Cara Ambil Peluang Bisnis Ramadan di Tengah Pandemi, Cocok Jadi Usaha

Kamis, 06 Mei 2021 | 22:00
Photo by Amina Filkins from Pexels

Pada momen Ramadan di tengah pandemi ini, kita bisa memanfaatkan peluang besar untuk memulai bisnis.

CERDASBELANJA.ID – Pada momen Ramadan 2021, peluang bisnis mulai meningkat karena konsumsi masyarakat yang juga ikut bertambah.

Kondisi pandemi, membuat konsumen lebih cepat beradaptasi dengan platform digital. Terutama untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Menurut laporan oleh perusahaan data dan artificial intelligence, ADA, terdapat peningkatan hingga 90% terhadap penggunaan internet, e-commerce, serta pembayaran digital di Indonesia selama masa pandemi.

Baca Juga: Cara Mulai Bisnis Meski Tak Punya Modal Sama Sekali, Wajib Tahu!

Selain itu, terlihat juga peningkatan pengeluaran untuk kebutuhan hobi atau kesenangan pribadi konsumen.

Melihat tren peningkatan penjualan dan pengiriman secara online, bisa menjadi kesempatan kita untuk mengubahnya menjadi peluang bisnis selama Ramadan.

Untuk memperlancar adopsi transaksi ini, berikut adalah beberapa cara ambil peluang bisnis Ramadan di tengah pandemi yang bisa dicoba.

1. Jual Produk dalam Bentuk Parsel Ramadan

Cara ambil peluang bisnis Ramadan di tengah pandemi yang pertama, adalah menjual produk dalam bentuk parsel Ramadan.

Ketua Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos, dan Logistik Indonesia (Asperindo) M. Feriadi menyatakan, adanya tren kenaikan pengiriman barang berupa parsel, khususnya selama Lebaran.

Tren pengiriman parsel sudah menjadi budaya saat menjelang Ramadan, apalagi ditambah adanya larangan mudik.

Baca Juga: 5 Cara Memulai Bisnis Kuliner, Potensi Cuan Selama Ramadan 2021

Untuk itu, kita bisa mengambil peluang bisnis ini dengan menjual produk dalam bentuk parsel juga.

“Jangan lupa untuk menyediakan kartu ucapan yang bisa ditulis sesuai permintaan, serta mengemas barang dengan unik. Selain bisa menarik pembeli, hal ini bisa membuat konsumen merasa puas,” ujar Feriadi, Kamis (6/5).

2. Lakukan Digitalisasi

Cara ambil peluang bisnis Ramadan di tengah pandemi yang kedua, adalah melakukan digitalisasi.

Sesuai dengan data perubahan perilaku konsumen, pelaku bisnis perlu beradaptasi dan mempercepat optimalisasi digital untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Untuk menjawab kebutuhan konsumen, pelaku usaha perlu melakukan digitalisasi untuk memberi kemudahan berbelanja bagi para pelanggan.

Mempelajari dan menggunakan digital tools merupakan pilihan wajib saat ini.

Baca Juga: 5 Cara Memulai Bisnis Kuliner, Potensi Cuan Selama Ramadan 2021

Pelaku bisnis dapat menggunakan marketplace untuk berjualan, agar cakupan pembeli semakin luas.

Pelaku usaha juga bisa menggunakan teknologi omnichannel, untuk membuat alternatif revenue yang tidak hanya tergantung dengan satu atau dua channel.

3. Melakukan Riset Secara Berkala

Cara ambil peluang bisnis Ramadan di tengah pandemi yang ketiga, adalah melakukan riset secara berkala.

Para pelaku bisnis, perlu melakukan riset pasar yang lebih komprehensif, untuk memastikan jenis layanan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Pengusaha, Founder & CEO Foodizz.id Rex Marindo mengatakan, strategi pemasaran yang tepat tentu mengacu pada target pasar yang dituju, serta insight di dalamnya.

“Dari sini, pelaku bisnis dapat mengembangkan positioning dan diferensiasi yang tepat untuk membangun brand. Setelah itu, dapat dirancang strategi taktikal, program, dan media, sehingga semakin tepat sasaran,” paparnya.

Baca Juga: Kenali Apa Saja Risiko Bisnis Jastip, Pebisnis Pemula Wajib Tahu

4. Melakukan Kampanye dan Memberikan Promo

Cara ambil peluang bisnis Ramadan di tengah pandemi yang keempat, adalah melakukan kampanye pada toko, serta memberikan promo khusus.

Untuk meningkatkan semangat di bulan suci, pelaku bisnis dapat menjalankan kampanye atau promo Ramadan.

Jadi, konsumen dapat merasa terlibat dalam kegiatan usaha, serta mendapatkan keuntungan sebagai pelanggan.

Kita bisa membuat kampanye atau promo secara berkala, untuk mengakomodasi kebutuhan para pelanggan.

Jangan lupa berikan hadiah khusus, untuk menarik minat agar jadi pelanggan tetap. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya