Banyak Manfaat, Layanan Mitra Tokopedia Bantu UMKM di Tengah Pandemi

Kamis, 03 Juni 2021 | 17:00
Dok. Tokopedia

Salah satu UMKM yang merasakan manfaat layanan Mitra Tokopedia

CERDASBELANJA.ID – Pada kondisi pandemi ini, kita bisa memanfaatkan banyak layanan untuk memulai usaha digital, salah satunya melalui layanan Mitra Tokopedia.

Mitra Tokopedia adalah aplikasi untuk semua orang agar bisa berjualan produk digital Tokopedia.

Misalnya seperti paket data, token listrik, BPJS, voucher game dan lain sebagainya. Selain itu, kita juga bisa belanja grosir untuk mengembangkan usaha warung kita.

Baca Juga: 5 Cara Mendapatkan Modal Usaha ala Tokopedia, Bisa Kembangkan Bisnis

Pada saat ini, banyak pelaku bisnis yang sudah beralih untuk bertransaksi secara online. Hal ini, dapat menjadi peluang besar bagi kita untuk menjadi bagian dari Mitra Tokopedia.

Pasalnya, kita bisa memberi pelayanan lebih untuk konsumen offline kita, dengan mendapatkan stok barang grosir dan produk digital yang lebih murah lewat Tokopedia.

Secara singkat, Mitra Tokopedia mendorong para pengusaha UMKM untuk menjual produk digital serta grosir secara offline lewat konter pulsa, warung, serta jenis toko lainnya, dengan membelinya secara online di Tokopedia.

Layanan Mitra Tokopedia telah membantu jutaan pegiat usaha tradisional, seperti pemilik warung, toko kelontong dan usaha sejenis lainnya.

Salah satu pegiat usaha yang merasakan manfaatnya, adalah Verra Febrina (30). Ibu rumah tangga asal Malang ini, bergabung menjadi penjual di Mitra Tokopedia pada Mei 2020 setelah mengalami PHK akibat pandemi.

Verra mengatakan, setelah kehilangan pekerjaan, ia mulai mencari peluang usaha demi membantu keuangan keluarga.

Baca Juga: Tokopedia Dorong Digitalisasi UMKM Home and Living Hadapi Pandemi

“Saya bergabung dengan Mitra Tokopedia dan berjualan berbagai produk grosir seperti sembako, camilan ringan, serta berbagai produk digital seperti pulsa dan token listrik,” ujar Verra dikutip dalam keterangan OVO, Kamis (3/6).

Beragam fitur pun dimanfaatkan demi meningkatkan penjualan. Salah satunya fitur terbaru di Mitra Tokopedia, yaitu Catatan Hutang.

“Fitur ini membantu saya dalam melakukan pembukuan pengeluaran, pemasukan, serta piutang secara digital, sehingga lebih mudah dan praktis,” tambah Vera.

Selain itu, Verra juga turut merasakan berbagai manfaat yang dihadirkan oleh Mitra Tokopedia.

Mulai dari harga produk lebih terjangkau, promo berkala, gratis ongkir, layanan same-day delivery dan banyaknya pilihan pembayaran.

“Berbagai fitur dan kemudahan dari Mitra Tokopedia, juga membantu meningkatkan total transaksi pembelian di toko saya hingga 10x lipat, dalam kurun waktu kurang dari satu tahun,” ungkap Verra.

Baca Juga: Promo Belanja Online Tokopedia, Kejar Diskon Mulai dari Rp5 Ribu

Sederet kemudahan dalam Mitra Tokopedia yang bisa dirasakan pegiat usaha tradisional seperti Verra, tidak lepas dari peran Head of New Retail Tokopedia Karina Susilo.

Karina bersama belasan Nakama (karyawan Tokopedia) yang dipimpinnya, bertanggung jawab untuk membantu pegiat usaha tradisional dalam menambah pendapatan dengan berjualan produk digital maupun mengisi stok warung lewat Mitra Tokopedia.

Tim ini juga berhasil mengembangkan fitur Grosir pada Mitra Tokopedia yang saat ini telah tersedia di lebih dari 500 kecamatan. Jumlah tersebut, meningkat 50x lipat dalam kurun waktu kurang dari 3 tahun.

Karina menjelaskan, keadaan pandemi telah mendorong digitalisasi dan teknologi berkembang pesat dan menjadi sebuah kebutuhan.

“Melalui Mitra Tokopedia, kami harap pegiat usaha tradisional tetap dapat berpartisipasi dalam perekonomian digital, khususnya di tengah pandemi,” tutup Karina. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya