Cara Menarik Pembeli Borong Produk Lokal, Hanya dengan 3 Langkah Mudah

Senin, 22 Februari 2021 | 11:00
Freepik

Cara Menarik Pembeli Borong Produk Lokal, Hanya dengan 3 Langkah Mudah

CERDASBELANJA.ID – Belakangan ini, tren ketertarikan masyarakat terhadap brand dan produk lokal terus tumbuh.

Berdasarkan survei yang dilakukan Katadata Insight Center (KIC) di tahun 2020, menunjukkan bahwa 82,3% responden memilih menggunakan produk lokal.

Alasannya, karena dimotivasi oleh kebanggaan terhadap produk dalam negeri. Sementara itu, ada 60,7% responden yang memakai produk lokal karena harga yang terjangkau.

Baca Juga: Cara Belanja Kekinian Hanya Pakai Smartphone di Merchant LinkAja

Hal ini menunjukkan bahwa kesadaran masyarakat akan brand dan produk lokal sudah semakin besar.

Untuk itu, diperlukan strategi yang tepat dari sisi inovasi, kemudahan akses pembelian serta marketing, dan branding untuk mendorong pertumbuhan yang lebih besar.

Adapun salah satu kategori produk lokal yang banyak digemari masyarakat adalah produk perawatan kulit, kosmetik, dan produk kecantikan.

Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay Eka Nilam Dari mengatakan, meskipun terus digempur dengan berbagai brand dan produk internasional, tetapi berbagai produk lokal mampu menunjukkan perkembangan yang menjanjikan.

Khususnya, dari segi kualitas dan harga yang bersaing, serta strategi marketing dan branding yang baik.

“Melalui dukungan dari layanan, program, dan kampanye yang dihadirkan, kami berharap ShopeePay dapat mendorong lebih banyak bisnis lokal untuk tumbuh lebih besar,” ujar Eka dikutip dalam keterangan tertulis, Senin (22/2).

Baca Juga: Cara Disiplin Atur Keuangan Ala Orang Jepang, 5 Langkah Anti Boros!

Secara umum, terdapat tiga poin yang dapat dilakukan oleh brand lokal untuk menarik perhatian masyarakat, yaitu sebagai berikut.

1. Tunjukkan Kebanggaan Pada Produk dan Brand yang Dimiliki

Sebagai brand lokal, tunjukkan rasa bangga sebagai sebuah pencetus merek, serta bangga atas kualitas produk yang dimiliki. Lakukan riset dasar untuk mengetahui tren yang saat menjadi perbincangan publik, untuk menciptakan strategi komunikasi yang relevan.

Jangan lupa untuk konsisten menekankan keunggulan produk yang diciptakan, sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan daya saing yang tidak kalah dengan produk berskala internasional.

2. Tentukan Strategi Komunikasi yang Sesuai

Untuk memperkenalkan brand dengan baik ke masyarakat luas, maka kita membutuhkan sebuah strategi komunikasi yang matang dan tepat sasaran.

Sebelum melangkah jauh, tentukan pesan utama yang nantinya akan disampaikan melalui keseluruhan program, konten, kampanye, hingga promo.

Kreativitas sangat dibutuhkan untuk mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan di tengah persaingan yang cukup ketat dengan brand internasional. Jika dikemas dengan menarik, ciri khas dari sebuah brand dapat terus melekat di hati masyarakat.

Baca Juga: Cara Hemat Kuota Internet Saat Pandemi, Pelajar dan Pekerja Wajib Tahu

3. Berinovasi dan Beradaptasi dengan Kebutuhan Masyarakat

Perubahan situasi dan kondisi yang terus bergerak di tengah masyarakat, mengharuskan setiap pegiat usaha untuk berinovasi dan beradaptasi.

Selain terus menciptakan produk yang sesuai dengan minat serta kebutuhan masyarakat, brand lokal juga harus terus memperluas jangkauan produknya dengan memanfaatkan teknologi yang ada saat ini.

Melalui proses digitalisasi dengan menambah kanal penjualan online dan adopsi pembayaran digital, brand lokal dapat semakin dekat dengan masyarakat yang kini sudah semakin digital. (*)

Tag

Editor : Yunus