Ada Ayam dan Kopi Susu, Ini Menu Kuliner Terlaris di GoFood Tahun 2020

Senin, 08 Februari 2021 | 14:00
instagram.com/gojekindonesia/

Ada Ayam dan Kopi Susu, Ini Menu Kuliner Terlaris di Gojek Tahun 2020

CERDASBELANJA.ID Pandemi Covid-19 yang melanda di tahun 2020, telah membuat semua orang terpaksa harus melakukan kegiatan di rumah saja.

Untuk menemani kegiatan ini, kebanyakan dari kita akan menjadi impulsif dalam berbelanja, khususnya untuk produk makanan.

Tanpa rumit, kita bisa dengan mudah memesan berbagai menu makanan ini melalui aplikasi pesan-antar online seperti GoFood.

Baca Juga: Siap Bisnis Kuliner? Gofood Prediksi Menu yang Bakal Laris Tahun Ini

Berdasarkan banyaknya pesanan dan preferensi pelanggan, GoFood telah berhasil menjadi destinasi bagi kita untuk mengeksplorasi lebih dari 20 juta item menu makanan dan minuman. Khususnya, yang sesuai dengan kegemaran kita.

Berkat teknologi personalisasi, setiap pelanggan GoFood akan mendapatkan tampilan rekomendasi kuliner berbeda yang disesuaikan dengan preferensi masing-masing.

Tidak hanya itu, GoFood juga berhasil membentuk tren kuliner yang bisa dijadikan sebagai acuan oleh masyarakat dan tentunya pengusaha kuliner. Berikut adalah beberapa tren kuliner yang berhasil dicatat oleh GoFood selama tahun 2020.

Berdasarkan data, GoFood berhasil mengidentifikasi beberapa menu kuliner terlaris di tahun 2020. Diketahui, menu terlaris di GoFood masih didominasi oleh juara bertahan, yaitu ayam goreng dan kopi susu.

Kedua menu wajib ini, masih menjadi menu makanan favorit masyarakat Indonesia, terutama di masa pandemi. Makanan ini menjadi menu praktis untuk langsung dinikmati menemani bekerja dan belajar dari rumah.

Kemudian, untuk menu kuliner unik di GoFood di 2020 didominasi oleh makanan pedas, minuman manis, dan gorengan.

Baca Juga: Buka Usaha? Berikut Ini Bisnis Online yang Tren di Masa Pandemi

Ketiga makanan ini bukan merupakan jenis kuliner baru, tetapi kembali populer karena kemudahan akses belanja kuliner dari merchant.

Secara terperinci, menu unik yang sering dipesan melalui GoFood adalah mie pedas. Terutama produk yang di-branding dengan nama-nama unik. seperti mie setan, mie iblis dan sebagainya.

Untuk minuman manis yang paling banyak dipesan, adalah minuman mix dengan bahan dasar susu segar yang dipadukan dengan matcha (teh hijau), pandan, boba, dan kreasi unik lainnya.

Terakhir, menu dimsum goreng jenis udang rambutan, terutama yang disediakan oleh UMKM berhasil menjadi camilan favorit masyarakat.

Adapun pencarian kata kunci jenis kuliner yang terpopuler adalah Martabak, Pizza, Nasi Goreng, Bakso, serta Burger. Melalui tren GoFood, para mitra usaha dapat menjadikan hal ini sebagai referensi bahwa pelanggan banyak mencari jenis makanan yang dapat dinikmati dengan praktis.

Selanjutnya, ada pula beberapa fitur GoFood yang menjadi favorit pelanggan sepanjang tahun 2020. Di antaranya adalah fitur contactless delivery, GoFood pick-up, fitur ganti lokasi, serta pesanan menu bundle.

Baca Juga: Penting Manfaatkan Media Sosial untuk Double Untung Berbisnis Kuliner

Fitur contactless delivery ini, dihadirkan melalui pilihan pesan autotext yang merupakan wujud adaptasi di situasi pandemi. Semenjak diluncurkan pada bulan Maret 2020, pengguna rata-rata tertinggi meningkat sampai 5x lipat.

GoFood pick-up meningkat sebanyak hampir 30x lipat sepanjang tahun 2020. Artinya, semakin banyak pelanggan yang telah memanfaatkan solusi mengambil makanannya sehari di outlet pilihan untuk meminimalkan kontak fisik langsung.

Setiap harinya, 1 dari 5 atau 20% pelanggan GoFood melakukan transaksi dengan memanfaatkan fitur ganti lokasi di sepanjang tahun 2020.

Pesanan menu bundle atau menu keluarga juga meningkat mencapai 40% dari seluruh total transaksi GoFood. Kontribusi ini menunjukkan bagaimana GoFood semakin jadi andalan untuk dipesan untuk memenuhi kebutuhan makanan sehari-hari seluruh anggota keluarga.

Pemesanan menu keluarga ini semakin meningkat di bulan Desember 2020, yaitu saat GoFood menghadirkan promo Foodiskon untuk berwisata kuliner #DiRumahAja.

Di sisi lain, bisnis GoFood juga mencatatkan kinerja yang baik di tengah pandemi. GoFood berhasil memberikan kontribusi margin positif dengan meningkatkan pendapatan selama 4 tahun terakhir sebanyak 20x lipat. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya