CERDASBELANJA.ID – Siapa yang tidak suka dengan kopi? Rasanya hampir 70% populasi di dunia menyukai kopi.
Walaupun punya rasa pahit, kopi memberikan sensasi tersendiri di lidah penikmatnya.
Sebagai salah satu produk minuman kopi, Kopi Kenangan mampu bersaing dan memiliki cara untuk berkembangdi tengah banyaknya kompetitor saat ini.
Baca Juga: Ada Ayam dan Kopi Susu, Ini Menu Kuliner Terlaris di GoFood Tahun 2020
Semakin ke sini, kopi berkembang menjadi suatu life style anak muda yang disajikan dalam beragam varian menarik.
Kopi Kenangan adalah minuman olahan kopi yang didirikan Edward Tirtanata yang menjabat sebagai CEO, dan James Prananto sebagai COO pada tahun 2017.
Sebelum membangun usaha ini, Edwardpernah jatuh bangun dalam membangun bisnisnya sendiri.
Dikutip dari berbagai sumber,dalam perjalananbisnis Edward pernah jualan baju yang dia ambil dari Tanah Abang.
"Saya pernah mengalami masa masa sulit dalam berbisnis. Dulu saya pernah jualan baju-baju yang saya ambil dari Tanah Abang kalau ada event-event musik," kata Edward.
Selain berjualan baju, Edward pernah juga mencoba trading batu bara dari 2011 sampai 2014.
Baca Juga: Sambut Imlek, GoPay Siap Bagi-bagi Promo Cuan. Apa Syaratnya?
Awalnyatrading batu bara yang dia jalani cukup menjanjikan, tapi tiba-tiba pada 2014 harganya turun tajam dan bikin Edward bangkrut.
Edward sampai harus menjual rumah dan berbagai aset keluarga lainnya.
Beberapa tahun kemudian, dengan modal dari sisa tabungan, Edward mengajak sahabatnya, James Prananto membangun usaha Kopi Kenangan.
Inspirasi membangun Kopi Kenangan, didapat Edward dari ibunya ketika sedang berkunjung ke toko teh di Boston, Amerika Serikat.
Saat itu Edward tak bisa menemukan kopi berkualitas dengan harga terjangkau.
Hal tersebut membuat Edward ingin menciptakan kedai kopi dengan kualitas premium, tapi harganya terjangkau.
Baca Juga: Kedai Kopi Milik Raline Shah Ini Manfaatkan Ampas Kopi untuk Sabun
Bersama rekannya, Edward berhasil mengumpulkan modal awal sebesar Rp150 juta dan membuka gerai kopi pertamanya di Menara Standard Charted, Jakarta Selatan.
Walaupun banyaknya kompetitor yang ada, Kopi Kenangan mampu menjual sebanyak 700 cup di hari pertama buka, dengan bantuan Grabfooddan Gofood.
Edward buka 2 gerai Kopi Kenangan lagi dengan pendapatannya dan dapat menutupi modal dalam waktu 4 bulan saja.
Berkat keberanian dan kepercayaan, Kopi Kenangan mendapat investasi dana di tahun 2018 sebesar Rp112 miliar dari Alpha JWC Ventures, dan di tahun 2019 sebesar Rp288 miliar dari Sequoia India.
Di tahun yang sama pula Kopi Kenangan mendapatkan dana sebesar Rp280 miliar dari Arrive milik rapper Jay Z, dan Serena Ventures milik Serena Williams.
Hingga 2019 ritel Kopi Kenangan memiliki 200 gerai dan sekitar 1.800 karyawan.(*)