4 Cara Agar Transaksi Bisnis Online Aman ala DANA, Wajib Tahu

Senin, 21 Juni 2021 | 22:00
Dok. DANA

DANA membagikan tips transaksi online agar bisa terhindari dari penipuan.

CERDASBELANJA.ID – Belakangan ini, kita perlu lebih berhati-hati dalam melakukan transaksi bisnis online.

Pasalnya, transaksi bisnis online sangat rentan terhadap tindak kejahatan. Untuk itu, sangat penting untuk memastikan transaksi bisnis online tetap aman.

Ada banyak tips agar transaksi bisnis online aman, kita bisa memanfaatkan beragam tips tersebut agar terhindar dari tindak kejahatan.

Baca Juga: Tips Cerdas Transaksi Pakai Aplikasi BRImo, Dijamin Aman dan Seru

Namun, jangan lupa juga untuk selalu menjaga kerahasiaan informasi finansial yang dimiliki. Jangan bagikan informasi mendetail ke orang asing, ataupun teman.

Perlu diingat, semakin berkembangnya teknologi maka akan semakin berkembang pula berbagai cara orang untuk menipu sebagai pembeli.

Untuk membantu kita, DANA membagikan sejumlah tips agar transaksi bisnis online aman, berikut adalah perinciannya.

1. Hati-Hati Saat Bertransaksi

Tips agar transaksi bisnis online aman yang pertama, adalah selalu berhati-hati saat melakukan transaksi.

Jika ada pelanggan yang meminta foto atau nomor kartu bank dengan alasan mempermudah proses transaksi, langsung hindari transaksi tersebut. Jangan pernah memberikan informasi tersebut, karena ini bisa berujung penipuan yang sering dilakukan pembeli fiktif.

Untuk bisa terus aman saat berjualan, pastikan jangan pernah memberi data pribadi, nomor kartu debit/kredit, CVV, PIN, serta OTP (kode transaksi) kepada siapa pun ya.

Baca Juga: Promo Cashback M-tix, Top up Saldo di Tokopedia Jadi Lebih Murah

2. Double Check Bukti Pembayaran

Tips agar transaksi bisnis online aman yang kedua, adalah selalu periksa berulang bukti pembayaran dari pelanggan. Sebelum bukti pembayaran kita terima, ada baiknya jangan pernah mengirimkan produk dulu kepada pelanggan.

Jika pelanggan mengaku sudah bayar dan mengirimkan bukti transfer pun, akan lebih baik juga jika kita mengecek bukti transfer tersebut, karena pemalsuan bukti transfer sudah sering terjadi.

Jika memungkinkan, gunakan sistem pembayaran online yang bisa mencatat dengan rapi dan jelas pemasukan dan pengeluaran transaksi bisnis kita. Dengan demikian, dijamin kita bisa terhindar dari penipuan.

3. Gunakan Transaksi Digital

Tips agar transaksi bisnis online aman yang ketiga, adalah gunakan transaksi digital. Jika kita punya toko fisik, kita bisa menyarankan pada pelanggan untuk membayar secara digital.

Apalagi, saat ini banyak kasus orang yang bertransaksi dengan menggunakan uang palsu. Untuk menghindarinya, kita bisa mengajak pelanggan untuk membayar dengan dompet digital, misalnya seperti DANA.

Tidak hanya terhindar dari penipuan, bertransaksi dengan dompet digital juga bisa membuat proses pembayaran pelanggan jadi lebih cepat dan aman.

Baca Juga: Gandeng Bank Mandiri, Kini Top Up Saldo OVO Bisa Dilakukan Offline

4. Daftarkan Usaha ke Platform Bisnis

Tips agar transaksi bisnis online aman yang keempat, adalah mendaftarkan usaha ke platform bisnis. Melalui banyaknya platform bisnis yang ada, kita harus pintar memilih yang tepat demi kelancaran dan keamanan usaha.

Pasalnya, jika salah pilih maka proses transaksi dan perkembangan bisnis bisa jadi tersendat. Salah satu opsi untuk mendaftarkan usaha kita, adalah ke DANA Bisnis atau DANA Enterprise.

Ada banyak fitur canggih yang dimiliki masing-masing platform bisnis ini, sehingga menjamin kita bisa bertransaksi dengan lancar. Selain itu, DANA Bisnis dan DANA Enterprise juga aman. Hal ini, terbukti dengan adanya sertifikasi ISO 27001:2013, atau sertifikasi yang menjamin keamanan data informasi mitra DANA Bisnis dan pelanggan. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya