Semangat Kartini, DANA Dorong Pemberdayaan Perempuan di Era Digital

Sabtu, 24 April 2021 | 12:00
Dok. DANA

Semangat Kartini, DANA Dorong Pemberdayaan Perempuan di Era Digital

CERDASBELANJA.ID – Seiring dengan berjalannya waktu, semangat Kartini dalam pemberdayaan dan memperjuangkan hak-hak perempuan semakin kental.

Saat ini, sudah banyak perempuan hebat di Indonesia yang menorehkan prestasinya. Mulai dari atlet, pemimpin perusahaan, menteri, bahkan sampai presiden.

Untuk terus mengobarkan semangat Kartini, dompet digital DANA mendorong pemberdayaan perempuan di era digital ini.

Baca Juga: Nagita Slavina Tampil Full dengan Produk Gucci, Jadi Brand Ambassador?

Chief People & Corporate Strategy DANA Agustina Samara mengatakan, demi meneruskan semangat perjuangan Kartini, perlu dibuka kesempatan sebesar-besarnya bagi para perempuan.

Khususnya dalam hal akses literasi digital dan peluang berkarya di industri digital. Agustina sendiri merasa diberikan kesempatan besar saat meniti karier di DANA.

“DANA tidak pernah membedakan gender dalam hal performa. Selain itu, proporsi pegawai di DANA juga cukup seimbang dengan jumlah pegawai perempuan sebesar 46%,” ujar Agustina dalam diskusi virtual, Jumat (23/4).

Selain itu, jumlah sumber daya manusia (SDM) perempuan di DANA terus meningkat dan sejak 2019 sampai sekarang tumbuh 142%.

Berdasarkan persentase tersebut, jumlah SDM perempuan yang telah mencapai level manajerial mencapai 30% dari total SDM, sedangkan sebanyak 40% di antaranya berada pada level eksekutif,

Di sisi lain, Chief Marketing Officer DANA Monita Moerdani mengatakan, era digital saat ini merupakan momentum yang harus dimanfaatkan.

Baca Juga: Coba Sendiri Minuman Baru Frestea Brown Sugar Milk Tea: Lembut Diminum

Pasalnya, ini adalah kesempatan dan sebuah potensi bagi para perempuan untuk bekerja di industri digital.

Kehadiran teknologi digital, seharusnya membuat perempuan Indonesia lebih berdaya guna.

Ini karena, teknologi yang ada saat ini sudah sangat membantu para perempuan untuk memanfaatkannya menjadi peluang bisnis atau berkarya.

Monita menjelaskan, literasi digital bagi kaum perempuan secara umum adalah bagaimana memanfaatkan teknologi tersebut dalam keseharian mereka.

DANA mendukung hal ini dengan merancang program dan produk yang dibuat untuk mendorong perempuan Indonesia yang lebih mandiri, serta bisa meningkatkan adopsi digital bagi perempuan yang lebih merata.

“Teknologi DANA dapat memetakan bukan hanya demografi pengguna, tapi juga jumlah mitra DANA Bisnis perempuan, rentang usia hingga kategori usaha perempuan,” kata Monita.

Baca Juga: Makin Aman, GoCar Lengkapi 8.000 Unit Kendaraan dengan Air Purifier

Ke depannya, DANA juga akan mengembangkan program atau fitur khusus yang ditujukan kepada para perempuan di Indonesia.

Sebagai informasi, sampai saat ini dari total pengguna DANA yang telah mencapai 60 juta, jumlah pengguna perempuan tercatat tak kalah banyak dari jumlah pengguna pria.

Sebanyak 82% dari pengguna perempuan berasal dari kalangan generasi Z dan milenial.

Rata-rata perempuan menggunakan aplikasi DANA untuk kebutuhan transfer, pembelian pulsa, dan pembayaran tagihan.

Sementara itu, jumlah perempuan pengguna DANA Bisnis juga memiliki jumlah yang cukup tinggi dibandingkan pria, dengan 46% di antaranya adalah milenial.

Tiga bidang usaha yang banyak digeluti oleh mitra DANA Bisnis perempuan di antaranya adalah kuliner, pakaian, health & beauty spa. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya