Ini Cara Cerdas Pensiun Dini Agar Bisa Nikmati Hidup, Harus Disiplin?

Selasa, 02 Februari 2021 | 16:00
pexels.com/@alexandermils

Cara Cerdas Pensiun Dini agar Bisa Menikmati Hidup, Harus Disiplin!

CERDASBELANJA.ID – Kita semua sepakat, bahwa jalan menuju pensiun dini tidaklah mudah. Pasalnya, dibutuhkan cara cerdas untuk menggapai tujuan tersebut.

Cara cerdas untuk pensiun dini ini di antaranya adalah disiplin yang luar biasa untuk bekerja, menabung, serta berinvestasi sebanyak mungkin. Meski demikian, realisasi cara cerdas untuk bisa pensiun dini akan tergantung pada kemampuan kita.

Cara apa yang dibutuhkan untuk mencapai pensiun dini akan menentukan bagaimana kehidupan kita selanjutnya. Berapa jumlah uang yang harus dimiliki untuk pensiun dini? Jika kita berencana untuk pensiun dini, maka kita perlu menargetkan untuk memiliki setidaknya 25 sampai 30 kali jumlah pengeluaran dalam setahun.

Baca Juga: Harus Tahu, Ini Pentingnya Dana Darurat di Saat Pandemi

Namun kembali lagi, jumlah uang untuk pensiun dini ini akan bergantung pada gaya hidup yang kita inginkan kelak.

Untuk mencapai jumlah target pensiun dini kita, maka kita perlu hidup dengan sehemat mungkin, berusaha meningkatkan pendapatan, serta memaksimalkan tabungan pensiun.

Kita juga perlu berusaha untuk melunasi semua utang berbunga tinggi sebelum pensiun. Jangan lupa untuk selalu membuat rencana cadangan. Melansir dari Business Insider, berikut adalah beberapa cara cerdas untuk bisa pensiun dini.

1. Definisikan Arti Pensiun Dini

Pensiun lebih awal tidak selalu berarti kita tidak akan pernah mendapatkan gaji lagi, kecuali kita memang menginginkannya.

Banyak pensiunan dini yang mendefinisikan pensiun sebagai “tidak perlu terus menerus bekerja untuk tetap hidup”.

Untuk mencapai hal ini, kita bisa mengerjakan sesuatu yang lebih kreatif yang mana kita membuat jam kerja sendiri.

Baca Juga: Jangan Bingung, Ini Cara Kumpulkan Dana Darurat dalam Waktu Singkat

Kita juga bisa memanfaatkan hobi untuk bisa mendapatkan penghasilan, atau bekerja sambil traveling.

Langkah pertama untuk menuju pensiun dini adalah mencari tahu dengan tepat, apa itu pensiun dini bagi kita. Apa yang kita inginkan saat pensiun, bagaimana cara mencapainya, berapa jumlah uang yang dibutuhkan, pada usia berapa kita perlu pensiun dan sebagainya.

Menetapkan idealisme kita dalam tujuan ini, akan mempermudah kita dalam merencanakan tujuan pensiun dini. Meskipun, idealisme ini sangat mungkin untuk berkembang atau berubah seiring berjalannya waktu.

2. Lakukan Inventarisasi

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk calon pensiunan dini adalah dengan menginventarisasikan keuangan kita.

Ada dua hal yang perlu diketahui untuk membuat rencana masa depan kita. Pertama, kita perlu menghitung kekayaan bersih kita, atau menghitung semua uang yang kita miliki. Kedua, kita perlu menghitung pengeluaran tahunan kita.

Ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan laporan kartu kredit atau rekening koran kita. Untuk mempermudah penghitungan ini, kita membutuhkan pelacakan semi-otomatis menggunakan aplikasi. Ini dilakukan guna memverifikasi dengan jelas berapa banyak uang yang benar-benar kita keluarkan dalam setahun.

Baca Juga: Siapkan Dana Darurat, Idealnya Berapa Rupiah yang Harus Disimpan?

3. Tetapkan Target

Setelah mendefinisikan pensiun dini dengan jelas, kita perlu menentukan target berapa banyak uang yang dibutuhkan untuk mencapai pensiun dini.

Secara umum, kita memang diharapkan untuk memiliki tabungan atau investasi yang setara dengan 25 sampai 30 kali pengeluaran tahunan kita. Ditambah pengeluaran tunai selama setahun. Untuk membantu kita dalam menabung, kita bisa membuat target tabungan secara bulanan, mingguan, bahkan harian.

Hal ini mungkin akan sulit dilakukan, apalagi jika ada hal-hal tidak terduga yang bisa saja terjadi. Untuk membantu mempermudah proses ini, kita bisa meminta bantuan dari perencana keuangan agar mendapatkan masukan untuk mencapai pensiun dini.

4. Buat Rencana Cadangan

Tidak peduli betapa mudahnya rencana dan target yang ingin kita gapai, kita tetap perlu mengantisipasi hal tidak terduga dengan membuat rencana cadangan.

Ada banyak faktor yang bisa saja mengacaukan rencana kita, seperti pandemi ini, ketidakpastian ekonomi dan sebagainya.

Menjalani hidup sehari-hari dengan scenario terburuk, sangat penting dilakukan apalagi jika pertaruhannya adalah sumber pendapatan kita.

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini Tips Siapkan Dana Pensiun Untuk Hari Tua Kita

5. Hidup dengan Hemat

Sangat sulit untuk bisa membangun tujuan pensiun dalam jangka panjang, apabila kita sering kali membelanjakan uang lebih banyak dari pendapatan. Saat memutuskan akan pensiun dini, sangat penting bagi kita untuk hidup di bawah kemampuan kita.

Pasalnya ini merupakan satu-satunya cara untuk bisa menabung dan berinvestasi secara agresif. Fokus untuk mengurangi pengeluaran terbesar kita, yaitu mungkin tagihan listrik, biaya transportasi, atau makanan.

Jadi, belanjakanlah uang dengan sebijak mungkin dan tabung atau investasikan uang yang tersisa.

6. Jalani Rencana Pensiun

Setelah membuat rencana dengan jelas, kita perlu menjalani rencana ini dengan disiplin.

Meskipun kita menghabiskan sebagian besar uang untuk menabung dan berinvestasi, tetapi jangan lupa untuk menikmati hidup selagi bisa.

Pasalnya, sangat penting untuk bisa menghargai usaha diri sendiri sebagai rasa syukur atas pencapaian yang kita capai. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya