Cara Investasi Reksa Dana Pakai Koin Shopee, Bisa Lebih Untung

Sabtu, 03 April 2021 | 21:00
freepik

ilustrasi kaya raya

CERDASBELANJA.ID – Reksa dana adalah sebuah tempat atau kumpulan dana dari sekumpulan investor yang ingin berinvestasi ke dalam instrumen investasi.

Instrumen investasi yang dimaksud, adalah seperti saham, obligasi, dan instrumen keuangan lainnya yang tersedia di pasar modal.

Bisa dibilang, proses investasi melalui reksa dana cukup mudah, karena tidak harus memulai dengan modal yang besar untuk berinvestasi.

Baca Juga: Tips Investasi Untuk Pemula, Kenali Dulu Jenis-Jenis Reksa Dana

Bahkan, beberapa produk reksa dana memungkinkan kita memulai investasi hanya dengan modal Rp10.000 saja.

Pada saat berinvestasi, nantinya kita akan dibantu manajer investasi (MI) untuk mengelola dana investasi melalui reksa dana.

Di sisi lain, ada cara investasi reksa dana yang menguntungkan, bahkan kita bisa mendapat diskon setengah harga saat berinvestasi.

Jangan khawatir, kita tidak perlu menyiapkan banyak hal, karena hanya membutuhkan koin Shopee untuk berinvestasi di reksa dana ini.

Selain itu, kita juga hanya perlu mengisi saldo ShopeePay dan menyiapkan aplikasi Tanamduit.

Berikut adalah perincian cara investasi reksa dana yang menguntungkan, hanya dengan menggunakan koin Shopee.

Baca Juga: Punya Banyak Fungsi dan Keuntungan, Kenali Apa Itu Koin Shopee

1. Kumpulkan Koin Shopee

Cara investasi reksa dana yang menguntungkan pertama, adalah mengumpulkan koin Shopee yang akan digunakan untuk berinvestasi.

Nah, agar mendulang banyak keuntungan cobalah untuk mengumpulkan koin Shopee sebanyak mungkin, atau minimal 50 ribu koin.

Semakin banyak koin yang dikumpulkan, maka akan semakin banyak keuntungan yang didapatkan.

2. Pilih Produk Reksa dana

Jika kita sudah berhasil mengumpulkan produk reksa dana, maka langkah selanjutnya adalah memilih produk reksa dana melalui aplikasi investasi Tanamduit.

Di aplikasi Tanamduit, terdapat beberapa produk investasi reksa dana yang memungkinkan kita untuk berinvestasi mulai dari Rp10 ribu saja.

Pilihlah produk reksa dana yang diinginkan dan sesuai dengan profil risiko kita. Pastikan untuk mengenali setiap produk investasi yang dipilih agar tidak salah.

Baca Juga: Pasti Cuan! Coba Investasi Reksa Dana Cuma Rp10 Ribu di Marketplace

3. Tentukan Besaran Investasi Reksa dana

Setelah memilih produk, maka saatnya kita untuk menentukan besaran reksa dana yang ingin dibeli.

Di aplikasi Tanamduit, kita bebas berinvestasi berapa pun sesuai dengan kebutuhan. Setelah menentukan nominal, maka tekan opsi ‘Lanjut’.

Sebelum melanjutkan transaksi, akan ada notifikasi pop up berisi informasi transaksi reksa dana. Setelah memahami informasi dan mencentang persetujuan, klik opsi ‘Submit’.

4. Pilih Metode Pembayaran

Setelah itu, kita perlu membayar investasi reksa dana yang dipilih sebelumnya. Kunci dari cara investasi reksa dana yang menguntungkan adalah pada sistem pembayaran.

Pada pilihan metode pembayaran instan, kita perlu memilih pembayaran menggunakan ShopeePay.

Setelah memastikan jumlah total pembayaran sesuai, klik opsi ‘Berikutnya’. Nantinya, kita akan langsung diarahkan menuju laman pembayaran ShopeePay.

Baca Juga: Anti Ribet, Ini Cara Mudah Isi Saldo ShopeePay dan Siap Bertransaksi

5. Bayar Investasi Reksa dana

Setelah memastikan nilai investasi reksa dana menggunakan ShopeePay sudah sesuai, kita bisa mengeklik opsi ‘Lanjutkan’.

Pada laman berikutnya, kita akan diberikan pilihan pembayaran pada akun ShopeePay. Nah, agar investasi reksa dana bisa menguntungkan kita perlu menukarkan seluruh koin ShopeePay yang dimiliki.

Sebagai contoh, jika kita memiliki koin Shopee sebanyak 50 ribu dan memilih berinvestasi reksa dana sebesar Rp100 ribu, maka kita hanya perlu menukarkan koin tersebut saat transaksi.

Artinya, total nilai pembayaran investasi Rp100 ribu bisa dipotong dengan 50 ribu koin Shopee yang kita miliki.

Dengan demikian, kita hanya perlu membayar sisa investasinya saja, yaitu Rp50 ribu menggunakan ShopeePay.

Tidak hanya potongan koin Shopee, kita juga akan mendapatkan cashback sebesar 5 ribu koin Shopee dari investasi reksa dana ini.

Baca Juga: Beli Sekarang Bayar Nanti, Kenali Apa Itu Fitur Shopee PayLater

Cashback koin Shopee tersebut, akan langsung masuk ke akun Shopee kita setelah pembayaran investasi dinyatakan berhasil.

Jangan khawatir, meskipun kita hanya membayar biaya investasi sebesar Rp50 ribu, tetapi nantinya portofolio investasi kita tetap mencatat pembelian reksa dana sebesar Rp100 ribu.

Cara ini cukup mudah bukan? Jadi kita bisa berinvestasi dengan lebih murah dan untung hanya dengan menggunakan koin Shopee. Selamat mencoba! (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya