5 Cara Promosikan Produk di E-commerce, Pastikan Tepat Sasaran

Senin, 10 Mei 2021 | 22:00
Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mempromosikan produk di e-commerce, agar laris pembeli.

CERDASBELANJA.ID – Bulan Ramadan 2021 ini bisa kita manfaatkan untuk berjualan di e-commerce.

Untuk memaksimalkan penjualan, tentunya kita perlu melakukan serangkaian promosi dengan strategi yang matang.

Tanpa adanya strategi promosi yang efektif, maka kita akan sulit menjual produk dan penjualan tidak akan meningkat.

Baca Juga: Cara Promosi Toko Online di Tokopedia, Dijamin Laris Pembeli

Salah satu strategi yang bisa dilakukan sebelum promosi, adalah dengan melakukan riset mendalam.

Jika sudah menyusun strategi yang matang, maka cara mempromosikan produk di e-commerce pun menjadi semakin mudah.

Berikut adalah beberapa cara mempromosikan produk die-commerceyang bisa kita tiru.

1. Pastikan Promosi Tepat Sasaran

Cara mempromosikan produk di e-commerce yang pertama, adalah pastikan promosi yang dijalankan tepat sasaran. Untuk memasarkan produk, tentunya kita perlu membuat strategi kampanye promosi.

Namun, agar kampanye ini tepat sasaran dan tidak buang-buang biaya, kita harus menyasar target yang tepat.

Untuk itu, kita perlu melakukan riset terkait target pasar, profil konsumen, demografi, dan data pendukung lainnya yang bisa meningkatkan penjualan produk.

Baca Juga: Apa Itu Fitur TopAds Tokopedia? Promosi Toko Bisa Lebih Lancar

2. Kenali Latar Belakang Calon Konsumen

Cara mempromosikan produk di e-commerce yang kedua, adalah mengenali latar belakang konsumen. Hal ini penting untuk menentukan target pasar yang lebih spesifik lagi.

Beberapa informasi latar belakang yang bisa diambil, misalnya seperti jenis kelamin, tempat tinggal, jenis pekerjaan, tingkat penghasilan, hobi, sampai kebiasaan konsumen.

Riset ini bisa diamati dari aktivitas media sosial, atau melakukan riset dengan membuat kuesioner.

3. Perkuat Branding

Cara mempromosikan produk di e-commerce yang ketiga, adalah perkuat branding toko. Branding toko ini penting untuk menunjukkan identitas toko dan produk kita.

Kita bisa memanfaatkan informasi latar belakang target konsumen, untuk memperkuat branding dan menumbuhkan awareness.

Citra branding ini bisa dibangun dari cara promosi, cara posting, sampai kebiasaan dalam packing produk.

Baca Juga: Cara Kelola Toko Online di Tokopedia Saat Lebaran, Seller Wajib Tahu

4. Siapkan Promo Rutin

Cara mempromosikan produk di e-commerce yang keempat, adalah menyiapkan promo dan kampanye rutin.

Gunakan cara ini untuk menarik lebih banyak pembeli dari berbagai kalangan. Kita bisa memberikan promo gratis ongkos kirim (ongkir), promo tanggal cantik, promo ulang tahun, sampai promo hari besar.

Untuk lebih memperluas jangkauan, kita juga bisa memanfaatkan kampanye dari e-commerce atau berkolaborasi dengan influencer di media sosial agar mereka mempromosikan toko kita.

5. Maksimalkan Pelayanan

Cara mempromosikan produk di e-commerce yang kelima, adalah memaksimalkan pelayanan.

Baik melalui media sosial, atau aplikasi perpesanan kita bisa memaksimalkan pelayanan kepada konsumen.

Baca Juga: Apa Itu Power Merchant Tokopedia? Bisa Tingkatkan Penjualan Toko

Mulai dari responsif saat membalas pesan, memberikan informasi yang bermanfaat, kecepatan pengiriman barang, mengemas produk dengan aman, sampai berkomunikasi aktif.

Hal ini bisa membuat konsumen merasa dihargai, sehingga mereka berpeluang besar menjadi pelanggan tetap. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya