CERDASBELANJA.ID – Di masa pandemi ini sangat penting bagi para pengusaha untuk memikirkan cara mengembangkan bisnisnya.
Mulai dari digitalisasi, mengikuti arus tren, keluar dari zona nyaman dan sebagainya.
Selain itu, mengembangkan bisnis di tengah pandemi ini bisa menjadi tantangan tersendiri. Pasalnya, ada lebih banyak hal yang perlu diperhatikan dan diurus.
Baca Juga: 5 Peluang Bisnis Rumahan di Tengah Pandemi, Dijamin Bawa Keuntungan
Dengan demikian, para pengusaha perlu meluangkan waktu lebih banyak untuk memperhatikan dengan penuh bisnis yang dimiliki.
Beberapa waktu belakangan ini, sentimen pasar sudah mulai membaik karena menaruh harapan pada proses vaksinasi.
Jadi, ini merupakan waktu yang tepat untuk mengembangkan bisnis yang dimiliki. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan.
1. Perhatikan Customer Service
Salah satu hal yang bisa dibanggakan dari sebuah perusahaan, adalah konsisten menerima feedback positif dari customer service yang diberikan. Pasalnya, customer service yang baik merupakan cara termudah untuk mengubah bisnis yang baik, menjadi bisnis yang hebat.
Sikap ramah dan antusias terhadap pelanggan, merupakan beberapa cara yang perlu ditonjolkan dalam sebuah bisnis. Perlu diingat bahwa tim yang kita miliki, adalah cermin dari bisnis kita di mata banyak orang.
Sama seperti pelanggan yang mengingat interaksi buruk dengan suatu bisnis, pelanggan juga akan mengingat interaksi baik yang diberikan oleh suatu bisnis. Sebuah layanan konsumen melalui telepon yang membantu pelanggan, bisa meningkatkan publisitas positif dari mulut ke mulut.
Baca Juga: Cara Branding Produk UMKM yang Tepat, Cukup Lakukan 4 Langkah
2. Tingkatkan Kehadiran di Media Sosial
Jika sebelumnya kita tidak terlalu aktif memposting konten di media sosial, maka ini adalah saat yang tepat untuk digitalisasi. Kita perlu secara rutin aktif di berbagai media sosial berbeda, untuk menjaring lebih banyak pelanggan baru.
Namun, jangan terlalu sering agar tidak terindikasi sebagai spam. Lakukan update minimal 3x sehari di berbagai platform media sosial untuk meningkatkan awareness.
Selain itu, pastikan konten yang diposting merupakan konten yang berkualitas. Jangan lupa juga untuk memposting artikel yang relevan dengan bisnis yang dijalankan. Di dalam unggahannya, kita bisa memasukkan beberapa humor atau meme yang sedang viral agar tidak membosankan.
3. Perluas Relasi atau Jaringan
Langkah ketiga yang bisa dilakukan untuk mengembangkan bisnis, adalah dengan adanya bantuan dari kemitraan. Jika terdapat acara relasi atau expo, jangan ragu untuk mendaftar dan tampil di depan banyak orang.
Jika ingin menawarkan produk kepada pengunjung yang datang, maka cobalah untuk tidak terlihat seperti seorang penjual. Jadilah diri sendiri dan jelaskan bisnis yang dijalani dengan semenarik mungkin.
Bisa saja kita tidak hanya menarik pelanggan, tetapi sekaligus menarik calon mitra atau investor potensial untuk bekerja sama dengan bisnis kita. Manfaatkanlah acara ini dengan sebaik mungkin.
Baca Juga: Tokopedia Ungkap Tren dan Peluang Bisnis 2021, UMKM Wajib Tahu
4. Punya Jumlah Orang yang Cukup dalam Tim
Punya jumlah orang yang cukup di dalam sebuah tim, bisa memaksimalkan bisnis yang kita jalankan. Namun, jangan sampai jumlah orang di dalam tim juga terlalu banyak, karena bisa buruk untuk produktivitas.
Sebaliknya, jika memiliki jumlah orang yang sedikit bisa menghasilkan pekerjaan yang kurang memuaskan dan lebih lambat.
Untuk itu, kita perlu menemukan keseimbangan dalam memperluas bisnis. Salah satunya dengan memiliki jumlah orang yang cukup, agar bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan tepat waktu.
5. Tetapkan Tujuan
Hal terakhir yang tidak kalah penting dalam mengembangkan bisnis, adalah menetapkan tujuan dengan jelas.
Kita perlu mengetahui hal apa saja yang ingin dicapai dalam bisnis. Tuliskan secara fisik tujuan jangka pendek dan jangka panjang yang ingin dicapai.
Tentunya, tujuan ini perlu dirumuskan bersama dengan bantuan dan dukungan dari tim bisnis kita. (*)