Dukung UMKM Lokal, Tokopedia Hadirkan Inisiatif Baru Hyperlokal

Senin, 15 Maret 2021 | 21:00
Dok. Tokopedia

Dukung UMKM Lokal, Tokopedia Hadirkan Inisiatif Baru Hyperlokal

CERDASBELANJA.ID – Tokopedia kembali menunjukkan dukungannya kepada para pegiat usaha lokal melalui inisiatif hyperlocal.

Penetrasi intensif ke tingkat lokal ini, tidak lepas dari peran Head of Regional Growth Expansion (RGX) Tokopedia Trian Nugroho.

“Tokopedia fokus mendukung pegiat usaha lokal untuk terus mengembangkan usaha. Ini merupakan cerminan inisiatif hyperlocal Tokopedia demi mewujudkan misi pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia,” kata Trian dalam keterangannya, Senin (15/3).

Baca Juga: Gerakan Bersebelas, Tokopedia Gandeng Pegiat Usaha Sepatu Lokal

Trian bersama lebih dari 100 karyawan Tokopedia yang dipimpinnya dalam Tim RGX, membantu UMKM lokal di seluruh Indonesia meningkatkan daya saing bisnis.

Khususnya lewat pemanfaatan teknologi, agar dapat menguasai pasar lokal di tengah kondisi pandemi.

Trian sendiri menjelaskan bahwa pihaknya menyadari pentingnya peran UMKM lokal dalam menggerakkan perekonomian daerah.

Untuk itu, Tokopedia terus memberikan pendampingan dan edukasi, seperti dalam bentuk webinar, bagi pebisnis baru.

“Tokopedia juga kerap mengadakan community gathering melalui media sosial yang bisa menjadi wadah bagi para penjual untuk saling bertukar informasi,” jelas Trian.

Untuk mendorong UMKM, beragam program pun dihadirkan oleh Tokopedia. Salah satunya. adalah program Kumpulan Toko Pilihan (KTP) yang dimulai pada Oktober 2020 lalu.

Baca Juga: Promo Tokopedia, Diskon Rp750 Ribu Korean Lovers Pakai KB Bukopin

Menurut Trian, program ini bertujuan mempermudah masyarakat mendapatkan beragam produk dari penjual setempat.

Sekaligus membantu penjual setempat mempertahankan bisnis dan berkontribusi ke perekonomian daerah.

Sejak awal diadakan, transaksi pada penjual yang berpartisipasi di program KTP berhasil meningkat hingga 5x lipat.

Adapun salah satu pegiat usaha lokal asal Semarang yang menjual berbagai perlengkapan bayi, yaitu Boho Baby mencatatkan kenaikan transaksi hingga 6x lipat.

Selain itu, jumlah pembeli baru di Tokopedia di berbagai kota yang menjadi fokus Tim RGX juga mengalami peningkatan sampai 11x lipat.

Trian dan tim juga konsisten berkolaborasi dengan berbagai mitra strategis, termasuk pemerintah daerah.

Kolaborasi ini, bertujuan untuk mengakselerasi adopsi platform digital bagi sebanyak-banyaknya UMKM lokal.

Baca Juga: Jawab Kebutuhan Orang tua, Tokopedia Luncurkan Tokopedia Parents

Misalnya melalui kegiatan online, seperti Jatim Fair dan Festival Produk Lokal Kota Batu.

Selama pandemi, penjual UMKM lokal di Tokopedia diketahui mengalami peningkatan dari yang semula berjumlah lebih dari 7,2 juta penjual (Januari 2020) menjadi lebih dari 10 juta saat ini.

Ia juga menyampaikan strategi selanjutnya untuk mendukung UMKM Lokal.

“Kami akan terus #SelaluAdaSelaluBisa mendukung keberadaan dan perkembangan UMKM lokal lewat berbagai inisiatif, kolaborasi, juga inovasi digital,” tutup Trian. (*)

Tag

Editor : Yunus