4 Ciri Kita Bisa Mengelola Keuangan dengan Baik, Jangan Asal Ngaku!

Minggu, 02 Mei 2021 | 22:00
iStockphoto

ilustrasi mengelola keuangan

CERDASBELANJA.ID – Di masa pandemi ini, banyak orang berlomba-lomba untuk mengamankan aset yang dimiliki.

Hal ini sejalan dengan adanya gejolak ekonomi di tengah masa pandemi, serta kondisi yang mudah berubah.

Dampaknya, banyak orang yang melupakan proteksi diri karena sudah merasa bisa mengelola keuangan dengan baik. Padahal, ada banyak hal yang perlu dilakukan untuk mengeklaim bahwa kita memang benar-benar bisa mengelola keuangan dengan baik.

Baca Juga: Cara Mengamankan Keuangan Pribadi dan Bisnis, UMKM Harus Tahu

Financial Planner Annisa Steviani menjelaskan, mengelola keuangan dengan baik itu bukan hanya dengan investasi.

“Jika kita punya investasi, belum tentu kita sudah mengelola keuangan dengan baik. Untuk mengelola keuangan, kita perlu merencanakan tujuan keuangan dari mulai bekerja sampai mewaris,” ujar Annisa dalam dikutip dalam diskusi virtual, Jumat (30/4).

Menurut Annisa, berikut adalah beberapa ciri kita bisa mengelola keuangan dengan baik.

1. Punya Penghasilan dan Sehat Finansial

Ciri kita bisa mengelola keuangan dengan baik yang pertama, adalah memiliki penghasilan tetap dan sehat secara finansial.

Penghasilan ini didapatkan dari pekerjaan tetap pula, bukan dari usaha sampingan, pekerjaan proyek, freelance, atau part time dengan penghasilan yang tidak teratur.

Kemudian, sehat secara finansial dapat diartikan sebagai kondisi jumlah pendapatan kita, lebih besar atau sama dengan jumlah pengeluaran. Kita juga punya kesadaran akan pentingnya memiliki masa depan yang baik, sehingga bisa mengelola uang dengan baik.

Baca Juga: 3 Cara Diversifikasi Produk Investasi, Investor Pemula Wajib Tahu

2. Paham Manajemen Risiko

Ciri kita bisa mengelola keuangan dengan baik yang kedua, adalah memahami manajemen risiko. Caranya adalah dengan melakukan diversifikasi aset dan memiliki perlindungan asuransi.

Diversifikasi aset ini penting, agar kita terhindar dari potensi bangkrut atau risiko investasi lainnya dalam berinvestasi.

Di sisi lain, perlindungan dari asuransi juga sama pentingnya, karena bisa melindungi kita dari kebutuhan biaya di saat sakit atau terkena bencana.

3. Mampu Berinvestasi

Ciri kita bisa mengelola keuangan dengan baik yang ketiga, adalah mampu berinvestasi. Pasalnya, berinvestasi penting untuk mempersiapkan hari tua kita di masa depan.

Jika kita sudah bisa berinvestasi, meskipun sedikit, ini menunjukkan bahwa kita sudah bisa mengelola keuangan dengan baik.

Ingatlah untuk berinvestasi pada produk investasi yang sesuai dengan profil risiko. Selain itu, jangan pernah berinvestasi menggunakan uang pinjaman.

Baca Juga: Cara Bayar Utang dengan Cepat, Cukup Lakukan 3 Langkah Ini Saja

4. Paham Pengelolaan Utang

Ciri kita bisa mengelola keuangan dengan baik yang keempat, adalah mampu mengelola utang dengan baik.

Pengelolaan utang ini, termasuk dengan pembuatan rencana yang matang sebelum berutang. Kemudian, hanya memilih untuk berutang saat benar-benar dibutuhkan.

Jika kita bisa mengelola utang dengan baik dan menghindari tunggakan, maka bisa dibilang kita sudah bisa mengelola keuangan dengan baik pula. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya