dengan prioritas utama, jangan sampai termakan iklan dan berubah menjadi kalap. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya