CERDASBELANJA.ID – Belakangan ini, tren produk fashion muslim mulai meningkat. Hal ini salah satunya dibuktikan melalui ekosistem Tokopedia Salam.
Berdasarkan data, Tokopedia Salam mencatatkan antusiasme tinggi masyarakat dalam berbelanja produk fashion muslim secara daring.
Head of Category Development Tokopedia, Falah Fakhriyah mengatakan, subkategori Fashion Muslim di Tokopedia yang mengalami peningkatan transaksi hampir 2x lipat belakangan ini.
Baca Juga: Promo Tokopedia, Rajin Nabung Emas Bisa Dapat Cashback Rp150.000
“Baju koko pria, rompi muslim, sajadah, sarung anak dan jilbab menjadi produk dengan peningkatan transaksi paling tinggi di Tokopedia sepanjang 2020 dibandingkan 2019,” ujar Falah dikutip dari keterangan tertulis, Rabu (17/2).
Adapun beberapa contoh pegiat usaha di industri fashion muslim lokal yang telah memanfaatkan platform digital Tokopedia, adalah Tazkia Hijab Store dan Zoya.
Pemilik Tazkia Hijab Abu Nasor Al Farobi (Robi), memulai bisnisnya pada tahun 2014 sebagai reseller produk fashion muslim.
Robi dan istri, kemudian mulai mendesain dan memproduksi sendiri produk-produknya dengan nama Tazkia Hijab Store pada tahun 2017.
Melalui Tazkia Hijab Store, Robi menjual beragam produk fashion muslim wanita seperti tunik, blus wanita, gamis sampai perlengkapan ibadah seperti mukena.
“Ratusan ribu produk yang terjual lewat Tokopedia berkontribusi terhadap hampir 50% dari total penjualan keseluruhan,” ungkap Robi.
Baca Juga: Pakai Mitra Tokopedia, Transaksi Pelaku UMKM Meningkat 2x Lipat
Namun, kondisi awal pandemi memukul keras usaha Robi. Omzet Tazkia Hijab Store sempat menurun drastis hingga hampir 100%. Meski demikian, Robi tidak lantas patah semangat.
Robi menjelaskan, saat ini ada lebih dari 100 karyawan yang bergantung pada usaha ini.
“Untuk itu, saya terus beradaptasi dan berinovasi agar tetap bisa mempertahankan karyawan di tengah pandemi,” ungkap Robi.
Robi juga mulai gencar memanfaatkan berbagai fitur di Tokopedia demi meningkatkan penjualan.
Beberapa fitur yang membantu Robi meningkatkan penjualan adalah dengan memanfaatkan TopAds dan Bebas Ongkir.
Dua fitur tersebut berhasil menarik perhatian pembeli, sehingga penjualan perlahan membaik. Kini transaksi Tazkia Hijab meningkat lebih dari 2x lipat dibanding awal pandemi.
Baca Juga: Promo Tiket Pesawat di Traveloka, Diskon Penerbangan Sampai Rp150.000
Di sisi lain, CEO Shafira Group Deny Setiawan yang menaungi brand ZOYA mengatakan, produk hijab ZOYA saat ini masih menjadi favorit masyarakat.
Tingginya apresiasi ini, terlihat pada transaksi penjualan yang meningkat hingga lebih dari 2x lipat di Tokopedia.
“Apresiasi dan antusiasme masyarakat yang menjadikan ZOYA sebagai Hijab Best Brand ini, tentu merupakan sebuah motivasi bagi kami untuk terus berinovasi memberikan produk yang terbaik sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” papar Deny. (*)