Banyak Dicari, Transaksi Parsel Makanan Tokopedia Naik Hampir 5x Lipat

Senin, 10 Mei 2021 | 10:00
Dok. Tokopedia

Parsel Ramadan 2021 Tokopedia

CERDASBELANJA.ID – Pada momen Ramadan 2021, Tokopedia menghadirkan kampanye Parsel Ramadan untuk mengakomodasi kebutuhan konsumen.

External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya menjelaskan, berkirim parsel menjadi salah satu cara kita untuk bersilaturahmi dengan keluarga jauh.

Tradisi ini, memang sudah berjalan sangat lama. Untuk memudahkan konsumen dalam menemukan produk yang sesuai, Tokopedia pun menghadirkan kampanye Parsel Ramadan.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Parsel Ramadan 2021 ala Tokopedia, Cocok untuk Lebaran

“Itu dia kenapa kami hadirkan Parsel Ramadan, harapannya agar masyarakat bisa tetap bersilaturahmi dengan saling berkirim parsel melalui platform digital,” ujar Ekhel dalam diskusi virtual, Jumat (7/5).

Ekhel melanjutkan, pada bulan Ramadan ini Tokopedia mencatat ada tiga kategori produk yang meningkat dengan cukup drastis.

Menurut Ekhel, hal ini secara tidak langsung juga bisa menggambarkan perubahan atau kebiasaan belajar masyarakat dalam berbelanja online.

Selama bulan Ramadan sendiri, Tokopedia melihat beberapa kategori yang mengalami peningkatan pesat adalah kategori Jilbab atau Kerudung mencapai hampir 2x lipat.

Kemudian, kategori Perlengkapan Ibadah meningkat lebih dari 2x lipat, serta terakhir kategori Parsel Makanan meningkat hampir 5x lipat.

“Jadi memang menurut kami, mengirim parsel menjadi salah satu bentuk silaturahmi di masa pandemi,” lanjut Ekhel.

Baca Juga: Jawab Kebutuhan Lebaran, Tokopedia WIB Hadirkan Progam Parsel Ramadan

Tidak hanya itu, Tokopedia juga mencatat ada beberapa transaksi di kategori Kesehatan yang meningkat signifikan selama kuartal I-2021.

Di antaranya adalah Perlengkapan Medis sampai lebih dari 2x lipat, kategori Vitamin dan Multivitamin naik lebih dari 2x lipat, serta Perlengkapan Kebersihan yang meningkat hampir 3x lipat.

Ekhel menjelaskan, untuk kategori Kesehatan sendiri memang selalu mencatatkan kenaikan yang konstan, serta selalu menjadi salah satu dari lima kategori terpopuler di Tokopedia.

“Jadi kami melihat, memang mungkin ini didorong oleh kesadaran masyarakat akan kesehatan yang semakin meningkat juga,” tuturnya.

Sejalan dengan hal tersebut, Tokopedia juga mencatat ada beberapa transaksi makanan sehat yang juga mengalami peningkatan pada masa pandemi ini.

Baca Juga: Tips Kecantikan Sebelum Lebaran 2021 ala UMKM Tokopedia, Harus Glowing

Beberapa produk makanan sehat yang mengalami peningkatan adalah Granola yang naik hampir 3x lipat, Sayuran naik hampir 4x lipat, Yoghurt naik lebih dari 4x lipat, Oat naik lebih dari 4x lipat, serta Muesli naik hampir 6x lipat.

“Menurut kami, ini adalah gambaran yang cukup jelas dari pola konsumsi masyarakat yang mulai bergeser. Artinya kepedulian masyarakat terhadap makanan sehat lebih tinggi lagi,” tutup Ekhel. (*)

Tag

Editor : Yunus