5 Cara Aman Berinvestasi Online, Investor Diharapkan Waspada

Kamis, 08 April 2021 | 22:00
guvendemir/istockphoto

Cara Aman Berinvestasi Secara Online, Investor Wajib Waspada

CERDASBELANJA.ID – Pada era digital ini, seluruh transaksi bisa dilakukan hanya melalui ponsel saja atau online. Termasuk juga untuk transaksi investasi.

Hanya tinggal menggulirkan layar ponsel, kita sudah bisa berinvestasi dengan mudah dan cepat.

Namun, kemudahan ini tetap perlu diwaspadai dengan berbagai risiko yang bisa saja terjadi. Seperti pembobolan, pembajakan, pencurian data dan sebagainya.

Baca Juga: Cara Investasi Reksa Dana Pakai Koin Shopee, Bisa Lebih Untung

Untuk itu, kita sangat perlu mencermati cara aman berinvestasi online. Khususnya di tengah keadaan pandemi seperti sekarang ini.

Jika tidak mewaspadai cara aman berinvestasi online, maka beragam risiko yang tidak diinginkan bisa saja menimpa kita.

Demi meningkatkan kewaspadaan, berikut adalah cara aman berinvestasi online. Simak dan catat tips berinvestasi berikut agar tetap aman.

1. Gunakan Aplikasi Investasi Terpercaya

Cara aman berinvestasi online yang pertama, adalah menggunakan aplikasi investasi yang tepercaya. Kita perlu melakukan riset terkait dengan kredibilitas dari aplikasi yang digunakan.

Tidak kalah penting, kita juga perlu memastikan aplikasi tersebut sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kita juga bisa mencermati review pengguna lain yang sebelumnya sudah pernah menggunakan aplikasi tersebut. Namun pastikan, review yang dibaca bukanlah review palsu.

Baca Juga: Keuntungan dan Risiko Investasi Saham, Investor Wajib Waspada

2. Waspada Investasi Bodong

Cara aman berinvestasi online yang kedua, adalah mewaspadai adanya investasi bodong. Investasi Bodong adalah bentuk investasi yang tidak memiliki izin dan skema jelas.

Investasi bodong ini tidak memberikan keuntungan, serta hanya memberikan kerugian bagi investor. Untuk itu, kita perlu berhati-hati dan mencermati segala jenis investasi agar tidak menjadi korban.

Jika kita mendapat tawaran investasi dengan iming-iming yang terlalu bagus dan tidak masuk akal, maka kita perlu bersikap skeptis. Selain itu, hati-hati juga apabila kita diminta menyelesaikan transaksi secepatnya.

3. Gunakan Jaringan Seluler yang Aman

Cara aman berinvestasi online yang ketiga, adalah memastikan keamanan jaringan data. Jangan pernah menggunakan jaringan WiFi publik untuk mengakses data finansial. Pasalnya, ada banyak jaringan internet publik yang tidak aman dan rentan akan peretasan.

Jika perlu, kita juga bisa menggunakan Virtual Private Network (VPN). VPN yang biasanya tersedia dalam bentuk aplikasi ini, akan mengenkripsi koneksi internet dari ponsel kita.

Enkripsi ini, bertindak sebagai jembatan aman yang akan memfasilitasi perjalanan data dari dan ke dalam ponsel. VPN bisa membantu kita mencegah orang lain mengakses data ponsel.

Baca Juga: Cara Investasi Saham Agar Untung, Jalan Cepat Untuk Jemput Cuan

4. Gunakan Kata Sandi yang Rumit

Pada saat membuat kata sandi untuk berbagai platform finansial, kita disarankan untuk menggunakan kata sandi yang rumit. Biasanya, kata sandi yang rumit merupakan variasi dari berbagai huruf, angka, serta simbol.

Kata sandi yang rumit ini, menjadi salah satu mekanisme terpenting untuk menjaga keamanan akun kita. Berhubung data finansial digital kita tersambung secara online, maka keamanan kata sandi sangat dibutuhkan.

Jangan gunakan kata sandi yang mudah ditebak dan terlalu umum. Pasalnya, hal ini dapat memberikan kesempatan bagi para peretas untuk mengakses data finansial kita.

5. Pastikan Perangkat Investasi Aman

Cara aman berinvestasi online yang kelima, adalah memastikan perangkat investasi yang digunakan sudah aman.

Menjaga keamanan perangkat sama pentingnya dengan menjaga keamanan koneksi jaringan.

Baca Juga: Makin Bergelimang Harta, Justin Bieber Investasi di Industri Musik

Jika kita menggunakan komputer untuk berinvestasi, maka salah satu opsi yang bisa digunakan adalah perangkat lunak antivirus dan firewall. Jangan lupa juga untuk menjaga keamanan perangkat dengan teliti.

Jangan pernah membuka tautan atau situs yang mencurigakan, baik melalui ponsel ataupun melalui komputer. Pasalnya, kita rentan terserang malware dari tautan atau situs yang tidak jelas tersebut. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya